April 26, 2018
Instalasi Suku Cadang

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Fungsi dari Paddle Shift

Jakarta, BeliOnderdil.com — Saat ini trend dari paddle shift sudah mulai menjamur di mobil komersial untuk dipakai sehari-hari. Beberapa mobil dengan model terbaru menambahkan teknologi Paddle Shift pada sistem transmisinya.

 

Lalu, apa sih Paddle Shift itu? Yuk, kita mengenal lebih jauh fungsi dari paddle shift.

 

Paddle Shift membuat pengendaraan mobil dengan transmisi otomatis seperti layaknya mobil bertransmisi manual. Teknologi ini memungkinkan pengemudi mengoper gigi secara manual dengan cara menekan tuas yang terletak di balik setir seperti pada mobil F1.

Fitur Paddle Shift dapat diaktifkan dengan cara menekan tuas (paddle) saat mobil sedang berada di posisi transmisi D (Drive) atau S (Sport). Ketika diaktifkan pada posisi D, Paddle Shift akan berfungsi secara semi manual, dimana transmisi akan berubah otomatis saat mesin mendeteksi waktu pergantian gigi, namun pengemudi tidak menekan tuas. Sementara jika diaktifkan pada posisi S, Paddle Shift akan bekerja secara manual sepenuhnya dan memungkinkan pengemudi sepenuhnya mengendalikan pergantian gigi layaknya mobil bertransmisi manual. Paddle Shift memberikan tingkat akselerasi dan torsi (tenaga untuk menggerakkan) yang lebih tinggi, sekaligus dirancang secara ergonomis seperti yang biasanya terdapat pada sebuah mobil F1.

 

Ada dua model paddle shift. Pertama, yang mengikuti gerak kemudi dan yang kedua adalah tidak mengikuti gerak kemudi atau sering disebut statis. mobil Honda menjadi salah satu pabrikan yang mengadopsi sistem paddle shift mengikuti gerak kemudi. Sedangkan mobil keluaran Mitsubishi memakai tipe yang statis. Apapun model yang dipakai, penggunaan dan keuntungan dari paddle shift relatif sama.

 

Nah, jika ingin menambahkan fitur paddle shift, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik di bengkel resmi mobil Anda agar lebih mudah menyesuaikan paddle shift yang sesuai dengan standar dari mobil Anda.

 

©omegamobil

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *