June 19, 2018
Instalasi Suku Cadang

Yuk! Mengenal Lebih Jauh Fungsi dari Bumper Mobil!

Jakarta, BeliOnderdil.comBumper merupakan sebuah alat pengaman yang berada di depan dan di belakang paling luar di dalam sebuah mobil. Bentuk bumper pada mobil sangat bervariasi, tergantung jenis dan model mobil tersebut. Bumper pertama kali di temukan oleh seorang ilmuan yang berasal dari jerman, kurang lebih pada tahun 1918. Dahulu bumper kebanyakan terbuat dari besi baja, sehingga kendaraan mobil pada saat itu cenderung kurang dalam akselerasi. Pada saat ini semua industry mobil banyak menggunakan bumper yang berbahan dari bahan fiber. Bumper berbahan fiber ini cenderung kurang aman, dikarenakan bumper berbahan fiber mudah patah atau hancur. Namun di sisi lain bumper berbahan fiber mudah untuk di bentuk dan divariasi sesuai jenis dan model mobil tersebut.

 

Penambahan aksesoris pada mobil sudah lumrah dilakukan oleh setiap pengendara. Tampil berbeda dengan mobil yang lain, dengan menambahkan aksesoris tambahan tentunya sering dilakukan para pecinta modifikasi. Selain alasan tersebut, penambahan aksesori juga kerap dilakukan agar perjalanan menjadi lebih nyaman.

 

Nah, kali ini kita akan bahas lebih dalam fungsi dari bumper mobil itu apa sih? Yuk! Simak penjelasan dibawah ini.

 

Sebenarnya, bumper itu memiliki 2 jenis, yaitu bumper plastik dan bumper besi asli. Apa saja perbedaannya?

 

  1. Bumper Plastik/fiber

Bumper plastik/ fiber adalah bahan bumper yang mudah di bentuk sesuai jenis dan model mobil itu sendiri. Bahan fiber adalah bahan yang mudah hancur jika berbenturan 1 kali dalam keadaan mobil itu dalam kecepatan sedang atau tinggi. Bumper berbahan fiber ini bias dikatakan adalah bahan yang murah dan dapat di sesuaikan di segala jenis mobil, mulai dari model city car, Mersi, MPV, SUV, dan 4X4. Di Negara Jepang, bumper berbahan fiber paling sangat di minati karena selain ringan juga baik dalam segala modelnya. Namun, berbeda dengan Negara Eropa yang kurang meminati bahan tersebut karena dirasa kurang aman dalam berkendara.

 

  1. Bumper besi asli

Bumper besi asli adalah bumper berbahan besi baja ringan yang sama dengan bumper fiber yakni dapat di bentuk sesuai model mobil apa saja. Bahan besi asli ini paling sangat aman dalam berkendara, karena dapat melindungi pengendara dari benturan mobil ringan ataupun berat. Bumper berbahan besi asli ini dapat di gunakan di berbagai jenis mobil seperti City Car, Mersi, MPV, SUV, dan 4X4. Bumper ini banyak di gunakan dalam perusahaan mobil seperti Volvo, BMW, Porsche, CLS, GTO, Ducati, Pagani, dan beberapa perusahaan mobil cina.

Lalu, apa fungsi dari bumper mobil?

Fungsi bumper untuk mobil adalah melindungi pengendara dari benturan kendaraan. Letak bumper berada paling luar mobil yang berada di tepat depan mobil dan belakang mobil. Selain melindungi pengendara, bumper pun juga melindungi bagian mesin dan tangki bensin mobil. Semakin baik kualitas bumper tersebut, semakin baik pula dalam keselamatan dalam berkendara mobil. Fungsi lain bumper adalah meredam benturan ketika mobil tersebut berbenturan dengan benda keras di depan ataupun belakang mobil. Bumper pun ada di bagian kanan dan kiri mobil, namun bumper ersebut cenderung kurang membantu karena kebanyakan mobil berbenturan dengan benda keras biasanya kalau tidak depan mobil atau belakang mobil.

Nah! Sudah lebih paham kan tentang bumper mobil dan juga jenisnya? Jadi, jika ingin meng-upgrade bumper mobil Anda, pastikan Anda sudah mengerti jenisnya agar memilih bumper yang sesuai dengan mobil Anda.

 

©consumerreports.org

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *