May 26, 2018
Instalasi Suku Cadang

Yuk! Mengenal Lebih Jauh Fungsi & Cara Kerja dari Keyless Entry System

Jakarta, BeliOnderdil.comPada saat ini, pastilah sudah tidak asing dengan sebutan fitur smart key. fitur yang dahulu hanya dimiliki mobil mewah kini menjadi fitur standar pada kebanyakan mobil. Salah satu fitur yang banyak ditemukan pada mobil modern adalah keyless entry system. Perkembangan teknologi membuat dunia otomotif berinovasi. Industri otomotif terus menciptakan fitur demi meningkatkan kepuasan konsumen. Tentunya dari segi keamanan dan juga kenyamanan. Dua faktor tersebut yang membuat dunia otomotif terus berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk konsumen.

 

Seperti namanya, keyless entry system adalah teknologi yang memungkinkan pengemudi masuk ke dalam mobil tanpa kunci. Teknologi ini pertama kali digunakan pada tahun 1980an. Pada masa itu, terdapat semacam panel yang terletak di pegangan pintu. Pengemudi cukup memasukkan kode untuk membuka pintu. Fitur ini biasanya terdapat dimobil premium  dan fitur ini untuk menggantikan kunci kontak pada mobil.

 

Sebenarnya apa sih keyless entry system itu?

Fitur ini biasanya terdiri dari Remote Keyless Entry (RKE) serta Remote Keyless Ignition (RKI). RKE berfungsi untuk mengunci atau membuka pintu mobil dari jarak jauh tanpa harus menggunakan kunci. Sedangkan RKI memungkinkan pemilik mobil menghidupkan mesin dari jarak jauh tanpa harus masuk ke dalam mobil.

 

Sistem ini mungkin terdiri dari sebuah kunci elektronik atau kunci konvensional dengan pegangan kunci elektronik. Keyless entry system bekerja dengan bantuan gelombang radio pada frekuensi tertentu. Frekuensi yang digunakan di Amerika Utara adalah 315 MHz, sedangkan di Eropa adalah 433,92 MHz. Terdapat beberapa tombol pada kunci elektronik yang berfungsi untuk mengunci dan membuka pintu, membuka bagasi, membuka jendela, mengaktifkan atau menonaktifkan alarm mobil, dan menyalakan mesin dari jarah jauh.

 

Ketika pengemudi mengoperasikan keyless entry system, mobil memberi tanda bahwa sistem berfungsi dengan mengeluarkan suara tertentu, menyalanya indikator, atau indikasi lainnya. Rentang atau jarak operasi bervariasi dari satu pabrikan ke lainnya. Sebagai contoh, Ford biasanya menetapkan kisaran 20 m untuk Eropa dan Amerika Utara, serta 5 m untuk negara-negara yang membatasi daya yang ditransmisikan. Selain keyless entry system, terdapat pula apa yang disebut “advanced key system”. Dalam sistem ini, pemilik mobil tidak harus menekan tombol pada kunci untuk mengaktifkan sistem. Sebaliknya, sistem di mobil secara otomatis mengenali saat kunci elektronik dibawa oleh pemilik mendekati mobil dan segera melakukan aksi yang diperlukan.

 

Bagaimana cara kerja dari keyless entry system?

Terdapat banyak keuntungan menggunakan sistem ini. Karena mampu membuka pintu dari jarak jauh, fitur ini akan berguna saat Anda keluar dari toko dengan banyak barang bawaan. Keyless entry system juga berguna membuka pintu secara cepat saat pemilik merasa ada ancaman saat berada di luar mobil. Sistem ini juga membantu saat cuaca panas atau dingin yang ekstrim. Pada cuaca dingin, Anda dapat menyalakan mesin terlebih dahulu selama beberapa menit agar pemanas bekerja menghangatkan mobil. Saat cuaca panas, Anda dapat menghidupkan mesin dan membiarkan AC mendinginkan interior sebelum masuk ke mobil. Harga keyless entry system berbeda untuk setiap mereknya dengan jenis paket dan fungsi yang berbeda pula.

 

Bagaimana? Sudah lebih tahu kan tentang apa itu keyless entry system dan cara kerjanya? Jadi, jika ingin meng-upgrade kunci mobil menjadi keyless entry system, pastikan dilakukan oleh yang sudah ahli dibidangnya ya.

 

©amazine.co

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *