December 15, 2018
Oto Tips

Tips Mudah Merawat Turbocharger Mobil

 

Saat ini mesin Turbocharger kian tak asing lagi di telinga kelompok pengendara mobil diesel, mesin turbo ini merupakan alat yang memiliki peran cukup signifikan dimana berfungsi untuk meningkatkan kinerja mesin agar lebih optimal. Meningkatnya tenaga mesin tanpa harus menambahkan bobot mesin, ukuran yang mendukung dan proses pemasangan yang mudah merupakan beberapa faktor mengapa banyak pemilik mobil mau menggunakan turbocharger di komponen mesin mobilnya. Memang saat ini mesin turbocharger sering diaplikasikan untuk mobil berjenis mesin diesel saja, namun sebenarnya pengguna mobil mesin bensin juga dapat menggunakan komponen satu ini meski terdapat kekurangan jika diterapkan.

Mesin turbocharger tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Bagi Anda yang suka berkemudi dengan kecepatan tinggi dan memacu adrenaline, turbocharger perlu melekat di komponen mesin mobil Anda, pasalnya mesin turbo dapat memberikan tenaga maksimum yang lebih besar untuk kendaraan serta memberikan sisi menyenangkan ketika Anda berkemudi. Namun selain kelebihan yang dimiliki, mesin turbo juga mempunyai kekurangan, yaitu perlunya pengadaptasian antara pengemudi dengan mobil yang telah dipasang mesin turbo, karena mobil dapat menghentak bahkan mengagetkan pengendara saat mengemudikan mobilnya. Selain itu, mesin turbo ini juga memerlukan perawatan yang maksimal dan ekstra terutama di bagian pelumasan.

Bagi Anda pengguna mesin turbo, perawatan mesin penting untuk Anda lakukan dengan tepat, untuk itu Blog BeliOnderdil akan memberikan tips sederhana mengenai cara merawat mesin turbo agar tetap dalam performa yang prima. Simak ulasan berikut ini :

  1. Lakukan Pemeriksaan Oli Secara Rutin

Dengan kinerjanya yang terbilang cukup berat dimana mampu berputar dengan kisaran diatas 240.000 rpm, mesin turbo ini memerlukan pelumas yang dapat melumasi seluruh rangkaian bergerak yang terdapat pada mesin mobil. Untuk itu penting bagi Anda memeriksa komponen oli ini serta menggantinya jika batas waktu pemakaian telah habis, jika hal tersebut jarang Anda lakukan tentu turbo tidak akan beroperasi dengan maksimal.

Penggantian oli yang lebih cepat dari jangka waktu penggantian tentu lebih baik, seperti penggantian oli mobil diesel yang seharusnya dilakukan ketika menempuh jarak 5000 km, Anda dapat menggantinya di jarak tempuh 4000 km. Tidak hanya jangka waktu penggantian oli yang lebih cepat, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan oli, gunakan oli khusus mesin diesel turbocharger hal ini agar kinerja mesin turbo Anda lebih optimal serta beroperasi dengan baik untuk melakukan pendinginan.

  1. Perlunya Bahan Bakar Yang Berkualitas

Perlu Anda ketahui bahwa harga suatu barang tentu sepadan dengan kualitas yang dimiliki, jika suatu barang memiliki nilai harga yang jauh lebih mahal, tentu kualitas yang dimiliki tak dapat diragukan bahkan dibandingkan dengan barang yang harga dan kualitasnya terbilang biasa-biasa saja. Begitupula dengan bahan bakar kendaraan Anda, pemilihan bahan bakar dengan kualitas yang mumpuni meskipun memiliki harga yang lebih mahal dapat menyempurnakan proses pembakaran di ruang mesin agar tak menghasilkan sisa gas buang yang terkandung partikel solar dimana jika tertempel pada turbin dapat membuat komponen tersebut menjadi terbakar atau rusak.

  1. Tepat Dalam Mematikan Mesin Turbo

Cara terakhir yang harus Anda lakukan untuk merawat komponen turbo mesin ialah memahami cara tepat untuk mematikan mesin turbo. Kinerja mesin turbo yang begitu cepat dimana dapat berputar hingga 150.000 rpm membuat mesin diesel yang lengkap dengan turbocharger tersebut memiliki teknik khusus untuk mematikannya. Untuk mematikan mesin turbo dapat Anda lakukan dengan cara menunggu mesin berada di kondisi idle dimana rpm turbin perlahan atau telah menurun. Cara lain, Anda dapat menggunakan alat turbo timer untuk membantu Anda mematikan mesin turbo dengan mudah.

Nah, bagi Anda yang menginginkan performa mesin jauh lebih meningkat dan bertenaga maksimal, turbocharger perlu melekat dalam mesin mobil Anda. Untuk kebutuhan turbocharger dengan kualitas terbaik dapat Anda temukan dengan mudah hanya di situs BeliOnderdil sekarang juga.

© Automotivexist

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *