December 15, 2018
Oto Tips

Tips Mudah Merawat Mobil

 

Saat ini Mobil merupakan sarana transportasi yang penting dan telah digunakan oleh banyak orang untuk memudahkan aktivitas jika ingin bepergian. Banyak yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan mobil yang diinginkan. Namun, uang yang Anda keluarkan akan terbuang percuma jika Anda tak rutin melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan Anda.

Minimnya perawatan serta pemeriksaan menyeluruh untuk rangkaian mobil menjadi faktor sebuah kerusakan. Tak hanya itu, hal yang membahayakan dalam berkendara seperti kecelakaan juga akan terjadi jika Anda lalai dalam menjaga dan merawat seluruh komponen mobil mulai dari mesin mobil, rem, kopling mobil, suspensi mobil, ban, dan lain-lain.

Berikut ini BeliOnderdil akan memberikan tips yang mudah untuk merawat mobil agar tetap dalam performa yang prima, awet, dan tetap terjaga. Simak ulasan berikut ini :

  1. Oli

Oli mesin mobil harus diperiksa secara rutin agar tetap bekerja dengan optimal. Tak hanya itu, oli juga mempunyai jangka waktu pemakaian dimana harus diganti setiap jarak 3000-5000 mil. Hal ini bertujuan agar mencegah terjadinya kerusakan mesin yang tentunya akan merugikan diri Anda sendiri.

 

  1. Ban

Ban merupakan faktor penting yang terdapat dalam kendaraan. Tanpa ban, tentu Anda tak dapat melakukan aktivitas berkendara. Untuk itu, wajib bagi Anda memerhatikan kondisi ban terutama saat bepergian atau sedang mengendarai mobil. Pemeriksaan ban yang diterapkan secara teratur dapat menghindari kerusakan atau kondisi buruk lainnya yang diakibatkan oleh kurangnya tekanan atau ban bocor saat bepergian.

 

  1. Minyak Pelumas

Minyak pelumas berfungsi untuk melancarkan kerja setiap komponen mobil. Power steering, rem, antibeku, mesin cuci pelarut dan cairan transmisi merupakan contoh komponen penting yang harus Anda berikan beberapa cairan dan minyak pelumas secara berkala dan rutin.

 

  1. Knalpot

Knalpot mobil perlu untuk diperhatikan, penting untuk Anda memastikan bahwa aliran udara dari knalpot berjalan dengan baik dan optimal. Selain itu, pastikan juga tak ada sumbatan pada gas buang mobil Anda.

 

  1. Baterai dan Kabel

Segala rangkaian baterai dan kabel perlu dibersihkan secara berkala dan rutin, bila perlu Anda juga harus melakukan posting baterai dan memperhatikan koneksi agar tidak berkorosi. Periksalah cairan baterai untuk baterai yang tidak bebas pemeliharaan.

 

  1. Sabuk Mesin

Knicks dari sabuk mesin harus terikat dengan benar sesuai dengan tempatnya, Agar terhindar dari hal yang dapat menimbulkan kerusakan yang fatal karena minimnya perawatan.

 

  1. Lampu Mobil

Lampu mobil juga merupakan rangkaian mobil yang dikategorikan penting. Cahaya dari lampu berguna untuk menerangkan kondisi jalan ketika berkendara khususnya di malam hari. Lampu depan mobil maupun belakang penting untuk diperhatikan dan dirawat agar keamanan dan kenyamanan berkendara selalu Anda dapat. Ganti rangkaian lampu mobil jika terjadi kerusakan yang fatal.

 

  1. Wiper

Dengan fungsinya yang penting untuk keamanan dalam berkendara, lakukanlah pemeriksaan secara rutin terhadap wiper mobil Anda. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga wiper agar kaca mobil dapat bekerja dengan baik tanpa menimbulkan masalah.

 

Perawatan mobil sebenarnya  akan sangat mudah jika ada niat dan tekad dari diri Anda untuk menjaga seluruh rangkaian mobil agar selalu dalam keadaan prima. Mobil merupakan barang yang berharga, untuk itu wajib untuk dirawat dan dijaga agar tidak mengalami kerusakan yang tentunya mengharuskan Anda untuk mengeluarkan uang yang lebih besar untuk melakukan perbaikan. Mobil dengan performa yang baik dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman dalam berkendara, selain itu, mengemudi dengan mobil yang memiliki performa yang baik akan membuat terhindar dari segala macam hal yang dapat membahayakan diri Anda dan orang lain.

©SuperPolishPremium

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *