June 19, 2018
Oto Tips

Tips Mudah Mengatasi Mobil yang Mogok

Mobil mogok secara tiba-tiba mungkin seringkali terjadi pada siapapun, kapanpun, dimanapun. Jika Anda pernah mengalami mobil yang mogok, tentu Anda akan merasa kesal dan geram. Mogoknya mobil tentu akan terjadi ketika Anda tidak melakukan pemeriksaan dan perawatan terhadap mesin mobil secara rutin.

Mungkin bagi seseorang yang telah paham akan seluk beluk mesin, mobil mogok di perjalanan bukan suatu hal yang membebankan atau membuat panik. Berbeda ketika kejadian ini menimpa pengendara yang minim sekali pengetahuannya mengenai mesin mobil.

Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan tips yang mudah untuk mengatasi mobil mogok ketika Anda sedang berkendara di tengah jalan. Berikut cara mengatasi mobil yang mogok :

  • Mengamankan Posisi Mobil

Mengamankan posisi mobil merupakan hal utama yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu ketika mobil yang Anda kendarai tiba-tiba mogok. Disarankan bagi Anda untuk bersiap mengambil jalur pinggir ketika merasakan hal yang aneh saat mobil sedang dikendarai agar Anda dapat langsung menghentikan kendaraan di posisi yang telah dianggap aman dan tentunya tidak menganggu lalu lintas juga kendaraan yang lain. Setelah mobil diamankan, barulah Anda melakukan pemeriksaan mendasar pada mobil.

  • Memeriksa Bagian Pengapian

Komponen pengapian merupakan bagian yang paling sering berpotensi menjadi penyebab mengapa kendaraan Anda mengalami kemogokan. Untuk itu lakukan pemeriksaan bagian platina, komponen distributor dan jangan sampai lupa untuk mengecek komponen busi dengan mencabutnya terlebih dahulu kemudian membersihkannya. Penting juga bagi Anda untuk memastikan bahwa mesin tidak dalam keadaan yang panas. Jika busi bukan merupakan sumber masalah, lakukan pemeriksaan terhadap komponen lain karena mesin mobil memang saling berhubungan.

  • Memeriksa Pemasok Bahan Bakar

Berikutnya, hal yang memiliki potensi sebagai penyebab mogoknya kendaraan ialah komponen pemasok bahan bakar yang bermasalah seperti pompa bensin dan karburator. Karburator dapat bermasalah karena terlalu banyak atau dikitnya bensin. Namun saat ini hampir semua mobil tidak lagi menggunakan karburator karena dirasa kurang efektif. Dalam pemeriksaan komponen tersebut sebenarnya Anda membutuhkan keahlian yang mumpuni, tetapi yang terpenting Anda telah mengetahui bagian mendasar elemen pemasok bahan bakar tersebut

  • Memeriksa Bagian Penyuplai Daya

Penyuplai daya merupakan komponen penting dalam operasional mesin mobil. Penyuplai daya yang bermasalah tentu dapat berdampak pada terganggunya kinerja mesin mobil seperti mogok secara tiba-tiba. Untuk mengatasi masalah akibat komponen tersebut Anda dapat memeriksa sambungan yang terdapat pada bagian tutup kepala aki yang bisa saja longgar. Kencangkan kembali tutup aki jika memang mengalami kerenggangan.

  • Memeriksa Kondisi Mesin

Hal lain yang harus Anda lakukan pemeriksaan ialah mesin yang mengalami overheating atau terlalu panas, mesin yang mengalami hal tersebut juga dapat membuat mobil menjadi mogok. Overheating tentu akan terjadi disaat mobil dikendarai dalam kurun waktu yang cukup lama tanpa beristirahat ditambah dengan cuaca panas yang tidak mendukung.

Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan pemeriksaan melalui jarum indikator yang mengatur temperature mesin. Mesin telah mengalami overheating ditandai dengan jarum indikator yang melampaui posisi setengah. Ketika hal ini terjadi pada Anda, segeralah mencari tempat yang aman dan teduh untuk menghentikan laju mobil dan biarkan mesin berisitirahat agar lebih dingin terlebih dahulu

Langkah diatas merupakan pedoman dasar bagi Anda ketika mengalami kejadian mogok sebelum memanggil montir untuk memperbaiki kendaraan Anda. Lakukan pemeriksaan selagi dini terhadap komponen yang berpotensi menjadi penyebab mogoknya mobil agar menghindari kejadian satu ini ketika Anda sedang asyik berkendara yang tentunya membuat kenyamanan dan keamanan Anda akan terganggu.  Nantikan tips otomotif menarik lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

© MekanikMitsubishi

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *