June 19, 2018
Oto Tips

Tips Merawat Thermostat Mobil

© ShutterStock

© ShutterStock

Thermostat merupakan salah satu komponen sistem engine cooling atau pendingin mesin yang memiliki peran sangat vital terhadap sebuah kendaraan.   memiliki bentuk berupa katup yang terbuah dari dua buah jenis logam berbeda yang apabila dilalui oleh suhu di atas suhu kerja maka katup ini akan membuka dan kembali menutup ketika suhu sudah kembali dingin atau suhu kerja telah stabil.

Hampir setiap mobil telah dilengkapi dengan komponen mungil ini untuk menjaga suhu kerja mesin tetap optimal, sebab jika suhu mesin tidak dalam lingkaran suhu kerja yang derajat suhunya antara 85 hingga 90 derajat celcius, kinerja mesin tentu dapat menurun.

Thermostat berfungsi untuk mengatur sirkulasi antara air panas yang ada di ruang mesin dengan air dingin yang ada di dalam kisi kisi radiator sesuai dengan suhu mesin sehingga temperatur kerja mesin tetap stabil agar tenaga mesin yang dihasilkan menjadi besar dan tentunya mesin mobil tak akan mengalami overheat.

Thermostat sama halnya dengan komponen otomotif lain yang juga bisa mengalami kerusakan mengingat setiap part kendaraan memiliki batasan usia pakainya masing masing tergantung bagaimana si pemilik mobil melakukan perawatan. Rusaknya thermostat ini akan berdampak buruk terhadap kendaraan karena mesin mobil dapat mengalami overheat dan yang pastinya akan membuat Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk proses perbaikannya.

Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga thermostat agar bertahan lama dan juga awet. Simak ulasan berikut ini :

  1. Rajin menguras radiator

Menguras dan mengganti cairan pendingin radiator dengan yang baru perlu dilakukan dalam jangka waktu yang dianjurkan, Anda dapat melakukan proses mengganti cairan pendingin radiator atau water coolant yang baru setiap menempuh jarak 40.000 km.

  1. Gunakan water coolant berkualitas

Penting bagi Anda untuk memilih dan menggunakan cairan pendingin radiator dengan kualitas terbaik, hal ini tentu berguna agar mesin tetap memiliki kinerja yang prima. Pilih dan gunakan cairan pendingin radiator dengan formula yang telah teruji dan kualitasnya sudah tidak lagi diragukan.

  1. Melakukan penggantian tutup radiator

Penutup radiator penting untuk dilakukan penggantian setiap jangka waktu 4 hingga 5 tahun. Hal ini perlu Anda lakukan karena pada penutup radiator terdapat sebuah karet seal yang memiliki fungsi sebagai perapat ketika tutup radiator ini dipasangkan agar air di dalamnya tidak merembes keluar. Apabila air yang ada di dalam sistem radiator bocor atau merembes keluar, maka lambat laun air tersebut akan mengering dan berdampak pada mesin yang overheating.

  1. Rajin memeriksa kipas pendingin radiator

Memeriksa kipas pendingin radiator juga perlu Anda lakukan secara rutin agar tidak mengalami kerusakan. Rusaknya komponen satu ini dapat membuat mesin mengalami overheating.

Bagaimana cara mengetahui thermostat yang telah mengalami kerusakan?

Untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi thermostat, Anda perlu melepaskan komponen satu ini dari rumahnya dan perhatikan posisi katup thermostat yang tertutup. Sebelumnya Anda juga perlu merebus air sampai mendidih, kemudian celupkan termostat yang akan diperiksa ke dalamnya, pada proses ini seharusnya katup thermostat berubah menjadi terbuka, jika katup tidak terbuka dapat dipastikan bahwa thermostat telah mengalami kerusakan dan perlu bagi Anda untuk melakukan penggantian komponen.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda, dan jangan lupa untuk melakukan perawatan terhadap thermostat mobil dan komponen lainnya secara berkala juga rutin demi terjaganya keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Bagi Anda yang membutuhkan thermostat mobil berkualitas dan varian suku cadang lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

© Automotivexist

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *