July 18, 2018
Oto Tips

Tips Merawat Mobil Injeksi

Komponen mobil injeksi ©Otomotifnet

Komponen mobil injeksi ©Otomotifnet

Perawatan mobil memang perlu untuk dilakukan secara rutin, bagi Anda yang selalu ingin merasakan seluruh rangkaian mobil bekerja dengan baik, lakukanlah perawatan seperti pembersihan serta penggantian segala komponen mobil secara teratur.

Kali ini, blog Belionderdil akan membahas tentang tips melakukan perawatan mobil khusus bagi Anda yang menggunakan sistem pembakaran injeksi.

 

Simak ulasan berikut ini tentang tips merawat mobil injeksi Anda dengan benar :

  1. Bagi Anda pengguna bahan bakar bensin jenis pertamax pasti memiliki perbedaan yang signifikan dengan pengguna bahan bakar premium. Setiap pemakaian 10.000 – 15.000 km untuk Anda pengguna pertamax wajib untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan, sedangkan untuk pengguna bahan bakar premium, lakukan hal tersebut setiap menempuh jarak 5000 km.

 

  1. Kedua, Anda harus membersihkan segala partikel kotoran yang terdapat di filter udara mobil. Bersihnya filter udara, tentu dapat membuat segala jenis kotoran tak dapat masuk ke ruang pembakaran. Lakukanlah pembersihan filter udara dengan angin yang bertekanan tinggi dari arah belakang. Jika Anda sudah merasa bahwa filter udara sudah sangat kotor, wajib untuk Anda melakukan penggantian karena filter udara sudah tidak layak pakai.

 

  1. Selain filter udara, filter bahan bakar juga harus Anda periksa, pembersihan filter bahan bakar sama persis dengan filter udara, yaitu menggunakan angin bertekanan tinggi. Masalah akan terjadi pada pompa bensin jika Anda tidak sesegera mungkin membersihkan filter bahan bakar yang sudah kotor dalam jangka waktu lama.

 

  1. Jangan lupa untuk memeriksa pompa bahan bakar (pompa bensin) tersebut agar selalu dalam kondisi yang baik.

 

  1. Selanjutnya, sensor oksigen merupakan komponen yang harus Anda periksa agar selalu berkinerja dengan optimal karena fungsinya yang dapat membaca sisa-sisa gas buang yang keluar lewat knalpot mobil.

 

  1. Periksa tarikan pada throttle body, apabila tarikannya kurang responsif berarti kotoran telah menumpuk di komponen tersebut, untuk itu Anda harus segera melakukan pembersihan dengan menggunakan cairan semprot khusus untuk mobil injeksi. Lakukan pembersihan ketika mesin dalam posisi menyala dengan menyemprotkan cairan tersebut melalui mulut skep injeksi atau throttle body. Agar cairan tak masuk seluruhnya ke celah skep, pastikan putaran mesin tetap beroperasi. Hal ini juga dapat membuat ruang bakar menjadi bersih. Matikan mesin kurang lebih 15 menit setelah Anda melakukan pembersihan, setelah itu kembali nyalakan kembali mesin. Segala kotoran akan keluar melalui knalpot.

 

  1. Kemudian, Anda harus memeriksa tangki dari bahan bakar mobil Anda. Hal ini harus dilakukan setiap mobil menempuh jarak 100.000 km, pasalnya mobil yang sudah sering digunakan selama bertahun-tahun dapat menyebabkan tangki bahan bakar tercampur minyak, air bahkan pasir.

 

  1. Tips kedelapan, Anda harus membersihkan nozzel injector secara rutin dengan cara mencampurkan cairan pembersih khusus ke tangki bensin.

 

  1. Selanjutnya, Anda harus menyetel karbonmonoksida (CO) menggunakan engine analyzer dengan tingkat ideal dibawah 1%.

 

  1. Berikutnya, terminal aki harus dibersihkan juga dengan cairan khusus.

 

  1. Busi mobil juga penting untuk dibersihkan, lakukan dengan cara mengikir atau menyikat kerak menggunakan sikat kawat. Jika busi mobil sudah tidak layak pakai, lakukan penggantian busi mobil sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

 

Setelah mengetahui tips perawatan yang tepat untuk Anda pemilik mobil Injeksi, lakukanlah perawatan terhadap mobil Anda secara rutin agar tak menimbulkan masalah yang serius jika terdapat salah satu komponen mobil yang rusak atau sudah tidak layak pakai.

Di BeliOnderdil, Anda akan mendapatkan segala kebutuhan suku cadang untuk penggantian komponen mobil dengan kualitas yang terbaik dan harga yang menarik.

 

©distributorferrox

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *