September 25, 2018
Oto Tips

Tips Menghemat BBM Mobil

Sebagai pengendara serta pemilik mobil, tentu saja Anda menginginkan kehematan dalam penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Penggunaan BBM yang tidak hemat tentu berpengaruh pada ketersediaannya. Selain para pengguna mobil yang harus cermat dalam menghemat bahan bakar kendaraannya, saat ini telah banyak produsen kendaraan yang ikut menerapkan kebijakan dengan memproduksi kendaraan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Pada dasarnya, penghematan BBM akan efektif jika mengurangi jumlah pemakaian bahan bakar atau dengan kata lain mengurangi pemakaian kendaraan Anda. Namun hal ini tak dapat mengatasi permasalahan yang ada, pasalnya aktivitas yang padat tentu mengharuskan Anda untuk mengendarai mobil tersebut. Tapi tak perlu khawatir, menghemat BBM dapat dilakukan jika Anda paham akan teknik berkendara yang benar.

Penghematan konsumsi bahan bakar mesin mobil harus diselaraskan dengan teknik berkendara yang benar. Perlunya rutinitas merawat kendaraan agar kinerja dan pembakaran bahan bakar kendaraan tetap dalam keadaan stabil yang hasilnya tentu akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi hemat. Meskipun kendaraan telah dirawat dengan baik, konsumsi bahan bakar akan tetap boros jika digunakan bersama teknik berkendara yang salah. Untuk itu, penting bagi pengendara mengetahui dan menerapkan teknik berkendara yang tepat agar pengonsumsian bahan bakar dapat diminimalisir.

Berikut ini hal-hal yang harus Anda ketahui mengenai teknik berkendara yang tepat menurut SemiSena :

  1. Hindari kebiasaan menginjak atau menarik pedal gas mobil sesuka hati. Hal yang harus Anda perhatikan ialah dalam menginjak atau menarik gas harus dilakukan dengan lembut serta stabil atau dapat diikuti dengan kenaikan RPM secara perlahan. Gunakan posisi gear yang tepat dalam meningkatkan kecepatan dari posisi diam ke kecepatan yang diinginkan. Sebaiknya ganti posisi gear dengan putaran mesin 2000 sampai 2.500 RPM.

 

  1. Atur kecepatan kendaraan secara stabil dengan memperhatikan kondisi jalanan yang dilalui. Tingkat kecepatan kendaraan jika berkendara di jalan perkotaan ialah 40-60 km/jam. Sedangkan untuk Anda yang sering melewati jalanan antar kota atau bebas hambatan dapat berkendara dengan tingkat kecepatan maksimal 80 km/jam. Bagi Anda yang ingin melakukan deselerasi atau pengurangan daya kecepatan disarankan untuk menurunkan tingkat gear pada putaran mesin yang rendah karena jika terlalu tinggi kerusakan komponen mesin serta borosnya konsumsi bahan bakar dapat terjadi.

 

  1. Mawas diri serta hati-hatilah saat berkendara di jalan dengan kondisi cukup padat. Konsumsi bahan bakar juga dapat terpengaruh jika Anda mengubah tingkat kecepatan kendaraan dengan tiba-tiba. Ada hal lain yang juga harus Anda perhatikan, segala hal diluar kendali pasti sering terjadi seperti pengereman mendadak dari kendaraan di depan ataupun pejalan kaki yang tiba-tiba menyebrang di depan mobil.

 

  1. Tips yang terakhir ialah cermatlah dalam penggunaan rem, jangan sesering mungkin menekan rem, kecuali adanya hal yang mengharuskan kita melakukan rem mendadak seperti mengantisipasi suatu hal secara tiba-tiba muncul di hadapan kendaraan. Pada intinya gunakanlah rem dengan baik dan tepat.

Sebenarnya banyak cara mudah bagi kita untuk menjadi pengendara yang lebih cerdas, BeliOnderdil akan memberikan Anda tips-tips menarik lainnya hanya disini!

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *