December 15, 2018
Oto Tips

Tips Mendeteksi Suara Aneh Pada Mobil

Ketika mengendarai mobil terkadang Anda kian mendengar suara aneh bahkan berisik yang menganggu kenyamanan dalam berkendara. Salah satu komponen mobil yang bermasalah mungkin akan berpotensi menjadi penyebab munculnya suara bising tersebut. Disinilah, seorang pengendara atau pemilik mobil perlu untuk memeriksa segala komponen mobilnya dengan rinci untuk menemukan sumber permasalahan yang terjadi.

Sebagai pengendara yang tidak terlalu paham tentang komponen mobil secara detail, tentunya Anda kebingungan untuk mencari sumber bunyi dari komponen yang bermasalah tersebut. Kali ini, Blog BeliOnderdil akan memberikan tips untuk mengenali komponen yang memiliki potensi bermasalah dan mengeluarkan suara aneh juga berisik serta cara mengatasinya. Simak ulasan berikut ini :

  • Bocornya knalpot mobil

Komponen pertama yang berpotensi menjadi penyebab suara aneh pada mobil ialah pipa pembuangan atau biasa dikenal knalpot. Suara aneh dan bising akan terdengar ketika pipa pembuangan tersebut mengalami kebocoran. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan pemeriksaan komponen tersebut secara berkala dan rutin, gantilah knalpot tersebut secepat mungkin ketika benar-benar mengalami kebocoran.

  • Bantalan kompresor mengalami keausan

Bantalan kompresor yang mengalami keausan juga dapat menimbulkan suara yang bising ketika Anda menyalakan AC mobil. Segeralah ganti bantalan kompresor dan periksa apakah masih terdengar suara yang menganggu ketika Anda menyalakan AC mobil.

Cara lain yang dapat Anda lakukan ialah memeriksa komponen bearing pada kompresor, pindah pemeriksaan ke oli kompresor apabila bearing tidak memiliki masalah. Penyebab lain dari kompresor AC yang mengeluarkan suara bising ialah terjadinya kebocoran yang mengakibatkan berkurangnya minyak pelumas kompresor.

  • Kondisi van belt yang telah longgar

Selanjutnya, posisi van belt yang tidak pas seperti terlalu kencang atau longgar juga dapat menyebabkan mobil mengeluarkan suara yang berdengung. Jika posisi v-belt tetap dalam keadaan tersebut, tentu akan menghambat kinerja water pump dan suhu mesin yang akan mengalami overheating. Alternator mobil juga tak dapat mengisi arus listrik ke aki yang membuat mobil mengalami mogok ketika v-belt mengalami kerusakan.

  • Kadaluarsanya pelumas yang digunakan

Gesekan antar sisi mesin satu dengan yang lainnya akan terjadi ketika pelumas sudah melampaui batas waktu pemakaian atau kadaluarsa seperti daya lengket yang telah memudar dimana membuat komponen mesin akan berpotensi lebih cepat mengalami keausan. Suara tersebut bersumber dari gesekan yang terjadi antar sisi pada mesin. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mencari sumber bunyi dan gunakan grease untuk melumasi agar terhindar dari tergeseknya bagian lain serta membuat mesin lebih awet.

  • Shockbreaker yang harus diganti

Suara bising yang dapat menganggu aktivitas berkendara juga akan timbul ketika shockbreaker mobil mengalami keausan. Ganti shocbreaker yang telah aus agar terhindar dari tidak stabilnya proses handling ketika Anda berkendara di kecepatan tertentu.

  • Gunakan pelindung pada mesin

Untuk mengatasi timbulnya suara bising tersebut Anda dapat mengunakan pelindung mesin untuk mengurangi suara berisik tersebut. Dengan alat tersebut, mesin mobil Anda tentu akan terlindungi, selain itu suara berisik yang menganggu aktivitas berkendara Anda akan berkurang.

  • Tambahkan peredam suara

Tips terakhir, Anda dapat menerapkan pemakaian peredam suara yang dapat diletakkan di antara bodi dan interior mobil Anda.

 

Pada intinya, Anda perlu menjadi pengendara atau pemilik mobil yang peduli akan segala komponen di dalam mobil, perawatan dan pemeriksaan terhadap seluruh rangkaian mobil yang dilakukan secara berkala dan rutin tentu dapat mencegah terjadinya kerusakan yang bisa merugikan diri Anda.

 

© MekanikMitsubishi

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *