July 18, 2018
Oto Tips

Tips Memilih Ban yang Tepat untuk Mobil Anda

© ShutterStock

© ShutterStock

Ban merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan. Ban dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan karena langsung berhubungan dengan permukaan jalan. Ban memiliki konstruksi yang kompleks, meskipun Anda hanya melihat bentuk ban secara sederhana dari bagian luar. Ban memiliki berbagai komponen, antara lain carcass atau casing, tread, sidewall, breaker, belt dan bead. Tiap komponen tersebut tentu memiliki fungsi masing-masing meskipun saling berhubungan.

Ban memiliki fungsi yang begitu penting untuk menahan beban, menahan guncangan, meneruskan tenaga dari mesin dan melanjutkan fungsi kemudi. Tekanan angin adalah hal yang paling berpengaruh pada beban yang ditahan oleh ban. Tekanan angin di dalam ban digunakan untuk menopang berat kendaraan dan berat muatan yang dibawa kendaraan. Tekanan angin dan tipe ban sangat berpengaruh untuk meredam guncangan awal sebelum diredam lagi oleh suspensi. Ban juga berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan. Ban sangat penting dalam hal mengontrol arah kendaraan. Kemampuan dalam mengontrol arah akan menentukan kemampuan bermanuver dan kestabilan dalam berkendara.

Memilih ban bukan hal yang mudah, kecermatan perlu ada di diri Anda. Ban sangat berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, untuk itu pemilihan ban tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Bukan hanya membutuhkan kejelian, Anda juga perlu memahami kode yang tertera untuk dapat mengetahui ban yang tepat untuk kendaraan. Seringkali orang bingung untuk memilih karena kurangnya pengetahuan mengenai ban.

Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih ban dengan tepat yaitu :

  1. Pilih Ban Berdasarkan Kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilih ban mobil ialah kebutuhan ban mobil. Kebutuhan yang berbeda akan mempengaruhi pemilihan ban. Tentukan kebutuhan mobil, mobil yang digunakan sehari-hari tentu memiliki ban yang berbeda dengan mobil yang akan digunakan untuk berkompetisi.

Pemilihan ban yang tidak sesuai tentu dapat mempengaruhi fungsinya yang tidak akan bekerja dengan optimal. Memperhatikan kebutuhan berdasarkan penggunaan mobil sangat penting disamping memilih ban yang bagus. Memilih ban yang bagus tanpa memperhatikan kebutuhan atau fungsi mobil tentu akan sia-sia.

 

  1. Perhatikan Tipe Ban Mobil

Tipe ban merupakan tips berikutnya yang perlu Anda perhatikan. Penggunaan ban mobil yang direkomendasikan oleh produsen mobil tentu dapat menghasilkan kinerja yang optimal. Pada umumnya, Anda dapat melihat tipe ban di plakat yang berada di pintu atau laci mobil. Keterangan mengenai tipe ban juga dapat Anda lihat di belakang tutup tangki bahan bakar atau tercantum pada petunjuk penggunaan.

Perhatikan huruf paling depan dari kode yang tertera. Huruf ‘P’ atau Passenger menunjukkan bahwa ban didesain untuk mobil penumpang. Huruf ‘LT’ atau Light Truck menunjukkan bahwa ban didesain untuk truk yang beratnya sedang. Huruf ‘ST’ atau Special Trailer memberikan keterangan bahwa ban diperuntukkan untuk mobil trailer. Huruf‘T’ atau temporary berarti mobil ditujukan sebagai ban cadangan. Huruf ‘R’ berarti ban merupakan jenis ban radial.

Perlu Anda tahu bahwa di pasaran terdapat dua jenis ban yaitu ban jenis radial atau ban bukan radial atau biasa. Ban bukan radial merupakan ban biasa. Ban tipe radial mampu meredam guncangan lebih baik daripada ban tipe biasa. Jika Anda melihatnya sepintas, tidak ada perbedaan kedua jenis ban ini. Hal yang membedakan ban ini hanya pada konstruksinya.

 

  1. Perhatikan Ukuran Ban

Jika pada tipe ban Anda harus memperhatikan huruf yang paling depan, kali ini Anda harus melihat angka di belakang huruf ‘R’. Angka di belakang huruf ‘R’ menunjukkan ukuran velg mobil. Pemilihan ukuran ban juga perlu Anda lakukan secara hati-hati. Memilih ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar tentu sangat tidak dianjurkan. Jika lebih kecil atau lebih besar dari velg maka ban tidak akan bisa terpasang, untuk itu pilihlah ukuran ban yang tepat.

 

  1. Perhatikan Lebar Ban

Lebar ban dapat mempengaruhi daya cengkram dan juga akselerasi pada mobil. Ban yang semakin lebar tentu memiliki daya cengkram yang semakin kuat, begitupun sebaliknya jika ban makin sempit maka daya cengkram yang dimilikki makin lemah. Ban yang lebar juga mempengaruhi kemampuan akselerasi mobil yang Anda milikki.

 

  1. Perhatikan Pola Tapak Atau Desain Model Ban

Tak hanya lebar ban, pola tapak ban juga mempengaruhi daya cengkram. Pola tapak juga akan berpengaruh pada akselerasi dan tingkat kenyamanan mobil Anda. Pola atau kembangan ban sangat berpengaruh pada kinerja traksi dan pengereman. Pola tapak yang baik adalah pola tapak yang berdesain normal. Desain yang normal akan memberikan kenyamanan dalam pengunaan mobil sehari-hari.

Perlu bagi Anda untuk memperhatikan di mana mobil akan digunakan sebelum memilih pola tapak. Jika Anda bertempat tinggal di daerah yang basah atau wilayah yang memiliki intensitas curah hujan cukup tinggi dianjurkan menggunakan pola tapak ban V. Tipe alur V memiliki sifat agresif. Alur V mampu memberikan daya cengkram aspal dengan baik saat melintasi genangan. Alur V memiliki pengendalian yang lebih baik dibandingkan alur lain jika digunakan pada kondisi jalan yang basah dan saat berbelok. Ban alur V juga memiliki kelebihan dalam mereduksi suara putaran ban.

 

  1. Perhatikan Ketebalan Ban Atau Profil Ban

Ketebalan dan juga profil ban juga perlu Anda perhitungkan. Pasalnya, tak jarang pemilik mobil memilih ban yang hanya terlihat keren. Ban yang tipis (40 atau 50) memang terlihat lebih keren namun tentunya memiliki berbagai kelemahan. Ban yang tipis sangat buruk jika digunakan untuk melewati jalan yang rusak. Tak hanya itu, velg juga akan cepat rusak jika Anda menggunakan ban tipis. Pada umumnya, produsen mobil memasang ban dengan profil tebal untuk menghindari berbagai risiko yang dapat ditimbulkan ban profil tipis.

 

  1. Perhatikan Kode Kecepatan

Sama halnya dengan mesin, ban juga memiliki batas kecepatan. Anda bisa melihat kode kecepatan ban pada huruf terakhir dari kode. mobil berspesifikasi balap sangat perlu untuk memerhatikan kode kecepatan. Kode kecepatan juga dapat dilihat pada huruf yang tercetak di dinding ban. Jika kamu suka memacu mobilmu dengan kencang atau hingga kecepatan maksimal, kamu harus memastikan bahwa ban dapat bertahan.

Dalam hal ini ban dapat bertahan pada panas yang diakibatkan oleh rotasi ban yang berputar dengan kencang. Anda bisa perhatikan contoh kode P195/55/R15 84V. Pada kode ini terdapat huruf V pada bagian paling belakang. Huruf V menunjukkan kecepatan maksimal yang mampu diatasi oleh ban. Jika diterjemahkan kecepatan maksimal mencapai 240 kph.

 

Jika pemilihan ban mobil telah dilakukan dengan tepat, selanjutnya perawatan ban penting untuk Anda lakukan agar ban lebih awet dan memiliki usia pakai yang jauh lebih panjang. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk merawat ban mobil? Baca artikel mengenai 10 Langkah Perawatan Ban untuk Mobil Anda.

 

©camargus.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *