November 16, 2018
Oto Tips

Tips Membersihkan dan Merawat Kaca Film Mobil

© Shutterstock

© Shutterstock

Jakarta, BeliOnderdil.com—Kaca film merupakan sebuah komponen yang memiliki peran begitu penting dan juga vital dalam sebuah kendaraan. Kaca film mobil memiliki berbagai fungsi, diantaranya :

  • Melindungi pengemudi dari kilaunya sinar matahari sehingga membuat kenyamanan dalam berkendara lebih didapatkan.

  • Pelindung pengemudi dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit.

  • Kaca film juga berguna untuk menolak panas, artinya agar hawa panas dari luar tidak akan memasuki ruang kabin kendaraan.

  • Kaca film mobil juga dapat berguna agar orang yang diluar tidak dapat melihat keadaan di dalam mobil, meskipun pengendara atau penumpang didalam mobil dapat melihat keadaan di luar.

Kaca mobil yang sudah dilengkapi dengan kaca film tentunya terlihat lebih menarik jika dibandingkan dengan kaca yang belum menggunakan kaca film.

Meskipun memiliki fungsi yang sangat penting, tetapi kebanyakan orang masih tidak mengetahui cara membersihkan dan merawat komponen satu ini dengan benar. Untuk itu di pembahasan kali ini, Blog BeliOnderdil akan mengulas tips membersihkan dan merawat kaca film mobil dengan tepat dan mudah.

Tips Membersihkan Kaca Film Mobil

  1. Bersihkan debu dari kaca film

Membersihkan debu dari kaca merupakan tips pertama dalam membersihkan kaca film. Ketika musim kemarau tiba, jalanan yang dilalui kendaraan cenderung kering dan berdebu. Debu tersebut berpotensi menempel pada kaca mobil Anda. Perlu bagi Anda untuk membersihkan kaca film dari debu agar kualitasnya tetap terjaga, pembersihan dapat dilakukan menggunakan kemoceng berbahan bulu ayam dilanjutkan dengan mengelap kaca menggunakan kain kering bertekstur lembut seperti kain mikrofiber.

  1. Bersihkan air hujan dari kaca film

Tips berikutnya perlu Anda lakukan saat musim penghujan tiba, hujan yang turun tentunya bukan penghalang bagi siapapun untuk berkendara, maka tak jarang air hujan mengguyuri bodi mobil termasuk kaca film. Setelah hujan reda atau telah berhenti, perlu bagi Anda untuk menyiram serta membilas kaca mobil dengan air bersih untuk menghilangkan efek air hujan yang umumnya mengandung asam. Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk mengelap permukaan kaca hingga benar-benar kering.

  1. Bersihkan noda tanah dari kaca film

Masih dalam ruang lingkup musim hujan, jalanan yang dilalui kendaraan ketika hujan pasti akan basah atau bahkan belok karena tanah. Oleh karena itu, tak jarang terdapat tanah basah yang terciprat dan menempel di kaca mobil. Untuk membersihkannya Anda cukup menyiramkan air bersih secukup dilanjutkan dengan mengelap kaca menggunakan kain lembut hingga kering.

  1. Hindari penggunaan bahan kimia dan alkohol

Hindari penggunaan bahan kimia maupun alkohol untuk membersihkan kaca mobil Anda. Pemakaian kedua jenis cairan tersebut dapat mengurangi fungsi dair kaca film yakni sebagai peredam panas sinar matahari, selain itu cairan-cairan tersebut juga dapat merusak lapisan kaca dan membuat kaca menjadi buram.

  1. Bersihkan kotoran dan noda yang menempel

Tips berikutnya yakni membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada kaca film dengan cara mengelap nya menggunakan kain bersih. Lakukan proses mengelap kaca dengan gerakan satu arah dan hindari melakukan gerakan memutar karena dapat membuat kaca menjadi lebih mudah tergores.

 

Setelah memahami betul cara membersihkan kaca film mobil dengan tepat, Anda tentunya perlu untuk mengerti pula cara merawat kaca film mobil agar tetap berfungsi dengan optimal. Untuk itu, simak ulasan berikut ini mengenai tips perawatan kaca film mobil :

  1. Hindarkan kaca film dari alkohol dan amoniak

Seperti yang telah dijelaskan pada tips pembersihan, Anda perlu menghindari penggunaan alkohol serta amoniak untuk membersihkan kaca film mobil. Membersihkan kaca film menggunakan cairan yang mengandung zat di atas dapat membuat struktur molekul dari kaca film yang terpasang pada kaca mobil Anda, alhasil kaca film akan mengelupas. Untuk itu, perhatikan tips membersihkan kaca film yang sudah dijelaskan pada pembahasan awal.

  1. Jangan digores

Menggoreskan suatu benda yang tajam ke kaca mobil secara sengaja tentunya tidak mungkin Anda lakukan, tetapi hal tersebut bisa saja dilakukan oleh anak atau saudara Anda yang dengan sengaja bermain dengan kaca mobil. Jika hal ini terjadi, segera ingatkan mereka agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Perhatikan pula jangan sampai kuku tangan yang panjang menggores kaca film mobil Anda.

Selain itu, dalam membersihkan kaca film mobil, Anda diharuskan menggunakan kain bertekstur lembut seperti

chamois atau microfiber dan hindari penggunaan benda-benda yang tajam seperti sikat kawat untuk membersihkan kotoran pada kaca karena sikat tersebut dapat menyebabkan goresan pada kaca film yang akhirnya membuat kaca film mudah terkelupas.

  1. Jangan ditempeli stiker

Berikutnya, jika Anda ingin kaca film memiliki masa pemakaian yang awet, hindari menempel stiker atau semacamnya, kecuali jika Anda memang ingin memasang stiker secara permanen untuk selamanya. Yang jadi permasalahan tentu jika stiker yang Anda pasang di kaca mobil akan Anda lepas dikemudian hari, hal ini dapat menimbulkan bekas pada kaca seperti lem atau kotoran yang biasanya sulit untuk dibersihkan. Bekas kotoran atau lem tersebut dapat membuat kaca mobil Anda terlihat kotor dan tidak enak untuk dipandang.

  1. Jangan parkir dibawah terik matahari

Tips kali ini memang hanya sekedar saran dan bukan larangan, yakni usahakan parkir mobil Anda di tempat yang teduh atau jauh dari pancaran sinar matahari langsung. Kaca film dapat lebih panas dan membuat kualitasnya menurun jika Anda memarkirkan kendaraan di bawah sinar matahari langsung.

  1. Bersihkan secara rutin

Tips perawatan terakhir dan wajib untuk Anda lakukan ialah membersihkan kaca film secara rutin agar komponen satu ini dapat dipakai lebih awet. Pastikan juga Anda menerapkan tips-tips membersihkan kaca film di atas agar kaca film tidak mengalami masalah dan tetap berfungsi dengan baik.

Semoga Bermanfaat!

© bisaotomotif.com , jadibersih.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *