August 21, 2018
Oto Tips

Tips Membeli Suku Cadang Online Agar Tidak Tertipu

Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, segala sesuatu menjadi lebih praktis. Sebagai contoh, dulu kita harus berpergian keluar rumah untuk membeli barang kebutuhan, sekarang hal tersebut terbantu oleh maraknya situs belanja online atau dengan nama lain online shopping yang membuat para Konsumen dapat melakukan aktivitas perbelanjaan di rumah.

Kita bisa mengambil contoh penjualan suku cadang, banyak perusahaan yang bergerak di bidang importir dan distributor spare parts tersebut meluaskan market penjualannya ke dunia online. Saat ini tak sedikit situs online shopping yang menangani penjualan berbagai macam suku cadang.

Namun sayangnya, tak sedikit pula online shopping yang dijalankan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan dengan cara tidak halal. Contoh saja, kasus penipuan online yang semakin marak, dimana pembeli yang sudah mantap atau bahkan mengirim sejumlah uang ternyata dengan pahit harus menerima kenyataan telah tertipu.

Untuk itu, berikut ini ialah tips untuk Anda agar terhindar dari penipuan saat ingin membeli suku cadang secara online.

  1. Kenali Situs

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan belanja online ialah cari tahu terlebih dahulu dimana situs terpercaya yang menangani jual-beli suku cadang. Dapat dilakukan dengan cara searching satu persatu. Explore situs tersebut dan kenali bahwa situs ini memang benar adanya.

2. Hindari Harga yang Tidak Wajar

Hindari perasaan tergiur akan harga suatu produk yang terlalu murah, karena harga yang tidak wajar tersebut patut dicurigai. Tak mungkin pula sebuah perusahaan suku cadang tersebut menjual barang lebih murah dari produsen resminya. Ingat selalu pola bahwa uang yang dikeluarkan sesuai dengan kualitas yang didapatkan. Jika penjual suku cadang tersebut menawarkan harga yang cukup jatuh, dugaan kuat bahwa penjual tersebut adalah seorang penipu.

3. Kenali Penjual

Tips berikutnya ialah kenali asal-usul penjual suku cadang online tersebut, selain itu periksa track record dari perusahaan yang menjual produk tersebut, mulai dari ketersediaan toko fisik, alamat resmi perusahaan, situs yang dijalankan, reputasi perusahaan, dan jangan lupa testimoni kepuasan konsumen terhadap toko online maupun penjualnya.

4. COD (Cash On Delivery)

COD ini adalah kegiatan tranksaksi secara langsung dimana pembeli bertemu langsung dengan penjual. Cara ini merupakan cara paling aman agar tidak tertipu jika ingin berbelanja online. Jika seorang penjual tidak bisa diajak COD, maka anda patut curiga kalau penjual tersebut adalah penipu.

5. Garansi dan Kondisi Barang

Seorang konsumen wajib bertanya kondisi barang yang akan dibeli. Pasalnya banyak produk yang dijual secara online tanpa adanya garansi resmi. Selain itu, cek juga kondisi barang yang akan dibeli, mulai dari kelengkapan barang maupun kondisi fisik. Tips belanja online ini sangat penting, agar mendapatkan produk sesuai keinginan dan untuk menghindari membeli barang yang cacat produksi.

6. Simpan Bukti Pembayaran

Sebaiknya, setelah Anda melakukan transfer uang, simpanlah bukti pembayaran tersebut beserta email dan SMS antara Anda dan penjual. Jadi, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka Anda bisa memberikan bukti tersebut kepada pihak berwajib (Polisi) untuk menangani masalah tersebut.

 

Lalu, bagaimana cara mendapatkan situs belanja online yang menjual berbagai macam suku cadang terlengkap dan terpercaya?

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan atau tertipu saat belanja online, cermatlah dalam memilih situs belanja online suku cadang tersebut, BeliOnderdil telah dikenal sebagai e-market pertama yang melayani penjualan suku cadang terlengkap dan terpercaya di Indonesia. Untuk itu, keraguan dalam berbelanja dapat teratasi karena kewajiban kami untuk melindungi Pembeli dari resiko penipuan. Jadi, jangan sungkan untuk berbelanja di BeliOnderdil!

© Detekno

 

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *