July 18, 2018
Oto Tips

Tips Memaksimalkan Engine Break Anda!

Jakarta, BeliOnderdil.com— Apa yang akan anda lakukan bila sedang melaju dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba Anda harus melakukanpengereman secara mendadak dan jarak antara mobil Anda dengan mobil di depan Anda sudah sangat dekat? Mungkin bila hanya dengan menginjak pedal rem hingga titik maksimal saja belum tentu bisa menghentikan mobil tanpa terjadi tabrakan.

Namun tahukah, bahwa ada satu cara lagi yang dapat di lakukan disaat darurat / emergency bila harus menghentikan mobil secara mendadak sedangkan jarak antara mobil dengan objek didepan sudah sangat dekat. Hal yang dapat di lakukan adalah dengan melakukan Engine Brake. Nah! Berikut ada tips untuk memaksimalkan engine break Anda!

Caranya, dengan mengendurkan gas dan menurunkan gigi transmisi ke posisi rendah, misalnya dari empat ke tiga, tanpa kembali digas. Hal tersebut dapat mengurangi kecepatan laju kendaraan dengan menurunkan putaran mesin. Selain dengan cara menurunkan gigi transmisi 1 atau 2 tingkat tanpa digas, hambatan pada mesin terjadi karena asupan bensin yang dihentikan sehingga mesin tertahan oleh gigi transmisi.

Ternyata, engine brake bisa dilakukan dalam kondisi jalan apa pun, kecuali pada saat jalan menanjak. Namun, waktu yang tepat untuk melakukan engine brake ialah pada saat melalui jalanan menurun yang panjang ataupun saat kecepatan tinggi di jalan lurus.

Namun ada baiknya, jika berkendara dengan aman dan dengan kecepatan standar. Karena berkendara dengan kecepatan tinggi dapat membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

©autobild.co.id

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *