September 25, 2018
Oto Tips

Tips Melindungi Mobil Dari Panas Matahari Berlebih

Saat ini kondisi cuaca memang tak bisa diprediksikan, kadang hujan dengan tiba-tiba atau justru terik matahari terpancar penuh menerangi bumi dengan suhu sampai 35 derajat celcius di siang hari. Saat musim kemarau inilah, antisipasi penuh harus dilakukan oleh para pemilik mobil yang harus melindungi eksterior maupun interior mobilnya dari panas sinar matahari yang bisa menembus sampai 70 derajat celcius ke dalam kabin mobil yang tentu memberi pengaruh buruk.

Memang saat ini mobil dapat terhindar dari sinar matahari saat diparkirkan di dalam basement yang tentunya membuat kendaraan yang dimiliki tak terpancar teriknya sinar matahari. Namun, bagaimana jika mobil yang dimiliki terpaksa harus di parkirkan di area terbuka yang panas?

Berikut ini ialah tips yang berguna untuk melindungi mobil Anda dari panasnya sinar matahari :

  • Menegakkan Wiper Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan ialah, saat hendak meninggalkan mobil, tegakkan wiper mobil agar tidak menyentuh kaca mobil. Hal ini bertujuan untuk menghindari karet wiper tersebut agar tidak mengeras atau melekat di kaca mobil yang panas akibat pancaran langsung sinar matahari.

  • Menambahkan Lapisan Kaca

Tips kedua, Disarankan untuk memberikan lapisan kaca film yang dipasang bersamaan dengan kaca mobil dengan tujuan agar mengatasi atau mengurangi paparan sinar matahari yang masuk ke dalam kabin mobil. Jangan terlalu mempertimbangkan harga, meskipun biaya yang dikeluarkan untuk pembelian kaca film yang unggul relatif mahal, namun hal ini bisa membuat interior mobil terhindar oleh panasnya sinar matahari yang tentunya akan memberi pengaruh buruk dikemudian hari.

  • Merawat Cat dan Bodi Mobil

Tahap berikutnya ialah, rawatlah cat dan bodi mobil dengan cara memoles bodi secara rutin. Hal ini tentu bertujuan agar mobil memiliki lapisan pelindung. Untuk perawatan bodi mobil, dapat dilakukan di salon mobil terdekat sesuai dengan kesanggupan dan keinginan.

  • Menurunkan Kaca Pintu Mobil

Setelah merasa bahwa lokasi parkir mobil strategis dan aman, disarankan untuk sedikit menurunkan kaca pintu mobil.  Jika mobil telah terpasang talang air atau side visor tentu akan lebih bagus lagi, karena kegunaannya yang bermanfaat. Seperti saat musim hujan, alat tersebut dapat mengatasi masuknya air ke dalam kabin mobil, sedangkan saat musim kemarau dapat mencegah udara pengap yang masuk ke dalam kabin mobil saat parkir di bawah panas matahari. Agar sirkulasi udara dalam kabin lancar yang tentunya membuat suhu yang ada di dalam kabin tak terlampau panas dan bebas dari udara pengap, sebaiknya membuka keempat kaca pintu mobil sampai batas talang air.

  • Jangan Meninggalkan Barang yang Berbahaya di Dalam Mobil

Tips berikutnya ialah, hindari meletakkan segala barang yang mudah terbakar atau bahkan meledak seperti korek api, botol minyak wangi yang tekanannya dapat meningkat saat terkena sinar matahari terus-menerus, serta handphone yang terpasang baterai.

  • Memberi Pengharum Ruangan

Mobil yang dikendarai harus menyebarkan aroma wangi di dalam area kabin mobil agar terasa nyaman. Sinar matahari yang terpancar ke dalam kabin mobil dan menyorot ke arah jok mobil yang berbahan kulit, menyebabkan bau tidak sedap yang tentunya dapat menganggu konsentrasi saat mengemudi. Anda dapat memilih pengharum ruangan mobil sesuai dengan yang diinginkan.

 

© Kompas

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *