May 26, 2018
Oto Tips

Tips Berkendara di Area Pegunungan

Sebagai pemilik mobil, tentu Anda sering berkendara di berbagai keadaan jalanan, baik keadaan jalan yang padat dan macet ketika berkendara di area perkotaan, atau justru keadaan jalan yang menanjak dan menurun ketika Anda berkendara di jalan pegunungan. Memang melakukan perjalanan di area pegunungan jauh lebih sejuk, dimana jalanan lebih lengang jauh berbeda saat berkendara di kota metropolitan.

Tikungan di jalanan menanjak dan menurun seringkali ditemui ketika Anda berkendara di daerah pegunungan, pola mengemudi di area seperti ini tentu tak bisa dianggap remeh, Anda perlu berkonsentrasi dan memiliki kemampuan mengemudi yang cermat ketika berkendara.

Tidak terbiasanya berkendara di jalanan menanjak atau menurun tersebut tentu dapat menimbulkan berbagai risiko, seperti kendaraan yang beralih mundur ketika berusaha menanjak sehingga dapat membuat rem menjadi overheating bahkan blong. Maka dari itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan tips penting untuk Anda ketahui saat berkendara di area pegunungan :

  1. Hal pertama yang perlu diperhatikan tentu kondisi rangkaian mobil Anda harus dalam keadaan prima, karena berkendara di jalur yang menanjak serta menurun ditambah dengan tikungan tajam membuat para pengendara mobil perlu memacu kemudi mobilnya lebih intens. Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan, periksalah terlebih dahulu komponen mobil seperti rem, radiator, kopling dan ban, serta hal yang tak boleh Anda lupakan ialah memastikan bahwa kondisi mesin sedang dalam keadaan optimal dan siap untuk beroperasi dengan keras.
  1. Selain kondisi mobil yang harus dalam keadaan prima, kondisi sang pengendara pun juga patut dalam keadaan sehat serta bugar. Perlunya respon cepat dan konsentrasi yang tepat ketika Anda harus melewati jalur menanjak dan menurun dengan tikungan yang tajam.
  1. Agar perjalanan dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan, Anda dapat mengetahui atau sekedar mempelajari medan perjalanan yang akan Anda lalui nantinya, terutama jalur yang memiliki daerah paling curam sehingga Anda dapat lebih waspada sebelumnya. Gunakan internet atau GPS untuk mencari informasi.
  1. Pilih posisi transmisi atau gigi ke tahap yang rendah ketika Anda akan melewati jalur menanjak. Hal ini tentu dapat memberikan tenaga ketika mobil menanjak dimana mesin mobil dapat bekerja pada RPM yang tinggi. Bahan bakar juga salah satu komponen yang patut Anda perhatikan, pasalnya jalur tanjakan yang panjang dan curam akan menguras lebih banyak bahan bakar mobil Anda.
  1. Kurangi kecepatan mobil atau memperlambatnya ketika Anda mulai melewati area tikungan. Jangan pernah mencoba untuk menyalip kendaraan lain saat berada di area ini atau justru hal berbahaya dan risiko yang tinggi akan terjadi pada diri Anda. Beri tanda klakson jika perlu, ketika melewati area tikungan untuk memberi kode pada kendaraan di arah berlawanan.
  1. Cermati dan pahami cara mengoperasikan engine brake baik mobil manual maupun matik, hal ini perlu dilakukan karena nantinya Anda harus menggunakan rem mesin atau engine brake ketika melewati jalan yang menurun agar dapat menghentikan atau memperlambat mobil serta mengurangi beban kerja pada rem mobil Anda sendiri.
  1. Tips terakhir, Anda perlu menempatkan mobil Anda di jarak yang aman dari mobil atau kendaraan lain yang berada di depan maupun belakang Anda. Disarankan untuk memilih jalur kiri dan jangan terlalu mengarah ke tengah ketika mengemudi. Istirahatlah sejenak jika merasa lelah agar kondisi dapat pulih dan lebih prima.

Jika Anda telah paham memahami teknik dan tips berkendara di area pegunungan yang penuh dengan jalan menanjak dan menurun serta berbagai tikungan, lalu menerapkannya saat Anda berkendara maka keamanan dan keselamatan dalam berkendara tentu akan lebih terjaga. Nantikan tips lainnya hanya di BlogBeliOnderdil.

© AsapMobil

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *