November 16, 2018
Instalasi Suku Cadang

Ternyata, Sunroof dengan Moonroof Itu Berbeda Loh! Begini Perbedaannya

Jakarta, BeliOnderdil.comPada kebanyakan mobil-mobil mewah mempunyai panel di atap kendaraan yang memungkinkan udara dan cahaya masuk ke dalam kabin. Panel tersebut yang dikenal dengan sebutan sunroof atau moonroof. Lalu, apasih perbedaan dari sunroof dengan moonroof? Yuk, simak penjelasaannya dibawah.

 

Sunroof

Sunroof sendiri adalah istilah generik yang digunakan untuk menyebut panel di atap mobil tersebut. Kaca atap dapat keluar sehingga udara bisa masuk melalui sunroof. Sistem ini dahulu digunakan sebagai teknologi ventilasi bus kota, dimana udara dapat mengalir bebas melalui fentilasi tersebut. Sunroof umumnya berupa panel solid yang bisa dibuka atau dilepas.  Sunroof yang berupa panel buram atau logam harus dibuka untuk memungkinkan cahaya atau udara memasuki kabin. Jadi, sunroof sendiri merupakan panel kaca yang sifatnya lebih ribet digunakan dan kurang praktis, berbeda dengan moonroof yang penuh dengan kepraktisan.

 

Moonroof

Sedangkan, moonroof sendiri adalah panel kaca yang bisa digeser membuatnya lebih bergaya dibandingkan sunroof. Itu sebabnya, moonroof menjadi kelengkapan standar pada berbagai mobil mewah. Karena moonroof berupa panel kaca, moonroof tetap memungkinkan cahaya masuk meskipun dalam posisi tertutup. Moonroof semakin populer karena panel kaca tampak ramping dan memungkinkan penumpang melihat pemandangan langit bahkan ketika sedang tertutup. Pada sebagian mobil, moonroof bisa digeser sepenuhnya sehingga meninggalkan lubang terbuka di atap yang memungkinkan penumpang menghirup udara segar dan menikmati sinar matahari. Jadi, untuk moonroof sendiri bersifat lebih elegan, karena tidak harus dibuka dan membiarkan angin langsung masuk kedalam kabin, melainkan tetap dapat melihat keindahan langit tanpa harus banyak angin yang masuk ke dalam kabin.

 

Sekarang usdah tahu kan perbedaan sunroof dengan moonroof? Sehingga, saat berniat untuk membeli mobil mewah baru tidak usah ragu lagi. Langsung saja tanyakan di dealer resminya apakah mobil impian kalian memiliki sistem sunroof atau moonroof.

 

©amazine.co

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *