April 25, 2018
Oto Tips

Ternyata Penggunaan Semir Ban Terlalu Sering Itu Bahaya!

Jakarta, BeliOnderdil.com—Menjaga kebersihan setiap komponen mobil sangatlah penting dilakukan. Seperti menjaga ban mobil agar tetap kinclong, salah satunya dengan cara disemir hingga ban terlihat bersih dan kinclong.  Namun, ternyata terdapat beberapa kekurangan  jika terlalu sering menyemir ban mobil. Ini lah penjelasannya!

Menurut Jonny Anwar, pemilik Era Ban Service Station, di kawasan Otista, Jakarta Timur, jika melakukan semir ban terlalu sering akan menimbulkan bahaya tersendiri bagi ban kendaraan. Ia menyarankan, pemilik kendaraan wajib tahu kandungan cairan semir yang digunakan, karena unsur kimia pada semir memang berbahaya untuk ban. Boleh melakukan perawatan ban dengan menggunakan semir ban, namun tidak disarankan untuk melakukannya terlalu sering.

Ternyata penggunaan semir ban yang terlalu sering akan membuat usia pakai ban tidak bertahan lama. Hal tersebut terjadi lantaran dinding ban justru akan mengalami pecah-pecah yang bisa membuat efek ban jadi mudah bocor. Tentunya dengan keadaan ban mobil yang sudah tidak baik, seperti pecah-pecah akan berdampak bagi kenyamanan berkendara. Karena mobil akan terasa oleng dan tidak enak digunakan.

Seperti yang dijelaskan oleh Jonny Anwar, yang membuat semir ban berbahaya adalah  karena terdapat bahan kimia yang dapat merusak ban. Bahan kimia tersebut dapat mengikis ban mobil jika digunakan terus-menerus dan membuatnya menjadi mudah bocor, meskipun akan selalu tampak kinclong namun dapat membahayakan pengendara.

Baiknya, semir ban dapat diganti dengan menyikat ban menggunakan sabun colek, dan disikat dengan sikat ban. Meskipun tidak sekinclong menggunakan semir ban, namun akan lebih memperpanjang usia pakai pada ban mobil.

©viva.co.id

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *