June 19, 2018
Oto Tips

Ternyata Ini Bahayanya Jika Mengisi Bensin Tidak Full!

Jakarta, BeliOnderdil.comTernyata, saat mengisi bensin tidak full dapat mengakibatkan kerusakan. Hal itu dilakukan karena berbagai alasan, alasan yang sering digunakan adalah karena uang yang terbatas, hingga malas. Bahkan, tak jarang juga kalau sebagian pengendara mengisi bensin saat kendaraan hanya akan digunakan saja. Sehingga, hal tersebut akan cepat merusak mesin.

 

Kebiasaan tersebut tidak dianjurkan untuk dilakukan berulang-ulang, karena akan membawa dampak buruk dalam jangka panjang. Seperti dengan minimnya volume bahan bakar yang tersedia, pompa bahan bakar tidak berada dalam posisi yang terendam. Jika hal ini terjadi, kecenderungannya mobil sering bermasalah jika tengah bermanuver, karena berkaitan dengan asupan bensin yang dipasok.

 

Hal tersebut membahayakan, karena mesin mobil bisa berhenti secara mendadak yang disebabkan oleh terputusnya asupan bensin, dan tidak menutup kemungkinan juga akan tertabrak oleh kendaraan yang ada dibelakang karena pengendara berhenti mendadak.
Dampak buruk lainnya, tangki yang tidak terisi penuh akan menyebabkan ruang kosong di dalamnya semakin luas, sehingga menyebabkan terjadinya proses kondensasi. Kondensasi adalah pengembunan atau perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti gas (atau uap) menjadi cairan.

 

Uap air yang terdapat dalam tangki pada akhirnya akan berubah menjadi titik air dan mengendap dalam tangki kendaraan. Alhasil, logam material tangki akan cepat berkarat.
Jumlah udara dalam tangki yang kosong akan semakin banyak. Artinya, potensi karat yang ditimbulkan juga lebih besar. Banyaknya kotoran yang terdapat dalam tangki, filter bensin dan pompa bensin (rotak) harus bekerja lebih keras dan bisa menimbulkan panas, akibatnya, rotak bisa mati sendiri.

 

Jadi, lebih baik menghindari hal tersebut. Selain untuk keamanan, ternyata juga dapat merusak mesin dalam jangka panjang. Pastinya hal tersebut tidak diinginkan oleh semua pemilik kendaraan.

 

©rumahbengkel.com

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *