June 19, 2018
Oto Tips

Ternyata, Ada Bagian Ban Mobil yang Haram di Tambal!

Jakarta, BeliOnderdil.comBagi pengendara pemula pastinya akan merasa panik dan bingung jika tiba-tiba ditengah perjalanan ban Anda kempes atau bocor. Yup, Ban mobil atau motor kerap kali mengalami kebocoran secara mendadak dan salah satu penyebabnya adalah tertusuk ranjau paku.Namun perlu dicatat, meski ban bocor bisa di-repair dengan cara ditambal, tetapi hal tersebut tidak semua bisa dilakukan khususnya jika masalah terjadi dibagian samping.

Lalu, pada bagian apakah ban yang bocor tidak boleh ditambal? Berikut penjelasannya.

Jika ban bocor dibagian samping cara yang paling tepat adalah menggantinya. Ban bocor harus diganti karena bagian tersebut sangat berhubungan langsung dengan konstruksi ban, di mana sisi ban berteknologi radial, jika dibongkar secara keseluruhan terdiri dari benang, sedangkan bagian tapak ban lebih kuat karena memiliki besi.

Sebalikya, jika ban bocor di bagian tapak hal masih diperbolehkan dilakukan penambalan. Hanya saja, untuk melakukan tambal harus diperhatikan berapa jarak antara lubang baru dengan lubang lama. Oleh karena itu, disarankan maksimal penambalan ban bocor hanya berjarak enam milimeter. jika lebih dari itu, tidak direkomendasikan, karena dapat merusak struktur ban.

Rutinlah mengecek keadaan ban. Jika ban sudah terlihat tipis, ada baiknya sesegera mungkin menggantinya dengan ban dengan kualitas yang lebih baik. Karena bagaimanapun, kondisi ban sangatlah penting. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan ditengah jalan, seperti ban bocor, sebaiknya melakukan hal yang disarankan diatas agar perjalanan tidak terhambat.

 

©otomotif.liputan6.com

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *