December 15, 2018
Oto Tips

Faktor AC Mobil Tidak Berfungsi dengan Baik

 

AC atau air conditioning merupakan sistem pendingin yang telah diketahui dengan jelas kegunaannya. Saat ini AC telah menjadi suatu kebutuhan khususnya untuk para pengendara mobil, pasalnya dengan adanya AC yang terpasang membuat udara di dalam kabin lebih sejuk, terutama jika berkendara saat kemacetan disertai dengan udara yang panas. Tak bisa dibayangkan betapa pentingnya peran AC dalam rangkaian mobil.

Saat mengendarai mobil tak selalu kenyamanan yang sering kita dapat, segala kerusakan dari rangkaian mobil kadang sering terjadi dimanapun dan kapanpun, begitu pula dengan AC mobil Anda, tak selamanya AC mobil akan bekinerja dengan baik tanpa menimbulkan sedikit masalah. Hal ini tentu membuat para pengendara sensitif. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui gejala-gejala AC yang akan mengalami kerusakan beserta faktor yang membuat kinerja AC menurun.

Tanda-tanda AC akan mengalami kerusakan :

  • AC yang tidak menyala

Tak beroperasi saat dinyalakan. Gejala ini tak bisa langsung dijadikan penyebab terjadinya kerusakan. Maka dari itu kenali penyebabnya dengan memeriksa sambungan listrik dari AC apakah terdapat masalah atau tidak, misalnya pada sekring. Jika merasa tak ada masalah kenali penyebab lain yang mungkin berasal dari relay, kabel magnetic clutch, motor blower atau komponen elektrikal AC lainnya.

  • Adanya tetesan air

Munculnya tetesan air ini dikarenakan penyumbatan yang terjadi pada bagian selang pembuangan air evaporator. Penyumbatan itu dapat terjadi jika evaporator tersebut jarang dibersihkan dan alhasil menjadi kotor, padahal evaporator yang kotor dapat menimbulkan masalah lain seperti tidak optimalnya AC dan lemahnya hembusan udara yang dapat membuat AC tidak begitu dingin.

  • Udara AC yang tidak optimal

Salah satu gejala AC akan mengalami kerusakan ialah udara AC yang mendadak tidak dingin. Hal ini disebabkan karena berkurang atau habisnya freon AC yang terjadi karena adanya kebocoran pada sistem AC. Kerusakan ini dapat menjalar ke tahap yang lebih beresiko, untuk menghindari kerusakan yang akan lebih merugikan Anda, lekaslah menindak lanjuti masalah ini.

  • Suara AC yang berisik

Tanda-tanda lain rusaknya AC Anda ialah terdengar suara yang bising dari AC mobil. Hal ini menandai bahwa kompresor AC telah mengalami kerusakan. Kerusakan kompresor AC dapat disebabkan karena berkurangnya kompresor oli atau buruknya kondisi bearing, penyebab lain ialah terjadinya keausan pada piston maupun silinder dari kompresor AC tersebut. Untuk menghindari hal semacam ini, teraturlah dalam memeriksa kondisi kompresor AC mobil Anda.

 

Setelah Anda mengetahui dan memahami tanda-tanda AC mobil yang akan mengalami kerusakan, hal berikut yang harus Anda ketahui ialah apa saja faktor yang menyebabkan AC tersebut rusak atau tidak dingin.

Penting bagi Anda mengetahui faktor penyebab mengapa AC mobil Anda mendadak tidak dingin :

  1. Berkurang atau habisnya freon AC

Freon akan berkurang atau habis jika terdapat masalah kebocoran pada sistem AC. Kebocoran freon ini dapat mengakibatkan tidak optimalnya cara kerja AC.

  1. Kotornya kondensor dan radiator AC

Sistem kerja kondensi tak akan bekerja dengan maksimal jika kondensor atau radiator AC tersebut kotor. Hal ini tentu membuat suhu udara dari AC menjadi tidak dingin. Pasalnya jika permukaan kondensor atau radiator yang kotor membuat pembuangan panas dari gas freon yang memiliki tekanan tinggi dalam kondensor menjadi tidak sempurna.

  1. Meleleh, lemah, bahkan matinya Motor Fan AC Mobil

Lemah atau bahkan matinya putaran motor fan berpengaruh pada pembuangan gas yang terjadi di dalam kondensor. Proses kondensasi yang menciptakan suhu dingin akan bermasalah jika pembuangan panas dalam kondensor tak beroperasi dengan maksimal. Untuk menjaga suhu dingin AC mobil tetap dalam keadaan yang optimal rutinlah dalam memeriksa performa motor cooling Anda.

  1. Mati atau terbakarnya magnetic clucth

Tak terhubungnya center piece dengan puli compressor AC yang berputar dapat terjadi jika spul magnetic clutch nya mati atau justru terbakar. Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya sirkulasi udara dalam AC sehingga AC mobil menjadi tidak dingin.

  1. Kondisi tekanan freon yang over heat

Kondensor AC akan mengalami over heat atau terlalu panas jika sistem AC mengalami tekanan yang berlebihan. Akibatnya kompresor AC juga menjadi terlalu panas sehingga kinerja AC menurun.

  1. Oli Kompresor yang berlebihan

Minimnya ruang untuk freon dapat terjadi jika oli kompresor melampaui batas kapasitas. Apabila kita terus memaksa menambahkan dengan freon sampai penuh hal ini akan mengakibatkan sistem AC over heat atau terlalu panas.

  1. Keausan kompresor AC

Ausnya kompresor AC dapat diketahui dengan tanda-tanda seperti tidak normalnya tekanan AC, warna sigh glass terlihat hitam, serta tersumbatnya Expansi Valve dan Dryer. Setelah Anda memeriksa kompresor AC dan timbul gejala-gejala tersebut disarankan untuk segera mengganti kompresor AC agar tetap dalam performa yang optimal.

  1. Terdapat masalah pada Thermistor atau Thermostart

Kinerja thermistor atau thermostart yang bermasalah akan berdampak buruk pada kinerja AC mobil. Thermistor cooler sendiri berfungsi sebagai untuk membaca perubahan temperatur di dalam rumah evaporator yang kemudian diteruskan ke amplifier AC mobil untuk mengatur waktu memotong kompresor.

  1. Kotornya Evaporator

Aliran udara akan tersumbat jika terjadi korosi serta debu yang dihisap oleh blower dan menempelnya partikel debu di evaporator. Akibatnya AC menjadi tidak dingin karena sistem sirkulasi AC yang tidak lancar.

  1. Tersumbatnya saluran air pembuangan pada box evaporator

Box evap akan penuh dengan air jika saluran pembuangan air pada sistem kondensasi mengalami penyumbatan. Hal ini mengakibatkan dashboard mengembun yang nantinya akan meneteskan air ke karpet mobil. Aliran udara dari blower juga akan terhambat jika air memenuhi box evap. Untuk itu penting bagi Anda selalu memeriksa kondisi box exaporator.

Merawat dan menjaga AC mobil wajib untuk dilakukan, setelah Anda mengetahui gejala-gejala AC yang akan rusak atau tidak dingin beserta faktor penyebabnya, penting untuk Anda mengantisipasi  dan selalu memeriksa sistem pendingin mobil agar terhindar dari kerusakan yang tentunya akan merugikan Anda dan menimbulkan masalah lain saat mengendarai mobil.

 

 

© Modifikasi

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *