September 15, 2019
Perbaikan dan Perawatan Mobil

Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar? Apasih Penyebabnya?

Jakarta, BeliOnderdil.comMesin mobil terdiri dari beberapa komponen yang berputar didalamnya, dan juga saling bergesekan. Kemudian, tiap benda yang bergesekan pastinya akan menimbulkan bunyi, sehingga pada kap mobil dipasang alat peredam bunyi yang bertujuan untuk meminimalitsir bunyi yang akan masuk kedalam kabin.

Lantas, apa saja sih penyebab dari suara mobil yang terdengar kasar? Berikut penjelasannya!

  1. Oli Mesin Kurang

Jika mesin terdengar kasar, biasanya karena oli pada mesin kurang. Karena, fungsi utama dari oli mesin adalah sebagai pelumas komponen-komponen yang bergesekan didalam mesin dengan membuat lapisan film yang dapat membersihkan kotoran dan juga meredam bunyi gesekan. Nah, jika jumlah oli kurang, maka komponen tidak terlumasi dengan baik sehingga akan menimbulkan bunyi yang lebih kasar dari biasanya. Suara kasar tersebut akan menyerupai suara ketukkan yang semakin tinggi jika rpm dinaikkan. Jika hal ini terjadi, maka periksalah jumlah oli dan adakah kebocoran oli yang membuat oli cepat berkurang. Namun, jika semuanya sudah sesuai kadarnya, bawalah mobil ke bengkel resmi agar dapat ditangani oleh yang professional.

  1. Bunyi dari Belt

Belt yang dimaksud disini bukannya belt pada kursi (seatbelt), melainkan pada bagian mesin. Belt yang dimaksud adalah tali kipas. Tali kipas sendiri berfungsi untuk menghubungkan beberapa komponen yang berputar didalam mesin. Kondisi V Belt yang sudah rusak, kotor dan keringlah yang sering menyebabkan munculnya bunyi. Solusinya, ganti V-Belt atau bersihkan belt dan lumasi.

  1. Bunyi Kompresor AC

Jika pada saat menyalakan AC mobil terdengar suara “grok-grok” maka sudah pasti bunyi berasal dari kompresor. Jika hal ini terjadi, maka ada baiknya sesegera mungkin mengganti bearing kompresor agar dapat berkendara lebih nyaman lagi tanpa bunyi-bunyi yang menggangu.

Naah, sekarang sudah lebih tahu kana pa yang membuat mesin sering terdengar kasar? Segera pergi ke bengkel apabila sudah di cek sendiri, namun masih terdengar bunyi kasar pada mesin.

©mobilupdate.net

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *