April 25, 2018
Oto Tips

RPM Mesin, Salah Satu Indikator Penting Dalam Kendaraan

Jakarta, BeliOnderdil.comRPM atau dimaksud rotary per minute atau revolution per minute merupakan salah satu indikator yang digunakan oleh sebuah kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor. RPM merupakan komponen yang menunjukkan angka dengan beberapa kali putaran (revolusi) poros engkol atau crankshaft mesin dalam hitungan waktu satu menit.

Bagaimana Pembacaan RPM Mesin ?

RPM dapat dikatakan sebagai suatu indikator yang sangat penting pada sebuah kendaraan. rpm merupakan indikator berupa meter penunjuk (gauge) berbentuk lingkaran atau busur lingkaran dengan angka-angka dan sebuah jarum penunjuk. Meter penunjuk dari RPM ini biasa dikenal dengan RPM-meter atau tachometer. Angka yang tertera pada tachometer umumnya antara 1 sampai 10, masing-masing angka menandakan atau menunjukkan angka ribuan. Jadi saat jarum tachometer menunjukkan angka 1, berarti putaran poros engkol mesin berada di 200 rpm.

Mengapa Tachometer Cenderung Memiliki Tampilan Manual?

Saat ini tachometer cenderung dipertahankan memiliki bentuk manual (menggunakan jarum penunjuk), meskipun panel indikator pada dashboard mobil modern cenderung menggunakan tampilan digital, mengapa demikian? hal ini dikarenakan tachometer merupakan elemen yang penting dan harus terbaca dengan mudah juga jelas oleh pengendara. Rpm dapat berubah begitu drastis, sekali menginjak gas mobil Anda akan dengan mudah menaikkan RPM mesin dari 1000 menjadi 5000 dengan kurun waktu respon kurang dari satu detik. Perubahan ini tentu terbilang sangat sulit terlihat oleh mata jika ditampilkan dalam bentuk angka-angka. Selain itu angka rpm hanya digunakan sebagai patokan pengendara untuk mengetahui kinerja mesin sehingga pengendara tida perlu mengetahui nilai pasti rpm mesin apakah berada tepat di 1000 atau 1100 atau 950.

Apa Hubungan antara RPM Mesin dengan Kecepatan dan Efisiensi Bahan Bakar?

Kecepatan putaran atau revolusi mesin tidak memiliki hubungan secara langsung dengan kecepatan putaran atau rotasi sebuah roda. Rpm mesin menjadi petunjuk seberapa keras kerja mesin mobil, dengan kata lain semakin tinggi rpm mesin maka semakin keras kerja mesin (untuk tipe dan kapasitas mesin yang sama). Semakin keras kerja mesin tentu semakin banyak mesin membakar dan menguras bahan bakar mobil.

Mesin mobil memiliki beberapa gigi (gear) persneling. Masing-masing dari gigi atau gear ini secara efektif digunakan untuk kecepatan yang terbatas. Daya putar atau torka (torque) yang diperlukan untuk memutar masing-masing gigi pada kecepatan tentu berbeda-beda mengingat masing-masing gigi memiliki ukuran yang berbeda.

Untuk mobil dengan transmisi manual, terdapat tongkat persneling yang dapat diatur untuk mengatur penggunaan gigi secara manual. Seperti contoh untuk mobil tertentu, jika Anda menggunakan gigi 2, maka untuk mendapatkan kecepatan 40 km/jam diperlukan RPM mesin 3000. Namun jika Anda menggunakan gigi 3, maka untuk mendapatkan kecepatan 40 km/jam diperlukan RPM mesin cukup 2000 saja. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa menggunakan gigi 2 untuk mendapatkan kecepatan 40 km/jam merupakan suatu pemborosan bahan bakar.

Berbeda pada mobil dengan transmisi otomatis, sistem transmisi mengatur sendiri gigi pernseling mana yang tepat digunakan mobil untuk mendapatkan kecepatan tertentu tetapi tetap menggunakan parameter RPM mesin sebagai salah satu parameter pengaturan gigi persneling yang digunakan.

Berapa RPM Mesin Ideal?

Rpm ideal mesin pada sebuah mobil tentu sangat bergantung pada spesifikasi teknis mesin mobil tersebut. Secara umum, rpm mesin yang direkomendasikan yakni antara 2000 dan 3000 sehingga tak sedikit mobil menggunakan rpm di kisaran angka tersebut. Untuk itu, saat tercapai angka tersebut, pengendara disarankan menggunakan gigi persneling yang lebih besar. Tentu saja hal ini tidak berlaku untuk mobil bertransmisi otomatis.

Sebaiknya Anda Tahu: Perbedaan Revolusi dan Rotasi

Revolusi dan rotasi tentu merupakan suatu hal yang berbeda. Revolusi adalah gerakan suatu benda secara melingkar yang mengililingi suatu titik pusat yang berada di luar benda tersebut, contohnya revolusi bumi mengelilingi matahari. Rotasi adalah gerakan suatu benda yang berputar mengelilingi suatu titik pusat yang berada di dalam benda tersebut, contohnya putaran gasing. RPM mesin adalah suatu besaran yang satuannya juga rpm (revolution per minute). Perlu  diketahui bahwa satuan rpm juga digunakan sebagai satuan putaran rotasi (rotation per minute). Kecepatan putaran mesin dinyatakan dalam rpm (revolution per minute) sedangkan kecepatan putaran kipas radiator dan kecepatan putaran roda juga dinyatakan dalam rpm (rotation per minute).

Kerusakan saat RPM menyentuh Red Line

Mengoperasikan mesin hingga rpm menembus garis atau tanda merah seperti di atas 6000 rpm dapat menyebabkan overlap pada klep in dan klep out. Klep in dan klep out bisa terlambat menutup sehingga bibir klep yang saling berbenturan tidak dapat terhindarkan. Benturan bibir klep ini dapat membuat klep lancip serta kompresi bocor karena per tidak bisa mengikuti kecepatan klep, dampak terparah bisa terjadi pada piston yang akan mengalami kerusakan.

 

© alatuji.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *