October 19, 2018
Perbaikan dan Perawatan Mobil

Power Window Bermasalah Padahal Mobil Masih Baru? Ini Solusinya!

Jakarta, BeliOnderdil.com— Perkembangan zaman membuat dunia otomotif juga ikut berinovasi. Industri otomotif terus menciptakan fitur demi meningkatkan kepuasan konsumen. Tentunya dari segi keamanan dan juga kenyamanan. Dua faktor tersebut yang membuat dunia otomotif terus berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk konsumen. Salah satunya adalah kaca mobil otomatis. Tapi, belakangan ini banyak kasus tentang power window yang bermasalah, padahal mobil tersebut masih dalam keadaan baru. Sebenarnya apasih yang membuat power window bermasalah? Dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk! Simak penjelasan dibawah ini.

Beberapa kasus power window akan bermasalah setelah kaca terlihat lambat naik-turun. Hal ini biasa dirasakan oleh pemilik baru. Karena letaknya terlindungi dibalik pintu, sehingga susah bagi mereka untuk merawat dan mengecek. Akibatnya, masalah tersebut diabaikan hingga akhirnya semakin tak terawat. Tapi, jangan khawatir, ada cara mudah merawat bagian mobil satu ini, berikut caranya :

Pertama, bongkar terlebih dahulu rumah power window agar dapat mengetahui 3 unit yang terdiri dari motor penggerak, rel bergerigi dan relay elektronik. Ingat! pintu dirancang untuk tidak terpengaruh air sehingga saat membuka, jangan sampai motor penggerak power window jauh dari air.

Yang kedua, Periksa kondisi rel kaca pintu terutama bagian karet penjepitnya. Jika karet telah dalam keadaan mengeras, dapat menghambat laju naik turunnya kaca mobil. Khusus pada bagian ini, dapat diperbaharui dengan mengoleskan cairan silikon. Tetapi jika karet kaca pintu sudah retak, tandanya  tak ada pilihan lain selain diganti dengan yang baru.

Selanjutnya, perhatikan kondisi kaca saat naik turun. Jika ketika kaca naik terlihat lambat, bisa jadi motor listrik pemutar engkol lemah. Sedangkan jika kaca melambat saat turun, mungkin ditimbulkan oleh mekanisme gerigi dan rel kaca bagian dalam.

Dan yang terakhir, jika terdengar suara gemuruh saat kaca beroperasi, maka pangkal masalah dari kurang pelumas pada roda gerigi dan mekanisme motornya.

Cara tersebut memang terlihat sulit, tapi jika Anda sudah mencobanya dipastikan Anda lebih paham cara merawatnya. Untuk pengendara pemula, ada baiknya saat power window tersebut bermasalah, Anda bisa datang ke bengkel resmi untuk menanyakan masalah yang terjadi. Apalagi, jika keadaan mobil masih baru. Tentunya asuransi dapat berlaku jika terjadi kerusakan tersebut.

Merawat kendaraan memanglah penting. Karena, kenyamanan akan terganggu jika sedang mengendarai mobil yang bermasalah, walaupun hanya pada power window-nya. Tapi, jika musim hujan telah tiba, hal sepele tersebut tentunya akan berdampak sangat besar untuk Anda. Jadi, mulailah rawat setiap komponen kendaraan Anda, agar tetap nyaman saat berkendara.

©rumahbengkel.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *