September 25, 2018
Oto Tips

Perbedaan Knocking pada Mesin Diesel dan Mesin Mobil

© mech4study.com

© mech4study.com

Jakarta, BeliOnderdil.comMesin mobil yang ngelitik atau dalam bahasa tekniknya dikenal dengan istilah knocking dapat mempengaruhi komponen di dalam ruang mesin menjadi rentan mengalami kerusakan, terkhusus pada berbagai komponen di ruang bakar seperti piston, ring piston, dinding silinder atau cylinder line yang kinerjanya akan menurun.

Penyebab dari mesin mobil ngelitik pun berbeda antara mobil bermesin diesel dengan mobil bermesin bensin bila dilihat dari bahan bakar yang digunakan serta proses terjadinya knocking atau ngelitik ini. Untuk lebih jelasnya, Blog BeliOnderdil telah mengulas perbedaan knocking pada mesin diesel dan juga bensin dikutip dari automotivexist. Berikut ulasannya :

  1. Knocking pada Mesin Diesel

Mesin diesel yang mengalami knocking dapat terjadi karena suatu penyebab yakni penggunaan bahan bakar solar dengan angka cetane yang terlalu rendah, karena semakin rendah angka cetane pada bahan bakar solar, maka semakin sulit bahan bakar tersebut untuk terbakar dengan sendirinya. Sebaliknya, semakin tinggi nilai cetane pada solar maka tentunya akan semakin bagus untuk digunakan di mesin diesel, hal ini dikarenakan bahan bakar tersebut akan lebih mudah terbakar di dalam ruang mesin.

Mesin diesel pun juga memiliki cara kerja yang berbeda dengan mesin bensin. Dalam sistem pembakaran, mesin bensin membutuhkan sebuah busi sebagai pemantik nyala api, sedangkan mesin diesel hanya mengandalkan kompresi mesin yang tinggi, dimana kompresi mesin yang tinggi tersebut akan membuat ruang bakar menjadi panas dan secara otomatis bahan bakar akan terbakar dengan sendirinya.

Terjadinya proses knocking pada mesin diesel bermula ketika terjadi langkah kompresi pada piston sampai dengan piston menyentuh titik mati atas atau TMA, bahan bakar solar yang terdapat pada mesin diesel tersebut tidak kunjung terbakar karena memiliki angka cetane yang rendah. Proses pembakaran pada mesin diesel yang terlambat tersebutlah merupakan akar penyebab mesin mengalami knocking. Untuk itu, agar mobil bermesin diesel yang Anda milikki tidak mengalami knocking, gunakan bahan bakar yang memiliki nilai cetane tinggi.

  1. Knocking pada Mesin Bensin

Berikutnya, untuk penyebab knocking pada mesin bensin ini kebalikan dari knocking yang terjadi pada mesin diesel. Jika pada mesin diesel penggunaan bahan bakar dengan angka cetane yang terlalu rendah, maka pada mobil bermesin bensin knocking terjadi akibat penggunaan bahan bakar yang memiliki niali oktan rendah, dimana semakin rendah nilai oktan maka bahan bakar bensin ini akan semakin mudah terbakar. Ketika terjadi langkah kompresi pada kendaraan bermesin bensin, maka suhu di dalam ruang bakar akan memanas, karena bahan bakar yang digunakan memiliki angka oktan yang rendah, bahan bakar tersebut terlebih dahulu terbakar dengan sendirinya tanpa bantuan percikan api dari busi, hal ini dapat menimbulkan terjadinya ledakan tenaga dimana langkah piston masih belum menyentuh titik mati atas atau TMA dan busi belum menyala. Proses pembakaran yang terlalu cepat inilah merupakan penyebab terjadinya knocking.

Untuk menghindari terjadinya knocking pada kendaraan bermesin bensin, penting bagi Anda untuk menggunakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan tinggi atau bahan bakar dengan nilai oktan yang disarankan oleh produsen mobil Anda. Perlu Anda ketahui, semakin tinggi nilai oktan bahan bakar bensin, maka semakin sulit bahan bakar tersebut untuk terbakar sendiri sehingga bahan bakar beroktan tinggi ini bagus digunakan dan tentunya mesin akan terhindar dari knocking.

Kesimpulan dari perbedaan knocking yang terjadi pada mesin diesel dan juga bensin ialah :

  • Mesin Diesel

Penggunaan bahan bakar solar dengan angka cetane yang rendah membuat bahan bakar sulit untuk terbakar, alhasil knocking pun terjadi.

  • Mesin bensin

Penggunaan bahan bakar bensin dengan angka oktan yang rendah membuat bahan bakar mudah untuk terbakar, alhasil knocking pun terjadi.


Demikian informasi mengenai penyebab knocking atau ngelitik pada kendaraan bermesin diesel dan bensin. Perlu bagi Anda untuk memastikan bahwa kendaraan yang dimiliki telah menggunakan bahan bakar yang disarankan demi terjaganya kondisi mesin mobil agar lebih awet dan bebas ngelitik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

© Automotivexist

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *