December 15, 2018
Oto Tips

Perawatan Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap

Tanpa disadari cat mobil sebenarnya dapat mencermikan salah satu identitas diri pemiliknya. Salah satu contohnya yaitu pada warna cat putih yang berkesan bersih juga elegan, warna silver dapat memberi kesan yang enerjik dan praktis, warna merah yang terkesan berani dan kesan warna-warna lainnya. Namun, warna itu tak akan terlihat menarik dan bersih jika kondisi catnya sudah pudar, usang bahkan kotor.

Hal yang penting untuk Anda ketahui agar bodi mobil tetap dalam kondisi terbaiknya ialah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab cat mobil Anda menjadi cepat pudar. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi diantaranya :

  1. Debu

Debu yang menempel pada bodi memang seharusnya dibersihkan agar kendaraan tidak terlihat kotor. Akan tetapi membersihkan debu dengan cara yang salah justru dapat menimbulkan baret atau munculnya gores rambut pada bodi mobil. Untuk itu, perhatikan dengan benar cara yang harus Anda lakukan untuk menyingkirkan debu.

Membersihkan debu dapat dilakukan dengan menyiram mobil terlebih dahulu menggunakan air dengan tekanan yang tinggi sehingga debu yang membandel akan lebih cepat menghilang, setelah itu Anda dapat lap bodi mobil yang terkena debu hingga bersih.

  1. Air

Banyak orang menggunakan air untuk mencuci dan membersihkan bodi kendaraan yang kotor. Namun air dapat menjadi sumber masalah serius yang dapat membuat cat mobil menjadi kusam dan pudar. Air yang mongering dengan sendirinya di permukaan cat mobil dapat membuat warna cat memudar sehingga timbulnya jamur. Untuk itu, segeralah mengelap air dari bodi mobil sampai bersih.

  1. Kotoran hewan.

Kotoran hewan juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan cat mobil cepat pudar khususnya kotoran burung dan serangga yang memang kerap mengenai bodi mobil. Jika hal itu terjadi, segeralah bersihkan kotoran tersebut dan jangan menunda-nunda pembersihan. Kotoran hewan yang mengandung senyawa kimia dapat bereaksi pada cat sehingga membuatnya pudar. Awalnya mungkin hanya berupa bercak, namun setelah itu akan susah untuk dihilangkan.

  1. Getah pohon

Banyak sekali kita melihat pengendara mobil yang memarkirkan kendaraan di bawah pohon agar tak terkena sinar matahari langsung. Tetapi hal ini justru menjadi ancaman, karena dapat membuat getah pohon jatuh dan menempel di bodi mobil. Getah pohon terkenal sangat mudah lengket dan sulit untuk dibersihkan jika sudah mengering. Dalam waktu lama, getah akan bereaksi dengan cat mobil dan akan sulit dihilangkan meski cat sudah dipoles sekalipun.

Setelah Anda mengetahui beberapa partikel yang membuat cat mobil cepat pudar, Anda perlu memahami cara merawat cat mobil dengan baik dan benar agar tetap dalam kondisi bersih dan mengkilap. Lakukanlah perawatan bodi mobil secara rutin. Berikut ini tips mudah untuk merawat cat mobil Anda :

 

  • Hindari panasnya cahaya matahari yang berlebihan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk merawat cat mobil ialah melindungi bodi mobil Anda dari pancaran sinar matahari langsung. Cat mobil akan berpotensi lebih cepat kusam jika terkena sinar matahari yang begitu panas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan sarung cover mobil untuk menjaga cat berserta bodi mobil, atau pilihlah tempat yang teduh jika Anda ingin memarkirkan mobil.

 

  • Membersihkan partikel kotoran yang berada di bodi mobil

Bersihkanlah dedaunan yang melekat pada bodi. Daun adalah benda biologis yang jika mati dapat membuahkan asam. Bila tidak lekas dibersihkan, asam hadir dari sistem biologis daun dapat meninggalkan sisa yang permanen serta meninggalkan noda pada bodi mobil.

 

  • Perlunya memakai cairan pembersih khusus mobil

Selain melindungi cat mobil dari sinar matahari, Anda juga perlu mencuci mobil secara rutin menggunakan sampo khusus yang dapat membersihkan cat mobil secara total. Jangan sesekali Anda menggunakan sabun atau detergen untuk mencuci mobil karena dapat membuat bodi mobil terlihat kusam. Pilih sampo khusus untuk mencuci mobil yang memiliki kandungan zat khusus untuk menjaga penampilan cat mobil agar tetap terlihat mengkilap.

 

  • Pemakaian lap yang halus dan lembut

Setelah mencuci mobil gunakan lap yang halus dan lembut agar lebih cepat kering. Cat mobil akan tetap sempurna dan tidak tergores jika Anda menggunakan bahan lap yang halus dan juga lembut.

 

  • Mengompon bodi mobil

Kompon mobil telah banyak dilakukan oleh para pemilik mobil untuk menjaga performa cat mobilnya, Anda dapat melakukan kompon bodi mobil secara berkala, mengkompon bodi mobil ini hanya dapat Anda lakukan pada bagian mobil yang terdapat kotoran atau goresan.

Proses kompon yang Anda lakukan dengan benar dan juga rutin dapat menjadikan bodi mobil Anda terkhusus cat akan terlihat mengkilap tanpa kotoran atau goresan yang menempel, selain itu performa mobil Anda juga akan terlihat lebih bergaya,

 

  • Hindari menutup mobil dalam keadaan basah

Telah dijelaskan pada tips pertama bahwa cover mobil dapat Anda gunakan untuk menjaga mobil dari paparan sinar matahari agar cat mobil tetap terjaga, namun yang harus Anda ketahui, sarung cover mobil dengan kondisi yang basah dan lembab jangan Anda gunakan untuk menutupi bodi mobil, hal tersebut dapat membuat warna cat mobil luntur. Untuk itu, pastikan sarung cover mobil sedang dalam kondisi yang kering.

 

  • Beri perlindungan ketika ingin memarkir mobil di malam hari

Tips terakhir untuk merawat cat mobil ialah lakukan perlindungan terhadap bodi mobil ketika memarkirnya di malam hari, Anda perlu melindungi mobil menggunakan sarung cover mobil agar cat mobil tak mengalami retakan halus akibat terparkir di dinginnya udara malam yang bisa membuat mobil dihinggapi embun. Gunakan sarung cover mobil yang dapat menyerap air dengan optimal, pemakaian komponen tersebut juga dapat melindungi mobil Anda dari gesekan benda yang dapat membuat cat mobil tergores.

 

© MekanikMitsubishi

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *