June 19, 2018
Instalasi Suku Cadang Oto Tips

Penyebab Rem Cakram Mobil Macet Beserta Tips Perawatannya

Disc Brake © ShutterStock

Disc Brake ©ShutterStock

Rem cakram atau dengan nama lain disc brake merupakan suatu sistem rem kendaraan yang berfungsi untuk membuat sistem rem semakin efektif.

Seiring dengan seringnya pemakaian kendaraan, tentu saja berbagai komponen mobil tak luput dari indikasi kerusakan, begitupun dengan rem cakram yang dapat bermasalah karena beberapa penyebab. Salah satu permasalahan yang kian terjadi pada komponen satu ini ialah macetnya rem cakram depan kendaraaan. Pada umumnya, rem yang macet dapat dirasakan dengan berbagai gejala seperti mobil yang cenderung bergerak ke salah satu sisi, timbulnya bau gosong karena gesekan yang dipaksakan antara piringan dan kampas rem, serta beratnya tarikan mesin.

Terdapat berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kondisi terkini rem cakram kendaraan, simak ulasan berikut ini :

  1. Pertama-tama Anda memerlukan dongkrak untuk mengangkat kendaraan. Dongkrak bagian depan kendaraan Anda sampai roda depan terangkat, pastikan Anda menarik hand rem serta mengganjal ban belakang.

  1. Putar roda depan baik sisi kanan dan kiri untuk memastikan apakah terdapat komponen yang macet. Kondisi rem dapat dikatakan baik-baik saja ketika roda dapat berputar dengan lembut tanpa ada halangan.

  1. Jika roda yang diputar macet, perlu bagi Anda untuk membongkarnya untuk melakukan pemeriksaan lebih dalam di setiap komponen yang mengakibatkan rem cakram macet.

Penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai komponen yang menjadi penyebab utama rem cakram mengalami kemacetan. Berikut uraiannya :

  • Piston rem berkarat
shutterstock_115165765

Piston Mobil ©ShutterStock

Piston rem yang macet karena berkarat atau rusak tentu dapat berdampak pada kinerja rem cakram. Piston dapat berkarat dikarenakan seal kaliper rem yang sudah rusak membuat air dapat memasuki ruang piston yang mengakibatkan macet. Piston rem yang tetap bekerja dalam keadaan tersebut tentu dapat membuat komponen satu ini mengalami keausan. Cara perbaikan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini ialah melakukan pemeriksaan pada piston sampai dengan melakukan penggantian pada piston.

Anda dapat melakukan pemeriksaan apakah piston mengalami kemacetan atau tidak. Caranya cukup mudah, mulailah dengan melepas kampas rem cakram atau brake pad kemudian pasang kembali tanpa menggunakan kampas, untuk menguji piston-nya silahkan minta bantuan teman lain untuk menginjak pedal rem dengan halus sampai piston keluar. Selanjutnya coba dorong masuk menggunakan obeng, jika tidak dapat masuk berarti piston bermasalah.

  • Pen kaliper rem macet
caliper brake

Caliper Brake ©boards.straightdope

Pen kaliper atau pen utama dari konstruksi rem cakram ini memiliki fungsi sebagai tumpuan kaliper untuk bergerak maju dan mundur, jika kaliper mengalami kemacetan tentu saja komponen satu ini tidak dapat bergerak dengan fleksibel, akibatnya kaliper akan terus menekan piringan rem yang dapat menimbulkan kemacetan komponen. Kaliper yang macet dapat terjadi dikarenakan korosif yang disebabkan oleh kotoran dan air yang masuk.

Untuk melakukan pemeriksaan terhadap pen kaliper Anda dapat menggerakan rumah piston maju atau mundur, jika rumah piston tersebut tidak dapat bergerak bebas berarti pen kaliper bermasalah dan harus diganti.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk merawat rem cakram agar tetap dalam performa yang optimal?

Berdasarkan buku panduan servis biasanya tertera masa perawatan yang perlu dilakukan pada rem cakram mobil. Lakukan perawatan rem cakram setiap 10.000 km. Bersihkan cakram dan kampas rem dari kerikil dan kotoran kecil lainnya. Namun jika dirasa kondisi rem cakram tidak optimal lagi, lakukan segera perawatan walaupun jarak tempuh belum tercapai seperti pada buku panduan.

Selain itu, selain rutin dibersihkan, pastikan juga untuk selalu menggunakan kampas rem orisinal atau asli. Material kampas rem yang baik mampu mencengkeram kuat namun tetap lembut bagi piringan. Sehingga tidak abrasif atau mengikis permukaan piringan cakram mobil.


Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda, dan jangan lupa untuk melakukan perawatan terhadap rem cakram mobil dan komponen lainnya secara berkala juga rutin demi terjaganya keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Bagi Anda yang membutuhkan rem cakram mobil beserta komponennya yang berkualitas, jangan ragu untuk mengunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

© Otozones, Automotivexist

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *