August 21, 2018
Oto Tips Perbaikan dan Perawatan Mobil

Penyebab Lampu Mobil Berembun serta Cara Mengatasinya

Jakarta, BeliOnderdil.com—Di kala musim hujan seperti ini tak jarang para pengendara serta pemilik mobil mengalami permasalahan yang terjadi pada kendaraannya, salah satunya permasalahan yang kerap terjadi ialah embun yang memasuki ruang lampu mobil, hal ini sering terjadi pada mobil yang melaju di saat hujan deras ataupun melalui wilayah pegunungan yang dingin. Pada dasarnya, lampu depan yang berembun memang bisa hilang sendiri jika dibiarkan atau didiamkan dalam beberapa waktu, namun Anda membutuhkan waktu berhari-hari dan cuaca yang panas agar embun tersebut tak lagi mengendap di lampu utama mobil.

Lampu mobil yang berembun tentu dapat mengurangi sorot lampu sehingga dapat membahayakan pengemudi. Untuk itu jika lampu mobil Anda berembun, segeralah lakukan proses pembersihan lampu dari embun agar keamanan dan kenyamanan dalam berkendara selalu Anda dapatkan.

Permasalahan pada headlamp mobil ini tentu terjadi karena suatu penyebab. Penyebab utama headlamp atau lampu utama yang berembun yakni uap air. Kemudian, yang jadi permasalahan dan perlu Anda ketahui ialah dari mana uap air tersebut datang memasuki ruang lampu hingga terjebak di dalam. Terdapat beberapa peluang yang menyebabkan headlamp atau lampu depan mobil berembun, diantaranya ialah :

  • Terdapatnya celah di bagian bodi lampu
  • Kondisi karet soket bohlam yang sudah robek atau telah berada pada usia pemakaian yang cukup tua sehingga kurang rapat

  • Terdapat celah sempit pada sambungan mika lampu
  • Packing perekat headlamp kemungkinan tidak berada dalam kondisi yang prima sehingga terdapat celah.

Setelah mengetahui penyebab headlamp mobil yang berembun, penting bagi Anda untuk memahami pula cara membersihkan embun pada headlamp. Untuk itu, simak ulasan berikut ini :

Metode 1 : Cara membersihkan embun pada rumah lampu utama mobil

  1. Langkah pertama dalam metode ini Anda perlu membuka kap mesin terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk melihat bagian belakang dari rumah lampu.

  1. Berikutnya, Anda dapat melakukan pemeriksaan terhadap lubang udara yang berada di balik rumah lampu atau belakang rumah lampu, periksa apakah terdapat lubang udara yang tersumbat atau tidak, jika lubang tersumbat segera bersihkan agar tidak ada lagi kotoran yang menyumbat lubang udara tersebut.

  1. Setelah itu, embun dapat dikeluarkan melalui lampu sein, lakukan cara ini dengan melepas terlebih dahulu lampu sein searah jarum jam.

  1. Selanjutnya setelah lampu sein terlepas, hidupkan mobil seiring dengan memanasi mesin serta hidupkan pula headlamp atau lampu utama tersebut sekitar 20 menit agar embun dapat menguap lalu keluar melalui lampu sein.

  1. Terakhir, setelah Anda merasa embun telah menghilang dan lampu utama mobil sudah bersih, pasang kembali lampu sein sesuai dengan posisinya.

Metode 2 : Cara Membersihkan embun pada lampu utama mobil

Berbeda dari metode pertama, metode ini merupakan proses membersihkan headlamp yang berembun dengan cara mencopot langsung lampu tersebut kemudian melakukan pembersihan menggunakan lap, berikut langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama Anda perlu melepas headlamp atau lampu utama dari tempatnya, lepas dan bebaskan juga soket-soket lampu yang terpasang sehingga membuat Anda lebih mudah untuk membersihkannya.

  1. Lepas bohlam yang ada di rumah lampu hingga memiliki celah yang dapat dimasuki sebatang kayu seukuran jari kelingking.

  1. Berikutnya, gunakan kain yang halus dan bersih kemudian ikatkan pada ujung kayu lalu masukkan ke rumah lampu. Gunakan kain tersebut untuk mengelap air embun yang berada di rumah lampu hingga kain tersebut sudah basah, lakukan proses ini beberapa kali hingga embun menghilang.

  1. Selanjutnya, Anda dapat melakukan proses pengeringan menggunakan hair dryer(pengering rambut).

  1. Setelah lampu bersih dari embun, masukkan bohlam kemudian pasang kembali rumah lampu pada tempatnya beserta soket-soket yang dilepas sebelumnya.

Tips tambahan, perlu bagi Anda untuk memperhatikan ketika memasuki proses mengelap air, lakukanlah dengan hati-hati agar tidak merusak reflektor. Tak hanya itu, segera lakukan proses pembersihan jika lampu mobil Anda berembun karena embun yang terlalu lama di dalam dapat menyebabkan lampu mobil menguning lebih cepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

 

© mobilku.org , caraotomotif.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *