November 14, 2018
Oto Tips

Penyebab dan Gejala Kerusakan Gardan Mobil Serta Solusinya

Gardan atau dengan nama lain differential merupakan salah satu komponen atau bagian mobil yang memiliki fungsi begitu penting dalam kinerja kendaraan, berperan sebagai penggerak roda mobil sehingga mobil dapat berjalan atau dikendarai. Pola kerja seperti kecepatan dari gerakan gardan ditentukan oleh transmisi yang mana transmisi tersebut tersambung dengan mesin mobil yang berputar.

Gardan merupakan komponen yang terdiri dari beberapa gear di dalamnya dengan oli pelumas yang melengkapi. Oli pelumas disini memiliki fungsi untuk melumasi gigi atau gear tersebut agar tidak cepat mengalami keausan karena sistem kerja dari gardan yang harus selalu bergesekan antara bagian gear satunya dengan bagian gear yang lain.

Gardan juga memiliki urutan cara kerja yang perlu Anda ketahui, dimulai dari putaran mesin, kemudian putaran awal tersebut diteruskan oleh transmisi. Tugas dari transmisi ini ialah mengatur dan menentukan proses oper atau perpindahan gigi. Kemudian proses ini diteruskan oleh gardan yang akan membuat roda mobil kendaraan Anda dapat berputar dan berjalan.

Gardan dalam kendaraan memiliki bagian-bagian tersendiri antara lain :

  • Cincin dorong
  • Mur penyetel
  • Pinion penggerak
  • Roda gigi samping atau side gear
  • Cincin atau o-ring
  • Bantalan belakang
  • Pinion gear
  • Spaser
  • Tutup bantalan
  • Pengunci mur penyetel
  • Mur penyetel
  • Differential caarier
  • Penahan oli
  • Baut, dan masih banyak lagi.

Permasalahan tentu akan terjadi pada putaran roda ban mobil jikalau salah satu diantara bagian atau komponen gardan di atas mengalami gangguan berupa kerusakan dan sebagainya. Untuk itu, Blog Beli Onderdil akan memberikan informasi mengenai beberapa gejala dan kerusakan gardan mobil berserta solusinya. Cermati uraian berikut ini :

  1. Terdengarnya Suara yang Berdengung dan Bising

Bagi Anda pengguna mobil yang menggunakan penggerak roda bagian belakang, ketika mobil melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi, kemungkinan Anda akan mendengar suara yang berdengung dan berisik dengan kurun waktu yang cukup lama. Hal tersebut tentu akan terjadi jika gigi atau gear gardan sudah mengalami keausan. Disarankan bagi Anda untuk segera mengganti gigi gardan tersebut dengan yang baru agar bunyi dengung yang mengganggu aktivitas Anda berkendara akan segera hilang.

Tak hanya gigi gardan yang telah mengalami keausan, bunyi berdengung tersebut juga dapat terjadi jika jarak bebas antara gigi atau gear gardan yang satu dengan yang lainnya mengalami kelonggaran. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda hanya perlu menyetel ulang jarak bebas antara gigi gardan tersebut.

  1. Timbul Getaran pada Gardan

Apakah Anda pernah merasakan bergetarnya bagian gardan mobil ketika Anda sedang mengemudi mobil?. Getaran tersebut dapat saja terjadi karena laher gardan yang mengalami kerusakan atau sudah ambrol. Bergetarnya gardan mobil juga dapat terjadi dikarenakan oleh gear atau gigi gardan tersebut rusak akibat buruknya kualitas bahan atau juga bisa karena benturan yang sering terjadi.

  1. Kebocoran Oli Gardan

Gejala kerusakan gardan mobil yang terakhir ialah oli gardan yang mengalami kebocoran. Oli gardan yang bocor tentu dapat terjadi karena beberapa penyebab antara lain :

  • Penyebab pertama ialah pada bagian baut tap oli gardan yang berfungsi untuk mengeluarkan oli gardan tersebut. Kebocoran oli tentu akan terjadi akibat kurang kencangnya baut ketika dipasang atau drat baut yang bisa saja telah mengalami keausan namun tetap dipaksa untuk dipasang.
  • Penyebab kedua ialah packing gardan. Anda membutuhkan lem untuk menyatukan antara selongsong gardan dengan gardan. Tidak ratanya pemberian lem pada gardan tersebut berpotensi sebagai penyebab terjadinya kebocoran pada oli gardan.
  • Selain dua penyebab di atas, oli gardan juga dapat mengalami kebocoran ketika seal pinion yang telah mengalami keausan atau dapat juga karena karet pada seal pinion tersebut telah robek atau bahkan sudah rusak.
  • Penyebab terakhir ialah terjadinya permasalahan pada bagian seal roda bagian belakang khusus untuk mobil yang menggunakan penggerak roda bagian belakang.

 

Dengan mengetahui berbagai gejala gardan mobil yang mengalami kerusakan, tentu tak ada alasan lagi bagi Anda untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan terhadap komponen satu ini secara rutin. Namun, bagi Anda yang gardan mobilnya sudah terlanjur mengalami kerusakan, penggantian dan pemilihan komponen baru yang berkualitas penting untuk Anda lakukan. Tak perlu susah untuk mencari tempat yang menyediakan gardan mobil beserta komponennya, karena di BeliOnderdil Anda dapat menemukan segala kebutuhan suku cadang dengan kualitas yang mumpuni. Segera kunjungi BeliOnderdil sekarang juga.

© MekanikMitsubishi

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *