August 21, 2018
Oto Tips

Penyebab Cylinder Head Mobil yang Bermasalah Serta Solusinya

Cylinder head atau kepala silinder merupakan salah satu komponen mobil yang terbilang penting dimana fungsinya sebagai tempat proses pembakaran. Tak hanya itu, cylinder mobil juga merupakan tempat katup buang serta hisap dan sebagai tempat busi untuk melakukan pembakaran. Cylinder head memiliki bagian katup yang berbeda-beda, ada yang memiliki 8 buah, 12 buah, serta 16 buah.

Jumlah katup pada kepala silinder mobil tersebut tergantung dan menyesuaikan teknologi serta kebutuhan masing-masing kendaraan. Namun, pada umumnya masing-masing kendaraan memiliki kelemahan yang tak sama, khususnya pada bagian komponen mobil tersebut. Tugasnya yang begitu berat membuat cylinder head mobil sering dan sangat rentan sekali mengalami kerusakan atau permasalahan.

Berikut ini, Blog BeliOnderdil akan memberikan informasi mengenai beberapa penyebab dan masalah yang sering terjadi atau dialami pada bagian cylinder head mobil, berserta solusi yang dapat Anda lakukan. Simak ulasan berikut ini :

  • Bocornya Katup Cylinder Head Mobil

Klep atau katup cylinder head mobil tentu dapat mengalami kebocoran karena telah aus. Bocornya klep atau katup cylinder head dapat berpengaruh pada bagian kompresi mobil.

Katup yang mengalami kebocoran dapat berakibat pada kinerja mesin mobil yang menurun. Katup atau klep pada cylinder head akan mengalami keausan jika saling berbenturan secara terus menerus.

  • Cylinder Head Memuai

Cylinder head juga dapat mengalami pemuaian yang dikarenakan oleh mesin yang sudah begitu panas. Mesin akan memanas yang disebabkan oleh pendingin mesin yang telah mati atau kekurangan air pendingin. Memuainya cylinder head akan berakibat pada air radiator dan oli yang akan menyatu atau tercampur, dikarenakan antara blok mesin dan juga cylinder head yang memuai tersebut.

Ketika cylinder head memuai, air akan memasuki lubang-lubang oli dan oli pun juga akan memasuki lubang air pada mobil. Untuk menghindari kejadian satu ini, Anda perlu memeriksa kondisi air radiator dan juga mesin pendingin mobil secara rutin. Khusus bagi Anda pengendara yang suka dan sering melakukan perjalanan jauh. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu membuat permukaan bagian cylinder head mobil tersebut agar rata kembali.

  • Rusaknya Packing Bagian Cylinder Head Mobil

Tak hanya dapat memuai dan mengakibatkan tercampurnya oli dan air radiator, packing cylinder head yang mengalami kerusakan juga dapat membuat oli dan air tercampur.  Packing cylinder head dapat mengalami kerusakan ketika sudah terlalu lama dipakai atau terjadinya proses pemasangan yang salah. Segeralah ganti komponen yang baru jika packing cylinder head mobil Anda telah terindikasi kerusakan.

  • Cylinder Head Mengalami Keretakan

Retaknya cylinder head mobil juga merupakan permasalahan umum yang sering terjadi pada komponen satu ini. Mesin yang terlalu panas karena kurangnya proses pendinginan pada bagian mesin merupakan penyebab rusaknya cylinder head mobil.

Setelah Anda mengetahui bahwa mesin yang mengalami overheating atau terlalu panas akan berakibat pada rusaknya cylinder head mobil. Perlu bagi Anda untuk mengetahui cara memeriksa gasket cylinder head mobil agar terhindar dari rusaknya cylinder head tersebut. Kali ini, Blog BeliOnderdil telah merangkum cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa gasket cylinder head mobil :

  1. Pemeriksaan secara visual
  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk memeriksa kebocoran gasket cylinder head mesin ialah pemeriksaan secara visual. Cara ini dapat digunakan dengan menghidupkan mesin terlebih dahulu sampai suhu kerja mesin atau sampai thermostat terbuka dengan posisi tutup radiator yang juga dalam keadaan terbuka. Anda perlu memperhatikan air yang berada di radiator, akan terlihat gelembung udara yang terus menerus. Hal ini tentu akan Anda temui karena telah terjadi kebocoran pada packing antara silinder dengan water jacket. Jika kebocoran terlalu besar, gas mesin akan menyembur air dari radiator ke atas.
  • Selain langkah di atas, Anda dapat memeriksa air radiator. Jika Anda menemukan oli dalam air radiator, hal ini menandakan terjadinya kebocoran antara saluran oli dan air.
  • Langkah alternatif lainnya ketika Anda memeriksa oli mesin ialah perhatikan stik oli, Apabila warna oli berubah menjadi coklat susu, hal ini juga menandakan packing mengalami kebocoran.
  • Langkah terakhir bagi Anda untuk memeriksa secara visual ialah melihat kondisi ruang bakar melalui warna busi yang terlihat basah oleh air.
  1. Menggunakan Alat atau Radiator Tester

Untuk memeriksa kebocoran gasket cylinder head mesin, Anda juga dapat menggunakan radiator tester. Apabila Anda memompa radiator hingga tekanan pada skala radiator leak tester sampai 157 kpa atau 1.5 kg/cm2 atau 23 psi, maka tidak terdapat bocor yang terlihat secara visual berupa tetesan air. Tetapi pada angka atau skala yang terdapat pada radiator tester akan terlihat turun secara perlahan yang mengindikasikan terdapat kebocoran. Hal ini tergantung sampai seberapa besar tingkat kebocoran pada packing cylinder head.

  1. Menggunakan Compression Tester

Ketika Anda melakukan pemeriksaan tekanan kompresi mesin menggunakan compression tester, Anda akan melihat tekanan kompresi yang kurang pada silinder yang terdapat kebocoran pada packing cylinder head dibanding cylinder yang lain.

Pada dasarnya, cylinder head mobil akan mengalami kerusakan atau bermasalah tergantung pada perawatan atau pemeriksaan dari pengguna mobil itu sendiri. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk merawat dan memeriksa rangkaian atau komponen mobil secara rutin dan juga teliti agar tidak berujung pada kerusakan rangkaian atau komponen tersebut yang menganggu aktivitas berkendara Anda. Khusus untuk Anda yang membutuhkan cylinder head mesin mobil yang berkualitas, jangan ragu dan segera kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga!

© MekanikMitsubishi, Otomotrip

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *