November 14, 2018
Oto Tips

Penyebab Berbagai Permasalahan Setir Kemudi Mobil

© ShutterStock

© ShutterStock

Sistem kemudi ialah sistem yang berperan sangat penting dalam kendaraan. Fungsinya adalah, untuk mengarahkan dan membelokkan kendaraan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, setir kemudi tidak hanya sekedar untuk merubah arah kendaraan saja, tetapi juga harus memiliki kenyamanan dan menunjang keamanan saat berkendara seperti ditambahnya fitur kontrol audio di setir, merubah transmisi di setir, saat ini pun setir (steering) juga merupakan tempat untuk meletakkan air bags sebagai fitur keamanan.

Terlepas dari semua fungsi dan beberapa fitur tersebut, setir tetap memiliki masalah dasar yang sering dialami oleh para pengemudi, hal ini dapat terjadi mengingat setir merupakan komponen yang tidak bekerja sendiri tetapi berhubungan dengan sistem kemudi lainnya seperti long tie rod, steering rack, steering coloum dan sebagainya.

Terdapat berbagai masalah yang sering terjadi pada setir kemudi mobil. Kali ini Blog BeliOnderdil akan mengulasi berbagai penyebab dari masalah-masalah pada setir mobil. Simak ulasan berikut ini :

  1. Setir terasa berat

Ketika Anda mengalami kejadian satu ini, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah mobil Anda menggunakan power steering atau manual. Bagi Anda yang mengaplikasikan power steering dalam sistem kemudi, kemungkinan masalah ini terjadi disebabkan oleh minyak power steering yang telah habis karena mengalami kebocoran, minyak yang habis tentu membuat kinerja setir akan terganggu. Penyebab lain ialah pompa power steering yang tidak dapat beroperasi karena macet, mengalami keausan, atau putusnya komponen fan belt yang menggerakkan puli pompa.

power steering

Power Steering System

Bagi Anda pengguna atau pemilik kendaraan yang tidak menggunakan power steering, permasalahan ini dapat terjadi karena setelan di bagian steering gear terlalu kencang atau terjadi kemacetan, hal ini mengharuskan Anda untuk memeriksa komponen tersebut sesegera mungkin. Lakukan pemeriksaan dengan cara mendongkrak mobil bagian depan terlebih dahulu sampai roda kanan dan kiri terangkat, cobalah putar kedua roda tersebut, jika terasa berat maka rangkaian steering rack perlu dibongkar atau disetel kembali.

  1. Setir goyang atau Tidak stabil
power-rack-and-pinion-3

Rack And Pinion ©autoservicecosts.com

Setir yang goyang atau tidak stabil ketika digunakan dengan kecepatan kendaraan yang terbilang tinggi dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

  • Setelan steering rack ke pinion merenggang
  • Adanya link penguhubung yang sudah mengalami keausan (Steering linkage)
  • Waktunya untuk melakukan spooring dan balancing

Ketika permasalahan ini terjadi pada kendaraan, Anda dapat memeriksa link penghubung ke roda-roda yang sudah mengalami keausan dan lakukanlah spooring balancing roda.

  1. Setir Berat Sebelah (Salah satu sisi)

Permasalahan ini dapat terjadi disebabkan oleh salah satu sisi roda yang tidak tepat, untuk itu Anda perlu memeriksa satu persatu, diantaranya:

  • Pastikan tekanan ban kanan dan kiri sama.
  • Periksa apakah terdapat rem yang macet. Rem yang macet dapat membuat setir cenderung menarik ke satu arah.
  • Periksa apakah terdapat komponen penghubung yang telah mengalami keausan.
  • Setelah semua komponen di atas telah diperiksa dan dipastikan tidak bermasalah, periksalah spooring dan perbaiki setelan spooring.
  1. Setir Bergetar

Setir yang bergetar dapat disebabkan oleh getaran roda ban yang merambat ke setir, solusinya ialah Anda harus memeriksa kondisi kerataan ban dan juga velg, perlu bagi Anda untuk memeriksa keolengan velg menggunakan mesin balance. Pada intinya, disarankan bagi Anda untuk segera melakukan proses balancing.

  1. Setir Mengeluarkan Bunyi
rear-wheel-drive-layout

Drive Shaft ©carid.com

Mungkin salah satu dari Anda pernah mengalami permasalahan dimana setir kemudi mengeluarkan bunyi yang cukup berisik ketika ingin berbelok. Kemungkinan terbesar penyebabnya berasal dari drive shaft. Drive shaft merupakan komponen yang menghubungkan transmisi dengan roda-roda, drive shaft dapat bergerak baik memanjang dan memendek sesuai gerakan kemudi.

Drive shaft memiliki komponen berupa joint yang bergerak fleksibel dan tetap berputar, jika komponen satu ini mengalami keausan atau kekurangan pelumas tentu saja dapat berdampak pada setir kemudi mobil yang akan menimbulkan bunyi-bunyi. Untuk mengatasi permasalahan ini Anda perlu membongkar, membersihkan serta memeriksa secara visual.

  1. Setir Miring atau Tidak Center

Setir miring bisa saja terjadi bagi kendaraan yang telah melakukan spooring dan lupa meluruskan posisi setir, hal ini terjadi karena spooring merupakan proses meluruskan posisi roda tetapi tidak meluruskan posisi setir. Untuk meluruskannya Anda dapat membaca artikel Blog BeliOnderdil mengenai Cara Memperbaiki Posisi Setir Kemudi yang Miring.


Demikian informasi dari Blog Belionderdil mengenai beberapa masalah yang sering terjadi pada setir mobil, jika Anda mengalami masalah seperti ini sebaiknya lakukan pemeriksaan mobil di bengkel resmi untuk mendapatkan informasi dan penanganan yang lebih profesional. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan setiap komponen suku cadang mobil Anda, pastikan seluruh komponen yang terdapat pada mobil Anda merupakan komponen yang berkualitas. Segera kunjungi BeliOnderdil untuk mendapatkan komponen suku cadang mobil yang berkualitas dengan harga terbaik.

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *