August 21, 2018
Perbaikan dan Perawatan Mobil

Pentingnya Merawat Pompa Power Steering Mobil

Jakarta, BeliOnderdil.com—Saat ini hampir setiap kendaraan telah mengaplikasikan sistem power steering untuk sistem kemudinya, power steering sendiri berfungsi untuk meringankan kerja pengemudi dalam membelokkan roda. Di kesempatan kali ini Blog BeliOnderdil akan membahas salah satu komponen dari power steering yakni pompa power steering.

Secara umum pompa memiliki fungsi untuk memompa, menekan, mensirkulasikan dan lain sebagainya, namun pada power steering, pompa ini berfungsi untuk membangkitkan tekanan hidrolik yang diperlukan untuk tekanan kerja. Memiliki fungsi yang begitu signifikan terhadap kinerja power steering mobil, pompa power steering tentunya perlu untuk selalu berada dalam kondisi yang optimal.

Mengenai perawatan pompa power steering, saat ini tak sedikit orang yang belum paham betul bagaimana cara merawat pompa power steering dengan benar. Biasanya kebanyakan orang mengetahui kondisi pompa power steeringnya masih baik-baik saja dengan patokan selama permukaan minyak power steering masih cukup atau tidak kurang.

Penggantian minyak atau oli pompa power steering pun perlu untuk dilakukan secara rutin dengan waktu ideal setidaknya setiap mobil menempuh jarak 20.000 km, selain itu perlu bagi pengendara untuk memeriksa apakah terdapat kebocoran di sekitar pompa power steering. Jika terdapat kebocoran meski hanya berupa rembesan, hal ini tetap akan merugikan karena tetesan atau rembesan minyak power steering tersebut akan membasahi puli kompresor ac yang berada persis di bawah pompa power steering, puli kompresor yang terkena minyak power steering tersebut bisa saja mengalami selip dan mengalami kerusakan.

Jika dalam pemeriksaan pompa power steering Anda menemukan adanya tanda-tanda kebocoran yang terlihat di salah satu bagian pompa power steering seperti adanya tetesan minyak power steering, ini merupakan ciri-ciri seal pompa power steering yang perlu diganti.

Melakukan penggantial seal pompa power steering juga mengharuskan Anda untuk mengganti oli atau minyak komponen satu ini. Setiap mobil pun memiliki kebutuhan oli power steering yang berbeda-beda. Dalam pemilihan oli pompa power steering yang baru, penting untuk sang pengendara sekaligus pemilik mobil untuk memilih oli yang berkualitas mumpuni yang dapat merawat bagian-bagian seal karet dari kebocoran dan juga memiliki daya tahan kompresi oli yang sangat tinggi yang memang dibutuhkan oleh alat hidrolik seperti dalam sistem power steering, alhasil kinerja oli atau minyak power steering ini akan sangat bagus dan berefek langsung terhadap rasa kemudi yang lebih ringan. Begitu pun dalam penggantian seal pompa power steering, perlu bagi Anda untuk mengetahui spesifikasi dari pompa tersebut dan berapa banyak seal pengganti yang dibutuhkan, pastikan Anda memilih seal berkualitas dan lengkap.

Walaupun penggantian seal pompa power steering terlihat sederhana dimana Anda cukup memasangnya dengan tepat, namun Anda tetap harus berhati-hati sebab bagian dalam pompa power steering memiliki parts yang sangat presisi. Kesalahan pemasangan atau kecerobohan pemasangan akan berakibat pada pompa power steering yang tidak bisa bekerja normal. Dalam pompa power steering terdapat 10 buah bilah stainless steel yang bertugas memompa oli power steering, keausan bilah ini berakibat unit power steering berbunyi kasar dan tidak bekerja maksimal, untuk itu hati-hati dalam melakukan pemasangan kembali sebab tidak boleh terpasang terbalik.

Perawatan power steering yang dilakukan dengan tepat dan rutin tentu akan memperpanjang umur komponen power steering itu sendiri dan juga dapat membuat kinerja dari power steering selalu dalam kondisi prima hingga kemudi selalu terasa lebih ringan dan akurat.

© starlet2e.blogspot, kitapunya.net

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *