May 26, 2018
Oto Tips

Pentingnya Merawat dan Menyervis Mobil Secara Berkala

© ShutterStock

© ShutterStock

Servis berkala merupakan salah satu aktivitas merawat kendaraan yang terdiri dari pemeriksaan, penyetelan, dan juga penggantian parts sesuai kebutuhan yang dilakukan, setiap kurun waktu tertentu seperti 5.000 km atau 3 bulan  sekali, agar kendaraan tetap bekerja dengan baik dan tentunya dapat menjaga keamanan dan kenyamanan Anda ketika berkendara.

Terdapat beberapa manfaat juga keuntungan yang didapatkan apabila Anda melakukan perawatan berkala berbagai komponen mobil secara teratur :

  1. Kondisi kendaraan akan selalu dalam performa maksimal

Seiring dengan seringnya pemakaian kendaraan, komponen akan mengalami perubahan kondisi dan mengalami keausan yang tentu tak dapat dihindari. Seperti contoh, menipisnya kampas rem, busi menjadi aus, saringan udara menjadi kotor dan sebagainya. Pada saat melakukan perawatan berkala, maka komponen tersebut dibersihkan, atau dilakukan penyetelan. Jika ada part yang sekiranya sudah tidak bisa dipakai tentu akan dilakukan penggantian. Dengan demikian performa kendaraan akan selalu dalam titik maksimal.

  1. Berkendara menjadi lebih nyaman dan aman

Servis atau perawatan berkala yang dilakukan secara rutin tentu memiliki tujuan dimana Anda dapat mengetahui kondisi kendaraan yang sebenarnya secara menyeluruh. Hal ini penting karena pada kendaraan terdapat berbagai sistem yang saling terkait. Misalnya jika diketahui sistem rem bekerja dengan baik, maka Anda tidak was-was dalam mengendarai kendaraan. Dengan mengetahui kondisi kendaraan, aktivitas berkendara pun menjadi lebih nyaman dan aman sampai tempat tujuan.

  1. Mengurangi pembebanan biaya yang lebih besar

Saat servis berkala, berbagai kondisi komponen mobil tentu diperiksa secara menyeluruh. Apabila ditemukan ada komponen yang sudah rusak dan harus segera dilakukan penggantian, maka biasanya pihak bengkel akan memberikan informasi dan permintaan persetujuan. Hal ini adalah deteksi awal sebelum kerusakan menjadi lebih besar dan lebih banyak. Dengan mengetahui kondisi tersebut, maka Anda bisa mengatur pengeluaran terkait penggantian komponen yang rusak.

  1. Mengurangi resiko kendaraan tiba-tiba mogok diperjalanan

Ketika kendaraan tiba-tiba mogok saat perjalanan merupakan beban tersendiri bagi seorang pengendara. Hal ini akan lebih susah jika kita tidak mengetahui sistem di kendaraan. Ada banyak hal yang menyebabkan kendaraan tiba-tiba tidak mogok dan mesin yang tidak dapat menyala. Seperti contoh, kondisi aki sudah lemah, sistem pengisian tidak normal, plat kopling sudah habis, aliran bahan bakar tidak lancar dan sebagainya. Apabila kendaraan dilakukan perawatan berkala, maka hal-hal tersebut diatas dapat terdeteksi lebih awal, sehingga resiko mobil mogok dapat teratasi.

  1. Umur kendaraan menjadi lebih lama

Apabila kendaraan dirawat secara rutin, maka resiko akan adanya kerusakan yang lebih besar dapat diminimalisir. Hal ini menjadikan umur kendaraan menjadi lebih lama.

  1. Bagi kendaraan baru merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan claim warranty

Secara umum, bagi pemilik kendaraan baru, apabila masih dalam masa warranty ditemukan kerusakan pada kendaraan, maka pihak dealer akan melakukan penggantian part secara gratis baik part maupun jasa. Tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan agar claim-nya bisa diterima. Misalnya tidak melakukan modifikasi pada kendaraan, penggunaan kendaraan normal dan harus melakukan servis rutin di bengkel yang ditunjuk oleh dealer. Adapun syarat diterimanya warranty dan lama periode kendaraan tersebut dijamin waranty berbeda-beda tergantung merk dan produsen kendaraan. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke dealer tempat Anda membeli kendaraan tersebut.

  1. Mematuhi persyaratan peraturan yang berlaku

Secara umum, ada syarat dan aturan tertentu yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan untuk bisa mengemudikan kendaraan dijalan umum. Seperti melakukan uji emisi baik di dealer yang ditunjuk maupun di instansi pemerintah. Apabila kendaraan tidak dilakukan perawatan yang teratur, pasti akan sulit memenuhi aturan tersebut.

Item pemeriksaan dan penggantian komponen secara berkala bervariasi sesuai dengan bagaimana kondisi pengoperasian kendaraan. Ada beberapa item pemeriksaan dan penggantian komponen yang lebih singkat pada kendaraan yg beroperasi pada kondisi tidak normal dibanding dengan kondisi normal.

  • Kondisi normal : kendaraan dengan jarak tempuh kurang lebih 20.000 km pertahun pada kondisi jalan yang rata dan cara pengendaraan normal.

  • Kondisi tidak normal : kendaraan yang beroperasi pada kondisi jalan yang kasara dan berdebu, dan atau sering membawa beban yang berat, dan atau sering melakukan perjalanan singkat ( < 8 km) secara berulang-ulang.

Nah, itulah mengapa Anda harus rutin menyervis kendaraan sesuai dengan waktu yang ditentukan, kendaraan pun akan semakin maksimal jika dirawat secara rutin. Jika kendaraan bekerja dengan maksimal, tentu Anda akan senang mengendarainya. Simak tips lainnya hanya di Blog BeliOnderdil ya.

© tipsotomotif.com , otomotifinfo.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *