April 26, 2018
Oto Tips

Penggunaan Kopling Yang Salah? Boros Bahan Bakar!

 

Kopling mobil memiliki fungsi yang penting dalam rangkaian mobil, berperan sebagai penyambung putaran mesin ke bagian penggerak sistem atau transmisi mobil. Letak sistem kopling berada di antara transmisi dan mesin.

Saat ini masih banyak pengendara yang belum mengetahui bahwa penggunaan kopling yang tidak benar membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui teknik yang tepat untuk melakukan perpindahan kopling agar bahan bakar mobil tetap dalam kadar konsumsi normal dan tentu tidak merugikan diri Anda sendiri sebagai pemilik mobil.

BlogBeliOnderdil akan memberikan cara yang tepat untuk melakukan perpindahan kopling agar tidak memboroskan bahan bakar mobil Anda :

  1. Menekan kopling dengan sempurna

Cara penggunaan kopling dengan benar dapat mengurangi pemborosan konsumsi bahan bakar mobil, untuk itu Anda tentu harus mengetahui cara menggunakan kopling dengan benar dimana Anda harus menekan penuh bagian pedal kopling, hal ini agar roda gila (flywheel) dengan piringan kopling atau pelat dapat terpisah dengan sempurna. Menekan kopling dengan sempurna dapat memudahkan pengemudi dalam memindahkan atau memasukan tuas transmisi mobil.

  1. Tepatlah dalam menginjak pedal kopling

Selain penggunaan, perpindahan kopling yang tepat juga dapat membuat bahan bakar mobil Anda menjadi tidak boros. Injak pedal kopling dengan benar merupakan cara pemindahan kopling yang tepat. Anda dapat memindahkan tuas transmisi ketika ingin menginjak pedal kopling tersebut.

  1. Injakan pedal gas dengan kopling harus selaras

Setelah menginjak atau melakukan pemindahan kopling, cara melepaskan injakan kopling juga harus dengan benar, lepas injakan secara perlahan dan menyelaraskannya dengan pedal gas mobil yang juga Anda injak, hal ini dapat membuat kendaraan berjalan lebih halus. Selain itu hal yang harus Anda ketahui ialah, ketika mobil masih dalam kondisi berjalan, jangan mencoba-coba untuk menekan pedal kopling karena dapat menyebabkan keausan pada piringan kopling dan release bearing Anda.

Anda juga tidak boleh melakukan tekanan pada pedal kopling ketika mengalami kemacetan di daerah jalan yang menanjak, hal ini dapat membuat sistem kopling berisiko mengalami kerusakan. Fungsi penahan mesin dapat terganggu ketika mesin sering bergetar di saat mengalami kemacetan di daerah tanjakan, untuk itu aktifkan rem tangan ketika melalui jalan tersebut.

Selain teknik yang tepat ketika menggunakan kopling, Anda juga perlu merawatnya agar awet dan tidak boros akan bahan bakar. Berikut ini cara merawat kopling mobil dengan benar :

  1. Periksa secara rutin kadar minyak kopling mobil jangan sampai habis bahkan kosong.
  2. Jangan melakukan penekanan pada kopling dengan waktu yang cukup lama
  3. Disarankan untuk menginjak secara penuh bagian pedal kopling ketika melakukan pemindahan gigi
  4. Jaga selalu kondisi kopling, menyatunya bagian mesin dan pelat kopling membuat Anda perlu mencegah kopling agar tidak lengket atau justru akan berakibat pada tuas transmisi yang sulit dipindahkan. Lumpur yang masuk ke dalam sistem kopling merupakan faktor mengapa kopling mengalami kelengketan, untuk itu lakukanlah perawatan dengan rutin.

Setelah Anda mengetahui cara penggunaan kopling dengan benar beserta tips perawatannya serta menerapkan hal-hal tersebut ke dalam pengoperasian kopling mobil Anda, tentu segala macam risiko seperti konsumsi bahan bakar yang boros tak akan terjadi pada mobil kesayangan Anda.

 

© MekanikMitsubishi

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *