December 15, 2018
Instalasi Suku Cadang

Pengendara yang Cerdas: Memasang Kanvas Rem Sendiri

Kesibukan sehari-hari terkadang membuat Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, bahkan tidak semua showroom memiliki jam terbang pada akhir pekan. Perlu bagi setiap pengendara untuk dapat membetulkan atau memasang bagian dari rangkaian mobilnya sendiri, ketika tidak memungkinkan untuk membawanya ke bengkel.

Kali ini BeliOnderdil memberikan informasi menarik seputar instalasi kanvas rem, sehingga Anda bisa menjadi mekanik untuk mobil Anda sendiri!

Brake Pad atau kanvas rem merupakan salah satu rangkaian dari sistem pengereman yang memiliki peran penting terkhusus untuk kendaraan beroda empat. Keausan kanvas rem merupakan salah satu masalah yang sering terjadi, hal ini dapat mengakibatkan terganggunya proses pengereman. Jika Anda sudah sering mengalami hal tersebut, wajib bagi Anda untuk mengganti kanvas rem mobil.

Berikut ini cara-cara yang harus Anda lakukan untuk memasang kanvas rem yang baru setelah mengalami kerusakan :

  1. Pilih atau beli kanvas rem dengan tepat di tempat penjualan suku cadang terpercaya BeliOnderdil sesuai dengan merek, model, dan tahun pembuatan mobil. Agar pemakaian yang tahan lama, pilih kanvas rem dengan kualitas terbaik dengan menyesuaikan harga yang Anda inginkan.

 

  1. Tahap pertama untuk memasang brake pad atau kanvas rem ialah Anda harus memastikan bahwa mobil dalam keadaan dingin. Jangan sampai kaliper atau rotor yang panas dapat membahayakan Anda ketika disentuh.

 

  1. Selanjutnya Anda harus membuka kanvas rem. Lakukanlah pencopotan rangkaian yang bersangkutan mulai dari mengendurkan baut roda sekitar dua pertiga jalan, mendongkrak mobil dengan hati-hati, melepas roda, sampai membuka membuka mur kaliper dengan teliti.

 

  1. Kemudian yang harus Anda lakukan ialah melepas kanvas rem yang sebelumnya, cermati letak dari kanvas tersebut, berhati-hatilah dalam melepasnya karena mnemang sedikit sulit, saat melepas kanvas rem perhatikan dan jaga kaliper agar tidak mengalami kerusakan.
  • Rotor rem dapat menimbulkan kerusakan akibat panas, permukaan yang retak, juga adanya lengkungan, maka dari itu disarankan untuk memeriksanya. Setelah memeriksa dan terdapat hal yang telah disebutkan tadi sebaiknya mengganti atau melapisi kembali rotor rem saat penggantian kanvas rem.

 

  1. Langkah berikutnya ialah memasang kanvas rem yang baru. Sebelum memasang pada tempatnya beri semprotan cairan anti karat pada titik kontak logam yang terletak di bagian kanvas rem untuk menangani suara decitan yang keluar dari kanvas tersebut, namun jangan sampai bagian dalam kanvas rem terkena cairan yang berasal dari kanvas karena dapat menjadi licin serta tidak berhentinya putaran roda mobil. Letakkan kanvas rem sesuai dengan posisinya.

 

  1. Berikutnya, Anda harus memeriksa jumlah oli rem. Anda dapat menambahkan oli rem jika muatannya telah berkurang. Setelah selesai memeriksa, tutup kembali penutup oli rem.

 

  1. Kaliper merupakan tahap berikutnya yang harus Anda pasang pada rotor, lakukanlah secara perlahan agar tidak ada suatu komponen yang rusak. Setelah memasang disarankan untuk mengencangkan kembali kaliper pada tempatnya.

 

  1. Kemudian pasang roda sesuai dengan tempatnya. Lakukan pengencangan mur agar roda terpasang dengan benar dan tepat.

 

  1. Kencangkan mur roda terkhusus roda dalam, dengan pola seperti bintang. Lakukan juga pengencangan pada semua komponen baut sesuai dengan panduan.

 

  1. Lakukan pemeriksaan terhadap kanvas rem dengan menyalakan mesin terlebih dahulu, mesin harus dalam kondisi netral atau parkir, untuk memastikan kanvas rem telah terpasang dengan benar sesuai dengan tempatnya, injaklah pedal rem secara perlahan 15-20 kali, pastikan bahwa pedal rem terasa keras yang menandakan bahwa rem telah bekerja dengan baik.

 

  1. Tahap berikutnya ialah lakukan pemeriksaan terhadap kanvas rem yang telah terpasang untuk memastikan bahwa kanvas rem telah berada di tempatnya dengan tepat, selain itu juga agar tak ada masalah sehingga terciptanya rasa aman saat berkendara. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan menjalankan mobil di area rumah Anda yang sepi dengan kecepatan 5 km/jam. Setelah mobil dapat berhenti dengan normal, lakukan hal yang sama dengan menambah kecepatan menjadi 10km/jam, lakukan pengulangan dengan tingkat kecepatan yang bertahap sampai 35-40 km/jam.
  • Apabila mendengar suara decitan, Anda tidak perlu khawatir karena kemungkinan kanvas rem baru mengeluarkan suara tersebut, namun ketika Anda mendengar adanya komponen yang tergeser seperti logam, Anda harus mengantisipasi hal ini karena ada kemungkinan pemasangan kanvas rem salah dan harus diperbaiki secepat mungkin.

Mudah bukan? Dari pada harus membuang uang dan waktu untuk pergi ke bengkel, ada cara-cara lain yang sebenarnya bisa Anda lakukan untuk kendaraan Anda, BeliOnderdil akan kembali dengan cara-cara instalasi suku cadang lainnya.

 

© Wikihow

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *