December 15, 2018
Perbaikan dan Perawatan Mobil

Oli Mesin Mobil Tidak Naik? Ini Cara Mengatasinya

Salah satu permasalahan yang kian terjadi pada sistem pelumasan mobil ialah oli mobil yang tidak naik di dalam mesin, permasalahan ini tentu akan berdampaka tau berakibat pada mesin mobil yang tidak dapat bekerja, bisa dibayangkan jika logam bergesekan dengan logam secara terus-menerus tanpa pelumasan, tentu saja akan timbul panas berlebihan dan logam tersebut nantinya akan cacat bahkan rusak.

Oli mobil yang tidak naik tentu akan berakibat pada mesin mobil yang akan mengalami kerusakan seperti macet dan tidak dapat distarter, ketika mesin mobil macet dampaknya akan berpengaruh pada komponen lain seperti ring piston yang juga ikut macet, dinding silinder yang akan terasa kasar, stang seker membengkok, dan habisnya oli mesin serta rusaknya pompa oli.

Untuk mengatasi permasalahan ini sebagai pengendara sekaligus pemilik mobil, perlu bagi Anda untuk mengetahui penyebab oli yang tidak naik sebagai langkah mengantisipasi agar permasalahan ini tidak terjadi pada kendaraan Anda. Berikut ulasannya :

  1. Oli mesin kering

Oli mesin dapat mengering jika terjadi kebocoran, oli yang tidak pernah diganti secara rutin atau jarak penggantiannya terlalu lama juga dapat membuat pelumas mobil ini mengering karena memang oli merupakan benda cair yang bisa menguap akibat panas mesin.

  1. Pompa oli mesin rusak

Rusaknya pompa oli mesin memang jaang terjadi. Namun oli mobil yang tidak naik juga dapat terjadi jika pompa oli bermasalah karena fungsinya yang begitu penting yakni untuk mensirkulasikan oli ke seluruh bagian mesin melewati saluran-saluran oli.

  1. Saluran oli mesin tersumbat oleh kotoran atau endapan yang dihasilkan oleh oli.
  1. Filter oli kotor dan tersumbat

Filter oli akan mengalami permasalahan jika tidak diganti secara rutin atau bisa juga karena mobil lama tidak dikendarai atau tidak dihidupkan.

Setelah mengetahui penyebab dari permasalahan ini, Blog BeliOnderdil tak ketinggalan untuk memberikan tips mencegah oli mesin mobil tidak naik, di antaranya :

  1. Lakukan penggantian filter oli secara rutin atau setiap oli mesin diganti
  2. Pergunakan oli mobil yang bagus dan berkualitas untuk kendaraan Anda.
  3. Lakukan penggantian oli mesin secara teratur sesuai dengan jadwal servis kendaraan.

Semoga Bermanfaat!

© otomotrip

Pict credit: Micksgarage.com

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *