November 16, 2018
Oto Tips

Mobil Mogok di Jalan dan Tidak Bisa di Starter? Jangan Khawatir! Begini Tips Mengatasinya!

Jakarta, BeliOnderdil.comMobil adalah salah satu  kendaraan favorite yang paling banyak digunakan di Indonesia. Pemilihan berkendara dengan menggunakan mobil salah satunya adalah faktor keamanan dan kenyamanan saat berkendara tanpa harus resah dikala hujan. Tapi salah satu masalah yang sering terjadi pada kendaraan beroda empat ini biasanya mogok di tengan jalan dan tidak bisa di starter. Kebanyakan kendala ini terjadi pada mobil Era tahun 90-an yang mestinya membutuhkan penanganan yang lebih extra dari mobil baru.

Jika hal tersebut terjadi, apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut tips mengatasi mobil mogok di jalan yang tidak bisa distarter.

 

  1. Menggunakan aki cadangan sebagi pemancing

Jika mobil terlanjur mogok, ada baiknya untuk memakirkan kendaran dipinggir jalan terlebih dahulu agar tidak mengganggu pengendara lain nya, tips yang pertama ini kita bisa menggunakan aki cadangan yang dapat digunakan sebagai jumper di saat aki lemah dan dalam keadaan mobil mogok.

 

  1. Mengganti Aki

Langkah selanjutnya adalah melihat kondisi aki, apakah masih layak pakai atau tidak dengan menggunakan tester ataupun cas khusus aki , jika pada saat pengisian storm aki tidak bertambah ataupun daya penyimpanan storm aki cepat habis maka ada baiknya mengganti nya dengan aki yang baru.

 

  1. Mendorong Mobil

Mobil mogok biasanya membutuhkan pancingan untuk bisa kembali distarter dan jalan, cara terakhir dengan mendorong mobil tersebut. Biasanya cara ini sangat ampuh bagi pengguna kendaraan mobil tua, ataupun kendaraan bertansmisi manual yang jarang di rawat dan di service, sehingga membuat komponen mobil tidak berfungsi normal seperti seharusnya.

 

  1. Cek kondisi skring

Nah hal vital bagi pengguna kendaraan beroda 4 adalah sesering mungkin memeriksa kondisi mobil, diantaranya air radiator ataupun mengecek kondisi skring dan biasanya mobil mogok dan tidak bisa di starter karena kondisi skring yang sudah putus, dan harus diganti yang baru agar mobil bisa di starter dan berjalan dengan normal. ataupun ada komponen dalam skring yang goyang dan mengakibatkan tidak adanya aliran listrik sehingga mobil tidak bisa di starter.

 

Nah, jika mobil benar-benar tidak bisa dinyalakan, sesegera mungkin menelfon jasa derek mobil agar mobil segera di cek di bengkel resmi. Jadi, jangan panik jika hal tesebut terjadi. Karena Anda bisa mengatasinya dengan melakukan tips-tips diatas.

 

©mobilunik.com

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *