August 21, 2018
Oto Tips Perbaikan dan Perawatan Mobil

Mesin Mobil Tidak Bisa Distarter? Kenali Penyebabnya!

Jakarta, BeliOnderdil.com—Mobil yang tidak dapat distarter merupakan sebuah permasalahan yang kian terjadi, namun pada kenyatannya terdapat pula mobil yang bisa distarter tetapi tak kunjung hidup. Keduanya memiliki persamaan yakni mesin yang sama-sama tidak hidup, sedangkan perbedaannya cukup jelas, jika mobil tidak dapat distarter berarti permasalahan sedang terjadi di sistem starter atau tidak ada aliran arus listrik ke starter, sementara itu mesin yang dapat distarter namun tak dapat hidup bisa terjadi karena memang mesin yang bermasalah, bukan starter. Dua masalah tersebut memang terdengar hampir sama, namun cara penanganannya tentu berbeda.

Masalah Mobil Tidak Dapat diStarter

Sebelum mengulas lebih jauh penyebab permasalahan mobil tidak bisa distarter, lihat terlebih dahulu gambar di bawah ini mengenai sistem starter mobil :

© mobilupdate.net

© mobilupdate.net

Gambar di atas merupakan diagram sederhana yang menjelaskan bagaimana cara kerja starter mobil. Dari sistem kerja di atas terdapat beberapa komponen utama yakni baterai, fuse, kunci kontak, dan starter. Dengan memahami dan mengetahui empat komponen tersebut, tentu Anda dapat lebih mudah untuk melakukan analisis bila terjadi masalah mobil yang tidak bisa distarter.

Mobil Tidak Kuat distarter karena Baterai Lemah

Baterai yang lemah merupakan penyebab umum yang paling sering terjadi, baterai mobil yang lemah tentu tidak akan kuat untuk menggerakkan starter. Pada dasarnya, jika kondisi baterai mobil sering diperiksa untuk servis berkala baik jumlah air aki ataupun kondisi berat jenisnya, berat jenis baterai ini akan memberikan informasi apakah cell baterai masih mampu untuk menyimpan arus listrik. Untuk memastikan kondisi baterai mobil, periksa terlebih dahulu kondisi terminal baterai apakah dalam keadaan bagus dan tidak berkarat, jika ternyata kondisi masih baik, kemungkinan permasalahan terjadi pada daya aki, untuk itu Anda perlu melakukan penggantian baterai atau melakukan jumper aki jika dalam keadaan darurat.

Mobil Tidak Dapat Starter Karena Fuse (Sekering) Putus

Fuse atau sekering merupakan sebuah alat pengaman dalam sistem kelistrikan mobil, ketika baterai bukan merupakan penyebab dari mobil yang tidak dapat distarter, maka selanjutnya Anda perlu melakukan pemeriksaan kondisi fuse atau sekering apakah terputus atau tidak, pemeriksaan dapat dilakukan langsung secara visual, namun untuk hasil akurat Anda dapat menggunakan avometer. Sekering yang putus kemungkinan terjadi karena ada masalah atau korsleting pada sistem starter, untuk itu lakukan pemeriksaan dengan tepat terlebih dahulu sebelum menggantinya dengan yang baru.

Mobil Tidak Dapat Starter karena Kunci Kotak Rusak

Memang permasalahan ini jarang terjadi bahkan sangat kecil kemungkinannya, meskipun begitu tetap terdapat peluang akan timbulnya permasalahan ini. Untuk mengatasinya, periksa apakah kunci kotak bisa menjadi penghubung arus dari baterai ke starter, bila ada arus masuk dan saat distart arus tidak keluar, berarti kunci kontak sudah mengalami kerusakan dan perlu untuk segera diganti.

Starter mengalami kerusakan

Permasalahan ini juga sering terjadi, namun sebelum mengulas lebih jauh berbagai masalah yang terjadi pada starter, sebaiknya terlebih dahulu perhatikan gambar beberapa komponen dalam starter berikut ini :

© mobilupdate.net

© mobilupdate.net

Dari komponen di atas yang sering berpotensi besar mengalami permasalahan atau kerusakan ialah :

  • Brush, brush merupakan komponen pertama yang sering bermasalah dimana fungsinya ialah untuk mengalirkan arus ke commutator sehingga terjadi gerakan putar, brush yang telah mengalami keausan perlu untuk segera diganti, terlebih jika sudah habis.

  • Solenoid switch, komponen berikut ini memiliki fungsi untuk menghubungan arus besar (terminal 30 dari baterai) untuk masuk ke dalam commutator melalui brush sehingga starter dapat berputar, solenoid sendiri terdiri dari berbagai kumparan beserta elemen yang akan terhubung ke arus besar tersebut, jika kumparan dan elemen tersebut mengalami keausan, tentu solenoid tidak akan bekerja secara maksimal. Solenoid switch yang mengalami kerusakan dapat Anda rasakan ketika Anda menstarter mobil terdengar bunyi “tek-tek” tanpa starter yang berputar.

  • Overruning Clutch, komponen terakhir ini ialah kopling yang berfungsi untuk menahan putaran pinion dan mencegah agar tidak rusak ketika mesin sudah berputar, komponen ini seringkali mengalami kerusakan dan perlu untuk diganti secara berkala.

Demikian informasi mengenai peneybab mobil yang tidak dapat distarter, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Nantikan Artikel informatif lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

© mobilupdate.net

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *