June 19, 2018
Instalasi Suku Cadang

Merawat Busi Mobil Lebih Baik

Busi Mobil memiliki peran penting dalam sistem mesin sebuah mobil. Busi mobil memiliki beberapa fungsi seperti sebagai pembakar bensin, dimana hasil pembakaran tersebut menghasilkan tenaga yang dapat menghidupkan mesin mobil secara sempurna. Selain itu fungsi lain dari busi mobil ialah sebagai cadangan aki, menghasilkan listrik, dan juga menjaga mesin mobil agar selalu dalam kondisi yang stabil.

Dengan beberapa fungsi yang berperan penting untuk rangkaian mobil, penting untuk Anda merawat busi mobil dengan baik agar performa mesin dari mobil dapat bekerja dengan maksimal.

Untuk itu simak tips merawat busi mobil dengan tepat dan baik, seperti yang telah dirangkum oleh BeliOnderdil dari Otomotrip.com :

  1. Memeriksa Kondisi Penutup Busi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek penutup busi mobil, apakah keadaannya masih layak atau justru tidak, jika dalam pemeriksaan Anda menemukan penutup busi yang longgar, disarankan untuk segera mengganti busi tersebut, pasalnya busi yang longgar dapat menyebabkan kinerja mesin berkurang atau bahkan mati karena penutup busi yang mudah lepas, selain itu dengan penutup busi yang longgar dapat memudahkan cairan seperti oli atau air masuk ke dalam mesin mobil.

  1. Membersihkan Lubang Busi

Membersihkan lubang busi ini bertujuan agar kondisi busi yang terdeteksi kotor akan segera dibersihkan dan tidak mengurangi kinerja busi mobil tersebut. Cara membersihkannya dapat dilakukan dengan meniup angin kompresor agar debu atau kotoran yang berada di busi dapat keluar, atau dapat juga dilakukan dengan menyikat busi sampai bersih.

  1. Membersihkan Elektroda Busi

Mengampelas bagian ujung elektroda busi dan mencongkel kotoran yang mungkin mengendap, setelah itu sikatlah busi tersebut dapat membuat elektroda busi menjadi bersih.

  1. Memperbaiki Ukuran Celah Busi atau Gap Busi

Dengan mengatur kembali ukuran dapat membuat celah busi yang telah renggang akibat terkikisnya elektroda busi bekerja dengan maksimal dalam rangkaian mesin mobil. Celah busi yang renggang sering terjadi jika kendaraan sudah lama tidak dibersihkan. Untuk itu perbaiki dan atur kembali celah busi mobil Anda sesuai dengan standart pabrik yakni sekitar 0,8 mm sampai dengan 1,2mm.

  1. Memeriksa Busi Secara Rutin

Mesin dapat tersendat jika busi telah melampaui batas pemakaian. Pemeriksaan busi penting dilakukan secara teratur agar mempertahankan kinerja mesin. Memeriksa busi dapat dijadwalkan sesuai dengan kilometer tempuh manual servis pemakaian kendaraan Anda, atau jika merasa busi tidak layak pakai seperti tidak ratanya bentuk elektroda, lebih baik mengganti busi tersebut sesegera mungkin atau tenaga mesin justru akan menurun.

Setelah mengetahui cara merawat busi mobil dengan baik, tak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak menjaga salah satu rangkaian mesin mobil ini. Selain itu, untuk Anda yang ingin mendapatkan busi mobil dengan kualitas terdepan, Anda dapat menemukannya di belionderdil.co.id, kami menyediakan segala kebutuhan suku cadang Anda dan menjamin akan segala kualitas yang kami tawarkan.

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *