June 19, 2018
Perbaikan dan Perawatan Mobil

Mengenal Lebih Jauh tentang Electric Power Steering Mobil

Jakarta, BeliOnderdil.comPower steering merupakan suatu mekanisme yang menghasilkan tenaga dan digunakan untuk membantu pengoperasian kemudi dengan tujuan agar kemudi kendaraan menjadi ringan, stabil dan tentunya kenyamanan dalam berkendara selalu didapatkan. Power steering sendiri memiliki dua jenis yang sering diaplikasikan pada tiap kendaraan, yakni power steering hydraulic dan power steering electric. Namun dalam pembahasan kali ini, Blog Beli Onderdil akan mengulasi tentang electric power steering (EPS).

Electric power steering (EPS) merupakan salah satu teknologi yang sudah banyak diaplikasikan pada mobil-mobil keluaran terbaru. EPS ini merupakan teknologi terbaru dari sistem power steering menggantikan power steering hydraulic yang merupakan versi konvensionalnya dan masih menggunakan minyak atau pelumas serta perlu diganti setiap kilometer tertentu. Berbeda dari power steering hydraulic, electric power steering ini rangkaiannya persis seperti dinamo, untuk mengatur fungsinya pun power steering jenis ini menggunakan sebuah modul yang diintegrasikan ke dalam ECU mobil.

Untuk mengulas lebih dalam mengenai electric power steering, perlu bagi Anda untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan dari komponen satu ini. Berikut ulasannya :

Kelebihan Electric Power Steering

  • EPS merupakan komponen yang free maintenance atau tidak memerlukan perawatan khusus.

  • Memiliki fungsi yang sama dengan power steering hydraulic yakni agar setir kemudi dapat lebih ringan ketika berbelok.

  • Bahan bakar mobil akan lebih hemat karena power steering diputar oleh listrik, berbeda dengan jenis hydraulic yang menggunakan putaran mesin sehingga mesin memiliki beban lebih berat.

  • Power steering electric bebas dari penggantian oli karena dalam penggunaannya tidak membutuhkan oli.

  • Ketika melaju dengan kecepatan tinggi, kendaraan akan lebih stabil sebab fungsi power steering ini akan sedikit diperberat sehingga setir tidak mudah goyah.

Kekurangan Electric Power Steering

  • Setir kemudi mobil akan terasa lebih berat jika dibandingkan dengan power steering hydraulic.

  • Ketika electric power steering mengalami kerusakan, perbaikan komponen ini membutuhkan biaya yang besar sebab batang kemudi perlu dibongkar terlebih dahulu.

  • Ketika kerusakan terjadi secara tiba-tiba di jalan, setir kemudi akan mengunci dan dapat membahayakan mobil jika dikendarai dengan laju yang kencang. Namun Anda tak perlu khawatir karena electric power steering jarang mengalami kerusakan.

Electric power steering memang dapat dikatakan jarang mengalami kerusakan, namun perlu bagi Anda untuk memerhatikan cara mengemudi sebab kerusakan EPS dapat terjadi akibat kelalaian pengguna dalam menggunakan teknologi canggih satu ini. Blog Beli Onderdil pun tak ketinggalan untuk memberikan informasi mengenai cara merawat EPS agar terhindar dari kerusakan, di antaranya :

  1. Gunakan grease berkualitas

Penggunaan grease yang berkualitas ini maksudnya ialah untuk mengurangi getaran yang ditimbulkan ketika motor EPS sedang beroperasi. Tak hanya itu, penggunaan grease yang berkualitas juga berfungsi untuk mencegah suara bising ketika Anda berkendara di jalan yang kurang bagus. Grease ini juga dapat membuat pelumasan power steering akan semakin optimal.

  1. Hindari genangan air

Letak dari motor EPS yang berada di bagian luar kabin membuatnya rentan terkena air, maka dari itu jika Anda melalui genangan air yang cukup tinggi, pastikan untuk lebih berhati-hati karena penggantian motor EPS membutuhkan biaya yang cukup besar.

  1. Hindari modifikasi

Setiap produsen kendaraan tentunya telah merancang motor EPS yang telah disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan kendaraan rancangannya. Jika motor EPS telah dimodifikasi dengan melakukan penggantian motor gigi atau bahkan merubah motor maka dapat mengancam keamanan Anda dalam berkendara.

  1. Pengecekan rutin pada soket EPS

Soket EPS yang kondisinya sudah getas tentunya akan mengakibatkan aliran listrik ke seluruh sistem menjadi kurang sempurna, oleh karena itu penggantian soket EPS yang sudah getas sangat dianjurkan. Jika soket getas dibiarkan begitu saja, resiko soket pecah tentu akan membawa dampak yang lebih buruk. Matinya seluruh sistem dari EPS merupakan salah satu akibat terburuk dari pecahnya soket, lebih dari itu stir akan jelas terasa berat ketika akan dibelokkan.

  1. Setelan EPS yang sesuai

Untuk jenis mobil tertentu, sistem EPS telah dilengkapi dengan fitur yang membuat EPS dapat di setel berat ringannya. Pada umumnya pengendara yang lebih mengutamakan laju kencang akan menggunakan mode sport untuk membuat kestabilan lebih mantap dengan merubah setir menjadi berat. Selain mode sport, ada juga mode comfort dan juga normal.

 

Meski perangkat Electric Power Steering (EPS) bebas perawatan, namun kerusakkan merupakan hal tak terhindarkan. Apa saja bentuk kerusakan yang dapat timbul?

Sistem EPS merupakan penyerap listrik terbesar kedua setelah motor starter mesin pada kendaraan. Wajar bila mobil modern sekarang kerap menggunakan alternator berdaya listrik besar. Daya listrik yang dibutuhkan EPS sangat besar, hampir sama dengan yang dibutuhkan motor starter untuk menya­lakan mesin.

Nah, tentunya sebagai komponen bekerja, EPS pun memiliki kekuatan dan kelemahan dengan aneka keterbatasan dan kelebihannya. Berikut adalah komponen-komponen utama pada sistem EPS dan potensi kerusakan yang dapat ditimbulkan.

  • Motor EPS

Komponen ini merupakan pengolah tenaga listrik menjadi tenaga motorik yang akan memutarkan steering shaft sesuai dengan pem­bacaan sensor sudut putar pada kemudi. Komponen ini sejati­nya merupakan komponen utama dalam sistem EPS. Dengan sumber daya listrik, tentunya komponen ini sangat bermusuhan dengan air. Jika mobil Anda memiliki motor EPS yang terdapat di bagian rack steering atau di bagian bawah mobil, maka pastikan pelindung air komponen ini tetap bagus agar tak ada air yang merembes masuk ke motor.

Melencengnya derajat sudut putar motor EPS juga dapat terjadi setelah mobil mengalami proses wheel alignment pasca penggantian komponen suspensi dan roda kendaraan. Gejalanya dapat dirasakan ketika Anda merasa kemudi terasa lebih berat ketika diputar ke salah satu sisi. Untuk mengatasinya, Anda harus membawa ke bengkel resmi dan dilakukan penyetelan ulang torque sensor agar sensor putaran kemudi yang sebelumnya melenceng dapat dikembalikan seperti semula.

  • Rack Steering

Rack steering berfungsi untuk menyalurkan pergerakkan dari motor EPS ke roda. Komponen ini umumnya rusak ketika rack dan pinion di dalam komponen ini tak lagi bersinggungan dengan sempurna.

Bunyi gemeretak pun akan mudah terdengar ketika mobil melalui jalan yang tidak rata. Memang komponen ini masih bisa direparasi. Namun umumnya selama umur mobil masih dalam masa garansi bengkel resmi, maka penggantian komponen rack steering secara menyeluruh akan dilakukan pihak bengkel.

Ada baiknya Anda mengecek juga kondisi boot karet penutup di ujung kiri dan kanan rack steering ketika mobil sedang terangkat. Pastikan tak ada robek di bagian ini agar rack steering tak terkontaminasi kotoran yang dapat membuat pergerakkan roda untuk belok menjadi tak sempurna.

  • Cross Joint Steering Shaft

Komponen ini berfungsi untuk meneruskan putaran dari motor EPS ke rack steering. Kerusakan pada komponen ini biasanya berupa melonggarnya sambungan pada cross joint sehingga shaft akan oblak dan bergerak tak semestinya. Mendeteksi kerusakan di bagian ini terbilang cukup mudah lantaran suara gemeletak akan terdengar dari belakang kemudi ketika Anda berbelok.

Penyebab terjadinya kerusakan di bagian ini adalah hantaman keras pada roda ketika berbelok akibat menerjang lubang atau speed trap.

  • Modul EPS

Sesuai namanya, komponen ini merupakan pengolah data dari sensor sudut putaran dari setir untuk memerintahkan proses kerja pada sistem EPS. Kerusakkan komponen ini cenderung sangat jarang, lantaran posisi modul ini biasanya terdapat di bagian dalam dashboard. Selama dashboard Anda tak terendam air, dan tak terjadi korsleting, komponen ini akan tetap prima. Namun ketika komponen ini rusak, maka sistem kemudi Anda tak akan bekerja sama sekali.

 

© mobilupdate.net, automotivexist, fasnlow.net,

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *