September 25, 2018
Oto Tips

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Sistem Rem ABS

 

Saat ini banyak pengendara yang masih awam tentang manfaat serta peran penting dari sistem kerja rem ABS. Berbeda dari pengendara yang memang telah mengetahui sistem ABS ini, sistem ABS sendiri bukan hanya aksesoris yang terpasang di kendaraaan Anda, melainkan sebagai penunjang dari sistem kerja mesin mobil Anda.

ABS sendiri merupakan singkatan dari anti-lock backing system dan saat ini kian dikenal dengan sistem ABS. Sistem ABS pada awalnya banyak digunakan untuk kendaraan mobil, namun saat ini para produsen motor tak mau kalah untuk menggunakan sistem ABS ini di kendaraan yang diproduksi.

Sistem ABS merupakan suatu sistem yang beroperasi di komponen pengereman setiap kendaraan baik mobil maupun motor, sistem ABS ini juga memiliki fungsi yang penting dalam berkendara, ketika terjadi pengereman mendadak atau tiba-tiba, sistem ABS ini berperan untuk menghentikan sistem penguncian roda.

Tak cukup jika Anda hanya paham akan pengertian dari sistem ABS, sistem kerja rem ABS juga perlu Anda ketahui dalam rangka menambah pengetahuan yang memang penting bagi Anda serta kendaraan Anda. Simak ulasan berikut ini mengenai sistem kerja rem ABS:

  1. Sistem Kerja ABS di jalan licin

Sebenarnya, sistem ABS ini merupakan pengadaptasian dari sistem pengereman yang dioperasikan oleh pesawat terbang. Dalam berkendara, seringkali para pengemudi melakukan rem mendadak pada mobilnya, disinilah pengoptimalan kerja dari sistem rem ABS.

Berkendara di jalan yang licin saat hujan memang terbilang membahayakan, belum lagi ketika Anda harus melakukan pengereman di berbagai situasi. Dalam kondisi licin tersebut kadang Anda akan merasakan kesulitan saat ingin melakukan pengereman, kendaraan bisa saja tetap melaju meski pedal rem telah diinjak. Tak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut sangatlah mengancam keselamatan Anda dalam berkendara, kendaraan menjadi sangat tidak stabil ketika mobil terus melaju sedangkan roda telah berhenti. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika sistem ABS telah berada di rangkaian mobil Anda karena sistem tersebut dapat mengendalikan mobil Anda saat melakukan pengereman.

  1. Menstabilkan kendaraan

Para pembalap mungkin tak asing lagi mendengar sistem ABS, karena sudah dipastikan sistem kerja rem ABS ini telah digunakan dan terpasang di mobil yang dikendarai para pembalap. Kondisi kendaraan para pembalap perlu akan performa yang tinggi, selain itu para pembalap harus dapat menstabilkan keadaan kendaraannya yang terbilang cukup sulit. Begitupun dengan kendaraan Anda, kendaraan dapat stabil dengan mudah karena bantuan sistem ABS.

Tidak hanya sebagai komponen yang handal dalam sistem pengereman, sistem kerja rem ABS juga memiliki beberapa komponen yang terkait satu sama lain :

  • Sensor kecepatan

Sensor kecepatan merupakan sistem kerja rem ABS yang pertama, dimana memiliki kegunaan untuk mengetahui kecepatan putaran roda. Terpasangnya sistem ABS ini berbeda-beda tergantung dari masing-masing produsen kendaraan, namun biasanya sistem ABS terpasang di setiap roda atau diferensial mobil.

  • Katup Pengereman

Katup pengereman kian disebut sistem komputerisasi dimana komponen ini dikendalikan oleh komputer. Berikut ini bagian-bagian katup pengereman yang perlu Anda ketahui :

a. Katup Posisi Satu

Posisi katup ini berada di kondisi terbuka seluruhnya yang membuat tekanan minyak rem berada di kondisi penuh dan langsung diteruskan ke bagian rem.

b. Katup Posisi Dua

Meskipun pengendara telah menginjak pedal rem, minyak rem tidak akan terus memasuki ruang rem karena tekanan rem yang ditutupi katup.

c. Katup Posisi Tiga

Di posisi ketiga ini, tekanan rem dihalangi oleh katup, hal ini membuat setengah tekanan rem saja yang diteruskan ke minyak rem meski pengemudi telah menginjak remnya.

  • Pompa

Tekanan pada rem yang telah dilepaskan oleh katup rem akan dikembalikan sesuai dengan fungsi pompa.

  • Kontroler

Memiliki fungsi sebagai pengontrol sensor dan kecepatan, serta sebagai otak pengendali dari aktifitas katup.

Setelah Anda mengetahui tentang sistem ABS tentu satu pengetahuan penting bagi kendaraan Anda telah didapatkan. Nantikan tips otomotif lainnya hanya di BlogBeliOnderdil.

© MekanikMitsubishi

Follow Me:

Related Posts

    • Selamat Siang Bu, Rem ABS kebetulan fungsinya untuk meminimalisir gaya sentrifugal saat melakukan pengiriman di jalanan licin dan basah. Terimakasih Bu, Kunjungi kembali blog BeliOnderdil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *