November 16, 2018
Oto Tips

Mengenal Jenis-Jenis Sistem Suspensi Pada Mobil

Sistem suspensi merupakan suatu komponen dari rangkaian mobil yang memiliki fungsi untuk mengurangi atau meredam kejutan serta getaran ketika kendaraan melewati permukaan jalan yang tidak rata, berlubang atau bergelombang. Pada intinya sistem suspensi ini menjaga keamanan dan kenyamanan Anda ketika berkendara.

Berdasarkan cara kerja suspensi mobil, sistem suspensi dibagi menjadi tiga :

  1. Suspensi Mobil Independent

Sistem suspensi ini dapat membuat roda mobil ini melakukan aktivitas naik dan turun seiring dengan permukaan jalan tanpa membuat roda di seberangnya berpengaruh. Contoh dari sistem suspensi independent ialah Double Wishbone, Strut MacPherson, dan juga Multi-Link.

  1. Suspensi Mobil Non-Independent

Solid axle memiliki peran penting di sistem suspensi satu ini, dimana dapat digunakan untuk menahan roda. Contoh sistem suspensi ini ialah per daun. Kelebihan yang dapat Anda peroleh ketika memilih sistem ini ialah kapasitas yang lebih besar untuk menampung beban berat, namun model suspensi non-independent seperti per daun ini cenderung lebih kaku sehingga kenyamanan dalam berkendara terasa kurang. Sistem suspensi non-independent sering digunakan oleh kendaraan komersil atau truk besar.

  1. Suspensi Mobil Semi-Independen

Sistem suspensi kali ini terletak di antara kedua suspensi lainnya. Dalam sistem suspensi ini, roda kanan dan kiri tidak secara tegak terkoneksi namun pergerakan roda ketika melalui jalan yang tidak rata tetap akan memengaruhi roda di seberangnya meski hanya sedikit. Torsion-Beam merupakan salah satu contoh dari sistem semi-independent.

Setiap sistem suspensi mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, penting untuk Anda mengetahui hal tersebut agar dapat memilih sistem suspensi mobil yang baik dan benar untuk kendaraan Anda.

Jenis Sistem Suspensi

Kelebihan

Kekurangan

Sistem Suspensi Mobil Per Daun

 

Susunan yang sederhana namun kokoh dan dapat menampung beban berat juga mendistribusikan beban muatan dengan merata pada rangkaian kendaraan.

Kurangnya rasa kenyamanan saat berkendara

Sistem Suspensi Torsion Beam

Sistem yang telah diketahui cukup ringan dan tidak terlalu rumit, memiliki bahan yang cukup lunak dan harga yang terjangkau.

Pengaturan chamber (silinder) yang terbatas

Sistem Suspensi MacPherson Strut

Dimensinya yang kompak, harga terjangkau serta kinerja yang cukup baik.

Posisi gerak vertikal dapat dengan mudah merubah posisi chamber (Silinder) ketika mobil melakukan manuver yang dapat mengakibatkan timbulnya body roll (gerakan bodi mobil ke arah kanan dan kiri), selain itu getaran yang lebih terasa.

Sistem Suspensi Multilink

Dapat menyesuaikan sudut posisi roda kendaraan ketika melalui permukaan jalan yang dilewati karena tingkat fleksibilitas yang baik.

Sistem suspensi yang terbilang rumit juga harga yang mahal.

Sistem Suspensi Mobil Double Wishbone

Pengontrolan chamber (silinder) yang ideal, sehingga dapat mengendalikan mobil lebih nyaman.

Desain dari sistem yang membutuhkan ruang yang luas serta harga yang terbilang mahal.

 

© Asapmobil

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *