November 16, 2018
Oto Tips

Mengenal Berbagai Lampu Indikator Mobil

Jakarta, BeliOnderdil.comMengenal indikator mobil  memang perlu dilakukan oleh para pengguna kendaraan terutama pada kendaraan roda empat atau mobil. Indikator-indikator ini tentu berperan untuk memberikan informasi tentang kondisi mobil Anda, selain itu simbol-simbol pada dashboard pun juga berperan penting dalam keadaan mobil pada saat itu juga.

Pengguna mobil pun di dunia sudah terbilang sangat banyak bahkan sudah populer, dari masyarakat menengah ke atas pun menggunakan kendaraan ini sebagai alat transportasi mereka atau untuk sekedar menunjang perjalanan ke suatu tempat yang diinginkan.

Simbol pada indikator utama atau pada dashboard ini memiliki beberapa fungsi dan kegunaan yang berbeda pula. Selain itu juga memiliki bentuk dan model serta cara menampilkan informasi yang berbeda dari tiap-tiap simbol yang berada pada dashboard mobil.

Sehingga sebelum melakukan perjalanan mengendarai sebuah mobil, Anda diwajibkan untuk memahami serta mengenal sebuah indikator dashboard mobil. Tujuan utama dari mengenal indikator ini adalah untuk mengetahui keadaan komponen atau mesin tersebut dalam kondisi yang baik atau sedang mengalami gangguan bahkan kerusakan.

Untuk membantu Anda dalam mengerti dan memahami berbagai lampu indikator mobil, kali ini Blog BeliOnderdil akan mengulas satu persatu lampu indikator yang umum terdapat di mobil dengan simbolnya masing-masing. Yuk simak ulasan berikut ini :

  • Lampu Indikator SRS

SRS

Gambar tersebut merupakan tanda atau sebuah simbol dari airbag yang umumnya berwarna merah ketika menyala. Ketika warna tersebut menyala atau lampu indikator SRS hidup, menandakan kondisi dari sistem airbag apakah baik atau tidak. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan simbol satu ini ketika ingin memulai aktivitas berkendara, sebab simbol ini memiliki fungsi yang penting sebagai tanda sistem keamanan.

  • Lampu Indikator Sabuk

Sabuk

Berikutnya terdapat lampu indikator sabuk, sabuk sendiri berfungsi sebagai pengaman untuk pengemudi atau penumpang di dalam mobil. Warna yang ditampilkan simbol ini ialah merah atau kuning, sebagai tanda bahwa sabuk pengaman telah dipakai dengan benar, simbol ini akan mati secara otomatis.

  • Lampu Indikator Lampu Sein

Sein

Simbol selanjutnya menandakan sebuah indikator lampu sein mobil. Salah satu dari lampu indikator tersebut (baik sisi kanan atau kiri) akan menyala ketika Anda ingin berbelok. Sedangkan jika kedua lampu indikator hidup, hal ini pertanda hazard mobil menyala sebagai tanda kendaraan di belakang perlu untuk lebih hati-hati ketika ingin melewati mobil ini.

  • Lampu Indikator Oli

Oli

Simbol berikut ini merupakan tanda untuk lampu indikator oli mobil. Ketika lampu indikator oli ini menyala dengan warna merah, menandakan bahwa kondisi oli Anda telah berkurang atau hampir habis yang tentunya mengharuskan Anda untuk segera melakukan pemeriksaan oli.

  • Lampu Indikator Oli Diesel

Oli Diesel

Simbol ini akan terdapat pada mobil diesel sebagai lampu indikator oli mesin. Tak berbeda dari lampu indikator sebelumnya, simbol oli diesel yang menyala berwarna merah ini merupakan sinyal atau tanda bahwa oli mesin diesel sudah di bawah standar dan perlu untuk diperiksa secara berkala agar kondisi mesin mobil tetap bekinerja dengan sempurna.

  • Lampu Indikator Mesin

Mesin

Lampu indikator berikut ini yang memiliki simbol mesin dengan tulisan check di dalamnya merupakan indikator yang berfungsi untuk memberitahu Anda mengenai kinerja mesin dari mobil apakah dalam kondisi yang baik-baik saja atau telah mengalami gangguan. Jika lampu indikator mesin ini berwarna hijau, berarti mesin dalam kondisi yang optimal. Sedangkan jika memperlihatkan warna kuning berarti mesin dalam mobil Anda sedang mengalami gangguan.

  • Lampu Indikator Hidran

Hidran

Lampu indikator berikutnya dengan simbol hidran ini merupakan indikator yang menjadi pertanda fungsi mesin dari mobil. Ketika lampu indikator ini menyala dengan warna kuningnya, perlu bagi Anda untuk segera melakukan pemeriksaan dan servis terhadap mesin.

  • Lampu Indikator Baterry Hybrid

Battery Hybrid

Gambar dengan simbol berikut ini hanya terdapat pada mobil yang sudah berteknologi hybrid. Jika warna merah dari lampu indikator ini menyala, merupakan pertanda bahwa voltase baterai mobil hybrid sedang melemah sehingga perlu bagi Anda untuk langsung melakukan charging pada kontak terminal listrik agar kondisinya dapat lebih baik seperti sedia kala.

  • Lampu Indikator Temperatur Mesin

Temperatur Mesin

Berikut ini merupakan simbol dari lampu indikator temperature mesin mobil. Apabila lampu indikator ini menyala dengan warna kuning, berarti kondisi suhu mesin dalam keadaan sedang. Namun jika menyala dengan warna merah, berarti mesin tengah overheat, dengan kemungkinan terjadinya permasalahan pada sistem radiator yang tidak dapat beroperasi dengan baik sebagai pendingin mesin. Ketika mesin mengalami overheat, segera lakukan pemeriksaan radiator mobil secara berkala dengan memastikan kondisi air sesuai dengan standarnya.

  • Lampu Indikator Rem Parkir

Rem Parkir

Selanjutnya, simbol dengan huruf P ini merupakan lampu indikator dari rem parkir yang menandakan bahwa sistem rem parkir masih aktif atau sedang digunakan. Ketika ingin kembali melaju mobil atau melanjutkan perjalanan, perhatikan dan pastikan simbol ini sudah tidak menyala dengan tanda rem parkir sudah off atau tidak lagi digunakan.

  • Lampu Indikator Pintu Mobil

Pintu Mobil

Lampu indikator berikut ini menandakan bahwa pintu mobil sudah tertutup dengan sempurna sehingga kenyamanan penumpang dalam kabin tetap terjaga. Simbol ini akan mati ketika pintu mobil sudah tertutup rapat.

  • Lampu Indikator Bahan Bakar

Bahan Bakar

Ketika lampu indikator pompa bensin ini menyala dengan warna kuning merupakan tanda bahwa sisa bahan kendaraan Anda sedang berada di ambang batas dan perlu untuk segera melakukan pengisian bahan bakar agar dapat kembali berwarna hijau yang menandakan bahan bakar sudah penuh. Hindari lampu indikator ini menunjukkan warna merah yang menandakan bahan bakar sudah sangat habis.

  • Lampu Indikator Accu

Accu

Simbol aki ini berfungsi untuk mengetahui kondisi dari aki mobil apakah dalam keadaan baik atau tidak. Ketika Anda menstarter mobil dan mengalami gangguan seperti tidak dapat menyala, segera periksa aki mobil untuk mengetahui sebab dari permasalahan ini.

  • Lampu Indikator ABS

ABS

Simbol berikut ini merupakan lampu indikator dari fitur ABS. Apabila lampu indikator ini berwarna kuning, sistem ABS dapat dipastikan sedang berada dalam kondisi yang tidak optimal dan perlu untuk segera diperiksa dan diperbaiki. Simbol ini tentu saja hanya berada pada mobil yang sudah dilengkapi sistem ABS.

  • Lampu Indikator Rem Tangan

Rem Tangan

Simbol tanda seru yang ada di dalam lingkara ini merupakan lampu indikator yang menandakan bahwa rem tangan sedang beroperasi. Simbol tersebut akan mati jika rem tangan tidak lagi terpakai.

  • Lampu Indikator Beam

Beam

Lampu indikator terakhir dengan simbol beam yang menyala ini merupakan tanda bahwa pengemudi sedang menghidupkan lampu jauh di waktu yang memungkinkan saja. Hindari penggunaan lampu beam secara terus menerus sebab dapat mengganggu pengendara yang berlawanan arah di depan Anda.


Pada umumnya, simbol-simbol pada gambar di atas ini sangatlah penting untuk diperhatikan oleh pengemudi mobil. tak hanya itu sebagai pengemudi sekaligus pemilik mobil, Anda bahkan harus mengetahui apa fungsi dari indikator dashboard mobil tersebut. Hal yang perlu Anda lakukan yakni menyalakan kunci kontak pada posisi “ON” kemudian perhatikan pada panel indikator yang menyala dan jika memungkinkan lakukan pengecekan terhadap komponen yang bermasalah tersebut.

© otosemi.com

 

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *