October 19, 2018
Instalasi Suku Cadang

Memasang Fog Lamp Sendiri, Mudah dan Simpel!

Datangnya musim hujan tentu menciptakan beberapa dampak bagi pengguna mobil, salah satunya ialah dampak keselamatan yang menjadi prioritas saat berkendara. Saat mengendarai mobil dikala hujan deras di wilayah tinggi tentu mengakibatkan suhu yang semakin turun dan suasana menjadi dingin sehingga menimbulkan kabut. Penglihatan dalam berkendara akan terganggu. Disinilah peran fog lamp atau biasa disebut lampu kabut sangat dibutuhkan.

Membantu tambahan daya jangkau penglihatan dikala hujan merupakan fungsi utama dari fog lamp atau lampu kabut. Saat ini, masih terdapat kendaraan yang belum terpasang fog lamp, sebaiknya lengkapilah lampu kabut ini sebagai komponen atau rangkaian lampu mobil Anda demi keselamatan saat berkendara.

Untuk mengurangi keluarnya biaya yang berlebih, pemasangan lampu kabut dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ini ialah cara-cara pemasangan lampu kabut dengan benar yang dirangkum dari WikiHow :

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memilih lampu kabut. Pilih lampu kabut yang sesuai dengan hukum yang berlaku di tempat, setelah itu pilih jenis bohlam yang berkualitas serta gaya lampu yang sesuai dengan kategori pemasangan dan cocok untuk kendaraan Anda. Di BeliOnderdil, Anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis pilihan lampu kabut sesuai kebutuhan Anda.
  2. Berikutnya adalah parkirkan kendaraan dengan keadaan rem parkir atau rem tangan.
  3. Bukalah kap mesin mobil serta pasang batang prop untuk mengangkat dan menahan kap mobil. Umumnya lampu kabut dengan gaya lampu dudukan bumper terletak di bawah lampu depan. Jika Anda kesulitan menemukannya, baca buku petunjuk kendaraan Anda.
  4. Jangan lupa untuk memutuskan sistem kelistrikan dari lampu kabut. Pisahkanlah klip untuk memutuskan sakelar lampu kabut dari rumahnya.
  5. Agar bagian rumah lampu kabut terlepas dengan mudah, lepaskan ring, baut, dan juga mur. Perhatikan dan pastikan bahwa Anda memiliki semua komponen lampu hingga akhir pemasangan.
  6. Selanjutnya, berhati-hatilah ketika melepas rumah lampu, perhatikan jangan sampai bumper tergores. Untuk Anda yang memilih gaya lampu dudukan grill atau kap, saat memasang lampu angkatlah dari kendaraan untuk menghindari tergoresnya kap atau badan.
  7. Pasanglah lampu kabut yang baru, lampu harus terpasang sesuai dengan tempatnya, kesalahan pemilihan lampu akan terjadi jika tidak terpasang dengan tepat.
  • Jika Anda perlu mengebor lubang baru, pastikan sejajarnya lubang baut.
  1. Berikutnya pasang atau masukkan baut. Eratkan pemasangan ring dan mur pada baut dengan kunci pas atau roda gigi. Agar tidak merusak rumah lampu kabut atau mobil itu sendiri, jangan terlalu kencang saat pemasangan. Lampu kabut harus berada dalam keadaan nyaman dan kokoh.
  2. Setelah itu, pasang kembali sakelar sesuai dengan tempatnya. Gunakan klip untuk menyambung kembali lampu kabut agar dapat menyala.
  3. Yang terakhir, periksa hasil dari pemasangan. Nyalakan mesin mobil. Pastikan bahwa lampu kabut telah terpasang dengan benar yaitu sudut lampu yang sesuai untuk visibilitas dan tidak menyilaukan pengemudi kendaraan lain.

Dengan mengikuti petunjuk pemasangan sebaik-baiknya Anda kini sudah pasti bisa memasang Fog Lamp sendiri, selain menghemat biaya dan waktu, sebagai pengendara yang cerdas tentu Anda sudah mengetahui bahwa memahami kendaraan Anda sendiri tidaklah sulit.

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *