April 26, 2018
Perbaikan dan Perawatan Mobil

Lebih Bahaya Mana, Kekurangan atau Kelebihan Angin Pada Ban? Yuk, Ketahui Lebih Lanjut!

Jakarta, BeliOnderdil.comPercuma jika memiliki mobil mewah dan juga mahal, tapi tidak pandai dalam memilih jenis ban yang cocok untuk kendaraan Anda, dan tentunya perjalanan terasa tidak nyaman. Apabila kita lupa untuk memeriksa kondisi ban kendaraan akan beresiko tinggi didalam perjalanan.  Tekanan angin pada ban memegang peranan penting pada sebuah kendaraan. Terlebih, kendaraan yang digunakan selalu dipakai untuk beragam kegiatan. Banyak kerugian yang akan dialami pengemudi, jika tekanan angin pada ban mobil kurang atau berlebih.

Kerugian yang akan dirasakan pengemudi saat berkendara dengan tekanan angin berlebih atau kurang, yakni kenyamanan. Namun sisi keamanan juga menjadi salah satu faktor utama tekanan ban perlu diperhatikan. Lalu, lebih bahaya mana, berkendara dengan kurang atau kelebihan tekanan angin pada ban?

Bila kekurangan tekanan angin pada ban lebih berbahaya karena dapat menyebabkan pecah ban saat mobil melaju.Ban itu beda dengan balon, kalau balon kelebihan angin pecah, ban bisa pecah kalau kelebihan angin, tapi kalau ban diisi dengan tekanan 100 Psi. Tapi siapa yang mau isi 100 Psi, orang paling isi 32 Psi, paling tinggi 40 Psi. Hal itu tentu saja berbeda dengan kekurangan angin yang mampu membuat ban pecah saat mobil melaju. Ban akan pecah kalau kekurangan angin karena bidang perkenaan dengan jalannya tidak lagi optimal. Optimalnya seluruh permukaan terkena jalan. Kalau terus dipakai jadi panas, kalau yang kena hanya dua titik, maka akan semakin mengembang dan kawat baja tidak dapat menahan pengembangan pemuaian sehingga bisa pecah.

Rutinlah mengecek keadaan ban. Jika ban sudah terlihat kempes, ada baiknya sesegera mungkin mengisi angin ban mobil sesuai dengan standar yang diberikan. Jangan sampai mengisi anginban mobil  berlebih atau malah kurang, karena selain akan membuat ban mudah meledak, hal tersebut juga dapat membahayakan pengemudi.

©viva.co.id

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *