September 25, 2018
Instalasi Suku Cadang Oto Tips

Langkah Mudah Memperbaiki AC Mobil yang Rusak

AC Mobil merupakan salah satu komponen yang begitu penting keberadaannya dalam kendaraan seperti mobil. AC berfungsi untuk membuat temperatur di dalam ruangan menjadi nyaman. Apabila suhu di dalam ruangan terasa panas, kemudian AC diaktifkan maka udara panas ini akan diserap sehingga temperatur udara di ruangan tersebut menurun. Dan jika di dalam ruangan udaranya lembab, kelembaban akan dikurangi oleh sistem AC sehingga udara dipertahankan pada tingkat yang menyenangkan.

Seiring berjalannya waktu tanpa perawatan yang tepat, performa AC akan terasa menurun. Hal itu dapat dirasakan dari suhu atau tingkat dingin yang dihasilkan mulai kurang terasa. Jika AC mulai berpotensi mengalami kerusakan. Hal ini tentu dapat membuat kenyamanan Anda dalam berkendara akan terganggu.

Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan petunjuk signkat mengenai cara kerja AC, mengapa AC dapat rusak, dan cara yang perlu Anda lakukan. Simak ulasan berikut ini :

Metode 1 : Memahami AC Mobil

  1. Ketahuilah, AC sebenarnya mirip kulkas, hanya tampilannya berbeda. AC didesain untuk memindahkan panas dari satu tempat (dalam mobil Anda) ke tempat lain (di luar). Kita tidak akan membicarakan setiap jenis AC pada setiap merk mobil di sini, namun penjelasan tentang AC disini akan memberikan pemahaman bagi anda untuk bisa berbicara dengan jelas kepada mekanik AC sesungguhnya.
  1. Memahami komponen utama AC mobil:
  • Kompresor: Mengkompresi dan mensirkulasikan zat pendingin di dalam sistem AC
  • Freon: pada mobil modern, freon menggunakan jenis R 134a, dan pada mobil lama menggunakan freon R 12, yang sekarang makin mahal dan langka, juga membutuhkan ijin untuk penjualannya. Freon tugasnya menghilangkan hawa panas.
  • Kondensor : untuk merubah bentuk freon dari gas menjadi cair dan menlenyapkan hawa panas dari mobil.
  • Katup ekspansi : bertugas menjadi semacam pentil yang berfungsi me nurunkan tekanan cairan freon, mengukur alirannya dan mengatomisasinya.
  • Evaporator: Bagian ini mendinginkan udara yang disemburkan melaluinya, sehingga udara menjadi dingin.
  • Receiver/dryer: Ini berfungsi sebagai filter freon / oli, menghilangkan kelembaban dan kotoran lain.
  1. Memahami proses pendinginan udara. Pada intinya, kompresor menekan freon dan mengirimnya ke sirip pengembun. Umumnya sirip ini terdapat di bagian depan radiator mobil anda.
  • Menekan gas akan membuatnya panas. Dalam kondensor, panas akan bertambah, dan panas yang ditangkap oleh freon akan dikeluarkan ke udara luar. Saat suhu freon menurun ke titik saturasinya, freon akan berubah ujud dari gas menjadi cair. Cairan kemudian mengalir melalui katup ekspansi, menuju evaporator, dan bagian cair dari freon akan menyerap panas dari udara melalui sirip-sirip dan menguapkannya.
  • Blower AC meniupkan udara melalui evaporator yang dingin menuju interior mobil anda. Freon kembali ke siklus pendinginan awal.

Metode 2 : Memperbaiki AC

  1. Langkah pertama dalam tahap ini Anda perlu memeriksa komponen freon AC dan pastikan tidak terjadi kebocoran. Memang kebocoran tak sulit untuk dideteksi namun proses satu ini terbilang sulit karena Anda perlu membongkar komponen AC untuk perbaikan. Segera lakukan pemeriksaan karena jika memang terjadi kebocoran, sistem AC tidak memiliki tekanan yang cukup untuk bekerja. Cari pentil bagian bawah dan periksa tekanannya.
  • Jangan gunakan apapun untuk menusuk pentil untuk melihat apakah ada gas yang keluar, ini tidak diijinkan. ini disebut venting.
  1. Pastikan kompresor berputar.
  • Nyalakan mesin dan AC, periksa di bawah kap mesin. Kompresor ac biasanya benda berbentuk pompa yang pada sisinya ada slang besi dan karet menuju kepadanya. Mungkin tidak ada penutup, tapi ada dua katup berbentuk pentil sepeda. Pulley di bagian depan kompresor adalah pulley bagian luar dan sambungan bagian dalam yang akan berputar saat AC dinyalakan.
  • Jika AC dan blower menyala, tapi bagian tengah dari pulley tidak berputar artinya kompresor tidak berputar. Ini bisa disebabkan oleh sekring yang putus, masalah perkabelan, switch AC yang rusak, atau sistem kekurangan Freon. Pada umumnya sistem AC memiliki sistem pengaman yang akan memutuskan arus jika freon tidak cukup.
  1. Lihat bagian lain yang mungkin kurang benar. Masalah lain yang mungkin terjadi pada AC adalah saklar yang rusak, sekring putus, kabel putus, fanbelt putus (mengakibatkan kompresor tidak berputar), atau kerusakan seal di dalam kompresor.
  1. Rasakan apakah ada udara dingin. Jika ada udara dingin namun hanya sedikit, mungkin ini disebabkan hanya karena tekanan yang kurang, dan anda bisa menambahkan freon. Biasanya toko suku cadang menyediakan freon beserta petunujuk pengisiannya.
  • Jangan isi terlalu banyak! Menambahkan freon melebihi rekomendasi tidak akan menambah kemampuan pendinginannya, tapi malahan akan menguranginya. Sebenarnya, dengan alat yang lebih mahal pada bengkel AC akan memonitor kondisi sebenarnya pada AC Anda saat menambahkan freon. Saat pendinginan berkurang, kurangi tekanannya sampai kemampuannya meningkat lagi.

Perawatan dan penggantian segala komponen dan rangkaian mobil yang Anda lakukan secara berkala dan rutin tentu akan membuat performa kendaraan Anda akan tetap dalam kondisi yang prima. Nah, bagi Anda yang membutuhkan segala kebutuhan AC mobil beserta komponen-komponennya, jangan ragu dan takut untuk kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga, karena kami menyediakan berbagai kebutuhan suku cadang Anda dengan kualitas terbaik dan harga yang menarik. Tunggu apa lagi, ayo jadikan BeliOnderdil sebagai pilihan pertama untuk kebutuhan suku cadang mobil Anda.

© WikiHow

 

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *