December 15, 2018
Instalasi Suku Cadang

Langkah-Langkah Pemasangan Spoiler Mobil

Sebagai pemilik mobil tentu Anda ingin memiliki kendaraan yang terlihat lebih bergaya dan berbeda dari mobil yang lainnya. Saat ini pun tak jarang para pemilik mobil yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan modifikasi pada mobil. Modifikasi mobil yang terbilang mudah, namun dapat memberi penampilan yang prima bagi mobil ialah dengan menambahkan beberapa body kit seperti spoiler. Penambahan spoiler tentunya bisa membuat mobil semakin terlihat sporty dan trendy.

Spoiler sendiri merupakan sebuah aksesoris tambahan mobil yang terbuat dari bahan fiber atau plastik. Pada umumnya, aksesoris mobil ini dipasang pada beberapa sisi bodi tertentu mobil, terutama bagian belakang mobil.

Spoiler memiliki fungsi untuk meningkatkan stabilitas mobil, karena dengan penambahan spoiler belakang, mobil dapat menjadi lebih aerodinamis. Spoiler belakang yang terdapat pada beberapa mobil awalnya memang didesain untuk memberi tekanan ke bawah yang berasal dari tekanan hembusan angin, dengan memberikan tekanan ke bawah pada kecepatan tinggi tersebut akan menambah traksi roda belakang ke landasan dan hal ini sangat membantu aerodinamis sebuah mobil saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, fungsi spoiler tidak hanya untuk aerodinamis, tetapi juga berfungsi estetika dan kamuflase bentuk bodi belakang atau bagian roof. Fungsi ini lebih menekankan pada keindahan desain spoiler untuk menambah kesan atraktif atau menyamarkan bentuk ekor yang terlalu monoton. Dapat juga digunakan untuk mengamuflase agar mobil terlihat lebih panjang, lebih kekar, dan menutupi faktor kekurangan disain pada bodi mobil secara keseluruhan.

Pemasangan spoiler tentu dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Bagaimana langkah pemasangan yang tepat dan benar? Yuk simak ulasan berikut ini :

  1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk memasang spoiler mobil ialah menempel atau mengepaskan komponen tersebut sesuai dengan letaknya di bagian atas pintu bagasi.

 

  1. Berikutnya Anda perlu memberi tanda titik sebelum melakukan pengeboran di bodi mobil. Dengan cara, pada sisi dalam spoiler terdapat dua lubang untuk baut yang akan terpasang dari sisi dalam. Lubang tersebut kemudian di disumpal busa yang telah dibasahi dengan cat. Setelah itu spoiler dipas-kan di atas kaca belakang, sehingga busa tadi menempel di bodi dan meninggalkan titik noda cat sebagai tanda titik pengeboran. Anda juga dapat memberi titik sebagai tanda menggunakan spidol jika cat mobil berwarna putih, dan tipe-x jika bodi mobil berwarna hitam.

 

  1. Selanjutnya setelah kedua titik telah ditandai, Bersiaplah untuk membolongi bodi bagian pintu belakang. Gunakan mata bor seukuran sekrup 10 mm. Cara pengeboran dapat Anda lakukan dengan menggunakan mata bor yang lebih kecil terlebih dahulu agar mudah menembus plat bodi, kemudian ulangi pengerjaan dengan mata bor yang lebih besar. Jika bodi mobil terlalu tipis, Anda dapat menggunakan ujung gunting untuk melubangi bodi.

 

  1. Saat ini Anda memasuki tahap untuk memasang spoiler, beri tambahan sealent serta double tape sebagai penguat atau perekat di sisi dalam, setelah itu lepas sedikit ujung lapisan pelindung double tape.

 

  1. Berikutnya, lepas dua penutup lubang dari sisi dalam dengan cara mencongkel menggunakan kuku. Kemudian, pasang spoiler dan baut dari sisi dalam pintu bagasi. Perlu Anda ketahui bahwa pemasangan baut spoiler berbeda tiap jenis mobil. Untuk mobil Toyota, mobil jenis ini memiliki baut yang justru harus dipasang dari sisi luar atas. Sedangkan untuk mobil Suzuki, baut dapat dipasang dari sisi dalam bagian bawah. Pemasangan baut ini juga tidak boleh dilakukan terlalu kencang.

 

  1. Pemasangan baut yang tidak terlalu kencang sebelumnya bertujuan agar Anda masih memiliki celah untuk melepas lapisan penutup double tape.

 

  1. Setelah double tape terlepas, barulah Anda dapat mengencangkan baut dari sisi dalam sampai terekat.

 

  1. Selanjutnya, Anda memasuki tahap finishing, yakni pemberian Sealent ini berguna untuk menambal agar air tidak memasuki celah kabin. Sebelumnya, pasang selotip kertas terlebih dahulu pada bagian bodi mobil dan spoiler sebagai pelindung agar tidak terkena ceceran sealent, sehingga sealent hanya akan mengisi celah sambungan di antara kedua sisi dengan hasil yang akan terlihat rapih.

 

  1. Pemberian sealent pada umumnya penting digunakan untuk menambal celah ketika pemasangan spoiler.

 

Setelah mengetahui fungsi dan cara pemasangan spoiler mobil, lalu dimana serta bagaimana cara mendapatkan spoiler mobil berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda? BeliOnderdil merupakan tempat yang aman dan mudah untuk menemukan kebutuhan berbagai macam spoiler mobil beserta komponen-komponennya dengan kualitas terbaik dan penawaran harga yang menarik, jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi situs BeliOnderdil sekarang juga!

 

© Karimunestilo.com , priorityautozone.blogspot

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *