August 21, 2018
Instalasi Suku Cadang

Langkah-langkah Mudah Mengganti Oli Transmisi Mobil

Seiring berjalannya waktu, penggunaan transmisi otomatis semakin banyak ditemukan di berbagai kendaraan mewah khususnya kendaraan keluaran baru. Tak sedikit masyarakat yang beralih dari mobil dengan transmisi manual ke mobil dengan transmisi otomatis.

Mobil dengan transmisi otomatis juga memiliki beberapa kelebihan seperti pengemudi yang tidak akan kelelahan pada saat mengemudi, karena mobil dengan transmisi otomatis tidak menggunakan pedal kopling dan pemindahan gigi, selain itu mobil dengan transmisi otomatis juga dapat mengurangi beban mesin karena fluida secara hidrolis dapat terhubung ke mesin dan pemindah daya.

Standar internasional menentukan penggantian cairan atau oli transmisi otomatis perlu dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak 50.000 (lima puluh ribu) km. Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan langkah-langkah mudah yang dapat Anda terapkan di rumah untuk melakukan penggantian oli transmisi agar sistem transmisi dalam kendaraan tetap bekerja dengan optimal. Simak uraian berikut ini:

  1. Langkah pertama untuk melakukan penggantian cairan atau oli transmisi ialah memeriksa kadar oli transmisi terlebih dahulu, Anda dapat menggunakan tongkat celup untuk memeriksa kadarnya. Kendaraan dengan transmisi otomatis memiliki cairan transmisi berwarna merah atau hijau dengan tujuan agar dapat dibedakan dengan oli mesin atau cairan lain. Anda dapat memeriksa tingkat oli transmisi ketika mesin dalam kondisi hidup.
  • Dalam melakukan penggantian Anda perlu memperhatikan kondisi oli transmisi terlebih dahulu. Jika cairan masih terlihat bersih meskipun berada di tingkat yang rendah, Anda cukup menambahkan saja. Namun, jika terjadi perubahan warna pada cairan transmisi, atau cairan telah terindikasi kotoran, Anda harus melakukan penggantian cairan transmisi
  1. Berikutnya, kendaraan harus diparkirkan di permukaan jalan yang rata juga datar. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan dongkrak untuk menyangga kendaraan. Dongkraklah mobil Anda sampai dapat dipastikan bahwa Anda mempunyai ruang yang pas untuk masuk ke dalam bagian bawah kendaraan. Pastikan juga bahwa dongkrak telah menyangga dan menopang mobil dengan aman untuk menjaga keamanan Anda dalam melakukan proses penggantian cairan transmisi.
  1. Setelah mobil telah diparkir dan didongkrak dengan benar, mulailah Anda melakukan pencarian letak baki oli transmisi. Untuk menemukan letak komponen tersebut mengharuskan Anda memasuki bagian bawah mobil, baki transmisi dapat Anda temukan pada bagian bawah transmisi dengan memiliki jumlah baut sekitar enam sampai delapan buah. Transmisi mobil umumnya berada dari kiri ke kanan tepat di bawah blok mesin khusus untuk kendaraan dengan penggerak roda depan. Sedangkan bagi Anda pengguna kendaraan dengan penggerak roda belakang, transmisi mengarah dari depan ke belakang yang dapat Anda temukan di bawah area konsol tengah dengan kondisi menggantung.
  1. Ketika menemukan letak baki, Anda perlu melakukan pemeriksaan. Siapkan wadah berbahan plastik yang besar untuk menguras oli transmisi. Untuk melakukan pengurasan cairan tersebut, Anda cukup melepas tutup pengurasan yang terletak di tengah baki, biarkan seluruh oli terkuras ke dalam wadah yang telah disiapkan. Tetapi, terdapat beberapa kendaraan yang mengharuskan melakukan pelepasan baki transmisi secara keseluruhan untuk menguras oli transmisi. Untuk membuka baki transmisi, Anda dapat melepaskan baut dengan ukuran kecil yang terletak di sekeliling bagian tepi baki transmisi.
  1. Mulailah melakukan pengurasan oli transmisi. Cairan akan terkuras ketika Anda membuka baut dan melepaskan bakinya. Dalam proses ini, tangan Anda tentu akan terkena sedikit oli, untuk itu Anda dapat menggunakan sarung tangan.
  • Untuk baki transmisi yang mempunyai tutup pengurasan, segera lepaskan tutupnya agar seluruh oli transmisi terkuras ke dalam baki penampungan.
  • Untuk baki yang tidak memiliki tutup pengurasan, Anda harus melepaskan baki transmisi secara keseluruhan. Mulailah dengan membuka kedua baut yang teratas, dilanjutkan dengan baut-baut berikutnya.
  1. Berikutnya Anda perlu melakukan pemeriksaan terhadap oli yang telah dikuras. Anda perlu membersihkan seluruh komponen di dalam baki transmisi beserta cairan yang tersisa. Pastikan bahwa oli transmisi terkuras sepenuhnya.
  1. Sebelum mengganti oli transmisi yang baru, Anda perlu memeriksa filter oli transmisi sekaligus gasketnya, jika komponen tersebut sudah tidak layak pakai seperti retak atau bocor, penting untuk Anda melakukan penggantian.
  1. Pemilihan oli transmisi juga harus Anda perhatikan dengan benar, pastikan bahwa Anda memilih oli transmisi baru yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.
  1. Pada sebagian kendaraan, penambahan atau penggantian oli transmisi dapat langsung dituangkan ke baki transmisi. Setelah melakukan proses tersebut, pasang kembali tutup pengurasan beserta unit baki transmisi. Gunakan kunci pas soket atau torsi untuk mengencangkannya. Tetap perhatikan bahwa baut-baut dari baki transmisi tidak boleh dikencangkan terlalu berlebihan.
  1. Di sebagian kendaraan proses penambahan atau penggantian oli transmisi juga dapat dilakukan melalui lubang tempat pemeriksaan tingkat oli transmisi sebelumnya. Gunakan sebuah corong untuk memasukkan cairan tersebut, tuangkan cairan dengan tingkat yang tidak terlalu penuh dengan kisaran kurang dari cairan yang telah dikuras.
  1. Setelah melakukan proses penambahan atau penggantian oli transmisi. Pastikan semua komponen yang telah dibuka sebelumnya kembali ditutup dengan benar. Kemudian turunkan mobil dari dongkrak secara perlahan.
  1. Berikutnya Anda dapat menghidupkan mobil dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian matikan kembali mesin, Anda perlu memeriksa tingkat oli transmisi, jika cairan tersebut berada di level yang rendah, Anda perlu menambahkan lebih banyak namun tetap tidak boleh terlalu penuh.
  1. oli transmisi yang telah dikuras sebelumnya harus dibuang dengan benar, cairan satu ini terbilang berbahaya untuk lingkungan.

Penggantian cairan atau oli transmisi perlu Anda lakukan dengan tepat, berkala, serta rutin demi terjaganya seluruh rangkaian mobil Anda yang tentunya membuat keamanan juga kenyamanan dalam berkendara selalu didapatkan. Pemilihan dan pembelian cairan atau oli transmisi perlu diperhatikan terutama dalam segi kualitas dan sesuai dengan jenis kendaraan Anda. Tak perlu susah-susah mencari tempat yang menjual oli transmisi dengan kualitas prima, BeliOnderdil merupakan tempat yang tepat bagi Anda untuk mencari kebutuhan oli transmisi dengan mudah, nyaman dan juga aman. Nantikan informasi instalasi suku cadang menarik lainnya hanya di Blog BeliOnderdil.

© WikiHow

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *