October 19, 2018
Instalasi Suku Cadang

Langkah-langkah Mudah Melakukan Penggantian Ban Mobil

Mendapati ban yang bocor atau kempes disaat Anda tengah berkendara memang membuat setiap Anda geram dan jengkel, ditambah lagi ketika ban mobil kempes dan Anda tak dapat menemukan bengkel di sekitar Anda. Peristiwa ini tentu menjadi kekesalan tersendiri bagi para pengendara, Anda tentu harus mengganti ban mobil sendiri untuk melanjutkan perjalanan. Untuk itu, penting bagi setiap pengendara untuk memiliki kemampuan untuk mengganti ban mobil sendiri.

Penggantian ban pada dasarnya bukanlah hal yang terlalu sulit, terutama jika Anda memiliki semua peralatan yang dibutuhkan dan mengetahui cara penggantian yang benar. Namun, bagi Anda yang belum paham mengenai cara penggantian ban mobil,  Blog BeliOnderdil akan memberikan langkah-langkah yang mudah dan tepat untuk melakukan penggantian ban yang kempes maupun bocor. Cermati ulasan berikut ini :

  1. Untuk melakukan proses penggantian ban mobil, hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah mencari tempat padat dan datar untuk melakukan proses tersebut, tempat yang datar tentu mencegah mobil Anda yang berpotensi tergelincir. Jika kemepesnya ban mobil Anda terjadi saat Anda berada di jalan raya, maka segera pinggirkan kendaraan dan parkirlah pada tempat yang cukup jauh dari lalu lintas kendaraan, jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard.

 

  1. Setelah Anda menemukan tempat yang tepat untuk melakukan penggantian ban mobil, Pasang rem tangan dan ubah posisi persneling menjadi P. Masukkan gigi 1 (satu) atau mundur khusus bagi Anda pengguna mobil bertransmisi manual.

 

  1. Untuk mengganjal roda baik pada sisi depan maupun belakang, letakkan benda berat berupa batu atau yang lainnya.

 

  1. Siapkan dongkrak untuk mengangkat mobil. Anda dapat meletakkan dongkrak tepat di bagian bawah chassis yang dekat dengan ban yang ingin diganti. Pastikan chassis mobil dapat terangkat dengan baik dan kuat oleh dongkrak mobil.
  • Dongkrak perlu berada di posisi yang benar, pemasangan dongkrak yang tidak tepat akan berakibat pada rusaknya salah satu komponen mobil khususnya kendaraan yang dilapisi plastik di bagian bawahnya. Baca buku manual kendaraan untuk Anda yang tidak yakin tentang letak dan cara yang tepat untuk mendongkrak mobil.

 

  1. Setelah dongkrak telah berada di posisinya, mulailah mengangkat secara perlahan, dongkrak hanya perlu menyentuh mobil jangan mengangkatnya dari permukaan jalan. Letak dongkrak harus kuat menahan mobil untuk itu pastikan posisinya telah tegak lurus terhadap permukaan jalan.

 

  1. Berikutnya, lakukan pencopotan dop roda dan putar baut berlawanan arah jarum jam untuk melonggarkan komponen tersebut. Ingatlah bahwa Anda tak boleh melepaskan baut atau mur, cukup direnggangkan saja. Pelepasan baut ini juga lebih baik dilakukan ketika roda belum diangkat.
  • Untuk melonggarkan baut, Anda dapat menggunakan kunci roda baik yang berbentuk silang atau bukan. Kunci tersebut dapat memudahkan Anda melakukan proses satu ini.
  • Anda akan mendapat torsi atau tenaga yang lebih optimal ketika Anda menggunakan kunci roda berbentuk palang atau X untuk membuka baut roda.

 

  1. Saat ini Anda masuk dalam proses pengangkatan roda. Mulailah memompa dan menaikkan dongkrak untuk mengangkat roda dari permukaan jalan. Agar Anda lebih mudah melepaskan roda dan memasang penggantinya, angkat mobil dengan dongkrak cukup tinggi.
  • Pastikan mobil sedang berada dalam kondisi yang stabil ketika Anda mendongkrak. Turunkan dongkrak dan atur kembali posisi mobil jika terdapat ketidakstabilan.
  • Pastikan juga bahwa dongkrak tetap lurus ketika dipompa.

 

  1. Berikutnya Anda memasuki tahap melepaskan mur roda, untuk melepaskannya putar mur roda berlawanan dengan arah jarum jam sampai terlepas dari tempatnya. Lakukan hal yang sama untuk melepaskan mur roda yang lain.

 

  1. Ketika seluruh mur roda telah terlepas, mulailah lepaskan roda. Untuk antisipasi apabila dongkrak rusak dan mobil tiba-tiba terjatuh, letakkan ban bocor atau kempes yang telah terlepas di bawah mobil Anda. Anda tak perlu melakukan hal tersebut jika dongkrak dirasa berdiri dengan tegak.
  • Karat yang melekat pada roda membuat ban sulit untuk dilepas. Gunakan palu karet untuk memukul satu sisi roda agar renggang, lakukan hal yang sama pada sisi lain roda sampai terlepas.

 

  1. Berikutnya, Anda memulai proses meletakkan ban pengganti ke tempatnya. Lakukan pemasangan ban pengganti dengan benar dan tepat, lakukan secara hati-hati ketika Anda ingin memasukkan lubang-lubang pada baut As roda. Jika Anda merasa ban telah terpasang dengan benar, lakukan pemasangan kembali seluruh mur roda.

 

  1. Selanjutnya, Anda perlu mengencangkan mur roda. Selain dengan tangan, Anda dapat mengencangkan mur menggunakan kunci roda dengan pola seperti bintang. Mengencangkan mur dengan pola bintang dapat membuat kekencangan komponen satu ini merata. Cermati satu hal, Anda tak perlu mengencangkan mur terlalu kencang karena dapat berimbas ke dongkrak mobil, pengencangan kembali dapat Anda lakukan ketika ban telah diturunkan ke permukaan jalan.

 

  1. Turunkan dongkrak perlahan agar ban dapat menyentuh kembali permukaan tanah. Kemudian, jangan lupa untuk mengencangkan kembali mur atau baut roda dan pasang dop roda sesuai dengan tempatnya.

 

  1. Pastikan bahwa mobil telah turun sepenuhnya dan lepaskan dongkrak, kembalikan dongkrak ke tempat awalnya.

 

  1. Simpan kembali ban yang kempes atau bocor ke tempatnya.

 

Setelah memahami tahap-tahap penggantian ban mobil, maka ketika ban mobil Anda kempes ataupun bocor saat mengemudi tentu bukan lagi menjadi sebuah perkara besar bagi Anda. Tentu hal tersebut dapat membantu Anda mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan segala jenis ban dengan kualitas yang prima serta penawaran harga yang menarik, tak perlu susah-susah mencari, segera kunjungi situs BeliOnderdil dan dapatkan segala kebutuhan suku cadang dengan mudah, aman dan nyaman. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di Blog BelOnderdil.

 

© WikiHow

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *