August 21, 2018
Instalasi Suku Cadang Oto Tips

Langkah-langkah Menghilangkan Goresan pada Mobil dengan Mudah

Mobil yang tergores tentu membuat penampilan mobil Anda menjadi tidak sempurna. Hal ini memang membuat pemilik mobil kecewa karena mobilnya menjadi kurang bagus. Jalan satu-satunya tentu Anda harus segera menghilangkan goresan tersebut agar mobil tetap dalam tampilan yang prima.

Proses menghilangkan goresan pada mobil tentu dapat Anda lakukan dengan membawa kendaraan Anda ke bengkel, namun Anda wajib untuk mengeluarkan biaya yang terbilang cukup mahal. Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan goresan pada cat mobil tanpa harus membawanya ke bengkel. Berikut ulasannya :

Tahap 1 : Menilai Kerusakan

  1. Langkah pertama untuk menghilangkan goresan ialah Anda perlu memeriksa kondisi goresan, perlu bagi Anda untuk memastikan bahwa body mobil memang tergores, bukan hanya debu yang terlihat seperti goresan. Pasalnya, mobil mungkin saja pernah terkena bumper mobil atau benda lain yang memiliki lapisan luar lebih lembut daripada cat mobil dan menyebabkan timbulnya segaris tonjolan.
  1. Berikutnya Anda perlu memeriksa seberapa besar kedalaman goresan untuk memastikan body mobil yang tergores tersebut memang harus diperbaiki. Pada umumnya, mobil memiliki 4 (empat) lapisan, yaitu lapisan bening, warna, primer, dan terakhir baja. Goresan terbilang masih dalam level yang ringan atau mudah untuk dihilangkan jika hanya sedalam lapisan cat bening atau warna. Namun jika terlihat warna berbeda seperti baja, goresan tersebut akan sulit diperbaiki.
  1. Anda juga perlu memperhatikan kondisi body mobil yang lain, pastikan Anda menemukan goresan lain yang dapat diperbaiki secara bersamaan.

 

Tahap 2 : Mempersiapkan Area Perbaikan

  1. Cucilah mobil Anda lalu keringkan mobil yang tergores secara menyeluruh. Goresan akan timbul lebih banyak pada mobil ketika debu yang menempel tidak cepat dibersihkan. Anda perlu memperhatikan secara detail bagian yang akan diperbaiki. Semprot dengan air bagian yang tergores dan pastikan tidak terdapat kotoran yang menempel di body mobil Anda yang tergores.
  1. Berikutnya Anda harus menyiapkan kertas ampelas beserta sanding pad (bantalan ampelas) untuk mengampelas goresan, lakukan proses tersebut dengan lembut dan perlahan. Anda hanya perlu mengampelas hingga lapisan bening body mobil.
  • Agar bagian cat tidak ikut tergosok dan berdampak pada kerusakan, lakukan pengampelasan searah dengan bagian yang tergores.
  • Gunakan air secara berkala untuk membilas bagian tersebut agar Anda dapat melihat apakah Anda telah mencapai bagian bawah goresan.
  • Hindari masuknya kotoran di antara kertas ampelas dan kendaraan atau dapat menyebabkan timbulnya goresan lain.
  1. Untuk memastikan, agar lebih bersih dan kering bilas bagian tersebut. Untuk menyeka kering permukaan body mobil, gunakan kain mikrofiber yang bersih dan berkualitas, jangan menggunakan kain yang kualitasnya tidak mumpuni untuk menyeka kering karena dapat membuat permukaan mobil lebih banyak goresan.

 

Tahap 3 : Memperbaiki Permukaan Cat

  1. Saat ini Anda perlu mengoleskan kompon poles atau rubbing compound tepat ke bagian goresan. Sebarkan kompon poles menggunakan buffer pad atau bantalan pengilap ke bagian yang kusam akibat pengamplasan sebelum menyalakan pengilap atau buffer.
  • Kompon poles adalah zat abrasif yang mengupas sedikit permukaan cat namun juga menghaluskannya, sehingga siap untuk dioleskan lilin (wax). Pada dasarnya kompon poles digunakan untuk menghilangkan goresan dari kertas ampelas.
  1. Gunakan kompon poles untuk memoles bagian tersebut. Kemudian Anda perlu menghidupkan pengilap dengan kecepatan terendah dan gerakkan ke sekeliling permukaan sekitar 10 (sepuluh) detik. Dalam memoles kompon poles Anda perlu bergerak relatif cepat agar tidak mengering sebelum dihaluskan.
  • Atur tingkat kecepatan sampai 2000 (Dua ribu) RPM juga kilapkan selama 1 (satu) menit. Dalam menggerangkan pengilap lakukan dari sisi ke sisi lalu turun ke bawah secara perlahan.
  • Lakukan proses ini hingga tidak lagi kusam. Langkah satu ini menghabiskan waktu hingga 5 (lima) menit, namun tergantung pada goresan dan tingkat kecepatan Anda.
  • Jangan kilapkan di titik yang sama selama lebih dari satu detik. Anda akan menggores lapisan berikutnya jika Anda mengilapkan terlalu lama di titik yang sama.
  1. Cuci bagian tersebut sekali lagi. Gunakan air bersih dan handuk untuk menghilangkan residu sisa kompon dari permukaan cat. Jika kompon masuk ke celah-celah, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya.
  • Selalu seka sisa kompon poles segera setelah mengilapkannya. Residu akan menyatu dengan cat dan lebih sulit untuk dihilangkan.
  1. Berikan lapisan lilin untuk menutup cat yang telah diperbaiki. Oleskan lilin carnauba berkualitas baik ke permukaan, lalu kilapkan permukaan dengan pengilap orbital acak.
  • Jika Anda mengoles lilin secara berkala, gunakan cara yang biasa Anda gunakan. Jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, lihat cara memoles mobil untuk mengetahui cara melakukannya.
  1. Selesaikan dengan mencuci bagian tersebut sekali lagi. Pastikan semua goresan hilang dan bagian yang diperbaiki tersebut sudah sangat mengilap dan menolak air dengan mudah.

Selamat mencoba!

© WikiHow

 

Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *